Mirip Cristiano Ronaldo, Inilah Cara Ruben Dias Merawat Diri Agar Tetap Bugar

"Butuh perjuangan dan pengorbanan. Simak kisah inspiratifnya.."

Biografi | 05 September 2022, 12:00
Mirip Cristiano Ronaldo, Inilah Cara Ruben Dias Merawat Diri Agar Tetap Bugar

Libero.id - Ruben Dias menjelma menjadi pemain andalan Manchester City sejak datang dari Benfica pada 2020. Bek asal Portugal itu menjadi salah satu kepercayaan Pep Guardiola di berbagai ajang, termasuk saat The Citizens bersiap menghadapi musim baru Liga Champions melawan Sevilla, Rabu (7/9/2022) dini hari WIB.

Musim lalu, Ruben Dias membantu Man City meraih gelar Liga Premier. Lalu, dia memenangkan beberapa penghargaan Pemain Terbaik versi FWA, PFA, hingga Premier League Player of the Season.

Namun, untuk menjadi pemain dengan level dunia, Ruben Dias butuh perjuangan dan pengorbanan luar biasa. 

Seperti yang diceritakan Ruben Dias dalam wawancara dengan SPORTbible, aktivitasnya dimulai pukul 07.30. Setelah delapan jam tidur, dia bangun untuk sarapan yang sama, telur dadar, alpukat di atas roti panggang, salmon asap, dan banyak buah.

"Semakin banyak warna (variasi buah) semakin baik. Saya juga minum jus jeruk. Tapi, tidak selalu, karena saya suka variasi antara yoghurt dan beberapa jus alami lainnya. Itu harus alami. Itu detail yang sangat penting. Ini adalah pengorbanan yang harus dilakukan," kata Ruben Dias.

Kata "detail" menjadi tema yang berulang kali dia katakan. Misalnya, Ruben Dias tahu bahwa dirinya memiliki kecenderungan turun berat badan. Itu karena dia membakar lemak dengan cepat. Jadi, sarapan menjadi makanan terpenting di hari menjelang latihan atau pertandingan.

Tak lama setelah memasukkan sekitar 1.000 kalori, Ruben Dias meninggalkan rumah pada pukul 08.15. Dia menuju tempat latihan klub yang canggih untuk memulai perawatan hariannya dengan staf medis Man City. Bek berusia 25 tahun adalah pemain pertama yang datang.

Tapi, ini bukan tentang menjadi yang pertama datang latihan. "Saya merencanakan apa pun yang perlu saya lakukan dan selalu mempersiapkan waktu saya dengan bijaksana," ujar Ruben Dias.

"Jadwal saya sesuai dengan apa yang harus saya lakukan dan berapa banyak waktu yang saya butuhkan. Ini tidak ada hubungannya dengan menjadi yang pertama di klub. Tapi, dengan melakukan itu, anda secara alami akan memberikan contoh yang baik kepada orang lain. Kamu harus tepat waktu," tambah Ruben Dias.

Ketika tiba di tempat latihan, Ruben Dias berkonsentrasi pada perawatan yang diperintahkan tubuhnya untuk dikerjakan. Dia latihan di gym dan fisioterapi menjadi tema reguler, baik sebelum dan sesudah latihan dimulai pada pukul 11.00.

"Saya percaya anda dapat mencegah cedera dengan menggunakan fisioterapis. Bagi saya, yang paling penting adalah bagaimana anda menjaga diri dalam hal bersikap proaktif dan tidak hanya reaktif setiap kali sesuatu terjadi," ujar Ruben Dias.

"Saya langsung pergi ke gym setelah latihan untuk memulihkan diri. Tapi, apa yang saya lakukan lebih subjektif karena itu tergantung pada tingkat detail yang ingin saya fokuskan pada saat itu. Jadi, sekarang saya mengalami cedera, saya harus melakukannya dengan berbagai jenis gerakan. Ini tentang beradaptasi, memiliki kemauan, dan keinginan untuk aktif, dan ingin selalu enerjik. Membangkitkan energi sangat penting," ungkap Ruben Dias.

Pelatih fisik dan pengkondisian klub, Donough Holohan, baru-baru ini menunjukkan bahwa Ruben Dias bekerja pada saat-saat ketika biasanya pemain lain tidak berada dalam rutinitas itu.

"Ketika pertandingan datang setiap tiga hari, anda akan merasa lelah. Tapi, ada titik tertentu ketika anda melewati bukit itu dan anda tidak merasa lelah lagi. Lalu, anda terus berjalan. Anda bisa mengatasi apa pun. Pada dasarnya, saya mencoba berada di level saya bisa mengatasi rasa lelah apa pun yang saya alami," kata Ruben Dias.

"Saya pikir itu tentang ketenangan pikiran. Orang-orang berbicara tentang tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Tapi, pada akhirnya, ini tentang tidak terlalu memikirkan hal-hal. Jadilah apa adanya," tambah Ruben Dias.

"Saya orang yang sangat terorganisasi. Saya sangat fokus dan memang begitulah adanya. Ini bukan karena saya berpikir: 'Oh, saya tahu, saya tidak perlu meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat'. Tidak, memang begitulah saya. Saya menciptakan kedamaian pikiran saya sendiri melalui itu," ungkap Ruben Dias.

