Pelanggaran atau Bukan? Gol West Ham ke Gawang Chelsea Dibatalkan VAR

"Apa gunanya VAR jika salah bikin keputusan? Cek videonya!"

Analisis | 03 September 2022, 23:35
Pelanggaran atau Bukan? Gol West Ham ke Gawang Chelsea Dibatalkan VAR

Libero.id - VAR di Liga Premier kembali jadi kontroversi. Hanya beberapa jam setelah keputusan aneh di Derby Merseyside, kemenangan 2-1 Chelsea atas West Ham United di Stamford Bridge juga menuai kecaman suporter. Mayoritas menyalahkan VAR atas batalnya gol Maxwel Cornet di menit 90.

The Hammers sebenarnya unggul 1-0 setelah gol Michail Antonio menjebol jala Edouard Mendy pada menit 63. Tapi, tim asuhan Thomas Tuchel membalikkan keadaan setelah gol Ben Chilwell dan Kai Havertz membuat kedudukan menjadi 2-1 pada menit 88.

Ketika jam terus berdetak melewati menit 90, pendukung West Ham United mengira telah menemukan gol penyeimbang 2-2. Itu setelah Maxwel Cornet mencetak gol.

Tapi, setelah pemeriksaan VAR yang panjang, gol itu secara kontroversial dianulir wasit, Andy Madley. VAR menilai salah satu pemain West Ham United, Jarrod Bowen, dianggap melanggar kiper Chelsea, Edouard Mendy, sebelum penyelesaian Maxwel Cornet.

Keputusan itu menuai kecaman di media sosial. Pasalnya, dalam tayangan ulang tampak jelas Edouard Mendy yang divind. Kiper Senegal itulah yang menempatkan tubuhnya di kaki Jarrod Bowen.

Fans West Ham sangat marah dengan keputusan tersebut. Seorang penggemar menulis di Twitter dengan sangat lugas. "Bagaimana itu pelanggaran terhadap Mendy? Bowen tidak melakukan kesalahan, VAR mengalami mimpi buruk lagi!!" tulis sang pendukung.

"Keputusan yang memalukan, kami telah dirampok oleh keputusan wasit yang mengerikan lainnya. Apa gunanya VAR jika mereka tidak dapat melihatnya sebagai gol yang sangat bagus," tulis yang lainnya.

Mantan striker Liverpool dan pundit Liga Premier, Michael Owen, juga mengklaim keputusan over turn gol itu salah. "Keputusan untuk mengesampingkan (membatalkan) gol West Ham benar-benar mengejutkan. GK (Edouard Mendy) diving di kakinya (Jarrod Bowen). Apa yang harus dia lakukan?" tulis Michael Owen.

Mantan Pelatih Stoke City, Tony Pulis, yang bertugas sebagai komentator untuk liputan pertandingan BBC juga mengatakan hal senada. "Itu bukan pelanggaran, tidak ada kesempatan. Demi Tuhan!" kata Tony Pulis.

Statistik pertandingan Chelsea vs West Ham United bisa disimak di link berikut ini.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network