"Saya pikir pertanyaan besarnya adalah, dapatkah anda mengubah tekanan yang anda hadapi menjadi saraf baik atau saraf buruk? Saraf yang buruk menyebabkan anda membuat keputusan yang salah dan tidak fokus. Tapi, saraf yang baik itu bagus. Itu membuat anda berlari lebih banyak. Itu membuat anda melompat lebih banyak. Ini memberi anda fokus ekstra," beber Ruben Dias.

Ruben Dias menambahkan, penting untuk tetap fokus. "Biasanya, saya tidak punya masalah dengan itu (media sosial). Jelas, beberapa orang jahat dan mereka dapat berbicara omong kosong. Tapi, setelah Aada berada dalam permainan untuk sementara waktu, anda akan terbiasa," katanya.

"Saya pikir anda perlu memiliki kapasitas dan pemahaman untuk mengetahui komentar apa yang seharusnya anda anggap penting. Untuk menjaga mental dan ketenangan dalam pikiran anda, anda perlu mengetahui pendapat yang paling anda hargai. Jika anda mendengarkan semua orang, Anda akhirnya kehilangan dirimu sendiri," ungkap Riben Dias.

Ruben Dias mengaku memiliki lingkaran kecil orang-orang yang bisa dipercaya. Itu termasuk ayahnya, Joao, yang selalu menelepon setelah pertandingan.

"Keluarga saya memainkan peran penting dalam perjalanan karier saya, terutama ayah. Dia selalu menjadi alasan di kepala saya. Kami banyak berbicara. Misalnya, setelah pertandingan, kami selalu berbicara tentang penampilan saya dan terkadang kami tidak setuju satu sama lain, itu bagus," ujar Ruben Dias.

"Terkadang, kami bertengkar karena momen tertentu dalam permainan atau sesuatu yang terjadi dalam hidup saya. Senang memiliki seseorang di sekitar anda yang bisa mengatakan tidak," tambah Ruben Dias.

"Semakin tinggi karier anda, semakin mudah untuk memiliki orang yang bisa mengatakan 'ya'. Anda membutuhkan seseorang yang bisa memahami permainan dan kepribadian anda jauh dari sepakbola. Ketika anda tahu orang itu memahami situasinya, ada baiknya terkadang menerima penolakan," beber Ruben Dias.

Sebelum membela Man City, Ruben Dias menghabiskan 12 tahun bersama Benfica setelah bergabung pada usia 11 tahun. Dia memang belum pernah bermain di bawah banyak pelatih. Tapi, dia bisa meniali kualitas Pep Guardiola.

"Dia adalah pelatih yang luar biasa karena dua alasan. Cara dia melihat permainan dan betapa menuntutnya dia. Setiap tahun, setelah memenangkan segalanya, dia ada di sana lagi dengan idenya. Dia menuntut yang terbaik dari kami setiap hari. Dia tidak pernah puas," kata Ruben Dias.

Dorongan untuk sukses itu tanpa henti muncul di usia Ruben Dias yang baru 25 tahun. Bek tengah berbakat ini akan memiliki lebih banyak musim yang sarat trofi di depan.

"Saya pikir ambisi pribadi saya sejalan dengan tujuan kolektif kami sebagai klub. Kami harus melakukan segalanya lagi. Ini adalah ambisi klub dan staf. Ambisi para pemain adalah berjuang untuk segalanya. Kami tahu itu tidak akan mudah. Ritmenya akan tinggi dan kami akan membutuhkan berada pada level yang sangat bagus untuk dapat terus mendorong," ungak Ruben Dias.

Sejauh ini, Ruben Dias telah tampil di semua pertandingan Liga Premier yang dijalani Man City. Dan, tengah pekan ini, The Citizens harus tandang ke Estadio Ramos Sanchez Pizjuan menghadapi Sevilla di Liga Champions.

"Untuk berada di level ini, anda tidak boleh memiliki ambisi palsu. Saya percaya semua orang di Man City memiliki banyak ambisi. Apa yang saya inginkan untuk diri saya adalah apa yang saya inginkan untuk tim, dan apa yang saya inginkan untuk diri saya adalah apa yang saya inginkan untuk tim," beber Ruben Dias.

"Jika tim menang, kita semua menang. Tidak peduli waktu bermain anda. Setiap kali tim menang, semua orang menang sedikit lebih banyak," tambah Ruben Dias.

Ruben Dias memiliki semua kualitas kepemimpinan di lapangan. Bukan hanya sebagai pemain, melainkan juga pelatih di masa depan. Dia adalah bagian dari kelompok kepemimpinan lima orang di Man City bersama Kevin de Bruyne, Kyle Walker, Rodri, dan Ilkay Gundogan.

"Apakah saya akan jadi pelatih? Itu pertanyaan yang bagus. Akhirnya, ketika saya mencapai akhir karier saya, saya ingin memiliki pilihan. Tapi, saya pikir itu adalah pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh siapa pun saat ini," kata Ruben Dias.

"Ketika pesepakbola mengakhiri karier, bagaimana perasaan anda dengan hilangnya adrenalin? Bagaimana perasaan anda tentang hilangnya rutinitas sehari-hari? Apakah anda dapat beradaptasi untuk tidak melakukan apa pun di luar sepakbola ketika Anda begitu terputus dari permainan?" tambah Ruben Dias.

"Melanjutkan karier kepelatihan di sepakbola selalu menjadi posisi yang baik. Saya mungkin akan melakukan yang terbaik untuk siap menghadapinya dan memiliki kedua keputusan di tangan saya. Ketika saatnya tiba, mari lihat nanti," pungkas Ruben Dias.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester City


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network