Jelaskan Pengertian Forward dalam Bola Basket dan Tugas Utamanya

"Ini adalah salah satu posisi yang sangat vital dalam permainan bola basket."

Analisis | 03 September 2022, 12:01
Jelaskan Pengertian Forward dalam Bola Basket dan Tugas Utamanya

Libero.id - Seperti sepakbola, para pemain bola basket juga dibagi dalam beberapan posisi di lapangan. Mereka bertugas di posisinya masing-masing dengan penuh tanggung jawab. Salah satu posisi yang cukup bergengsi adalah forward.

Berdasarkan regulasi, terdapat lima posisi dalam permainan bola basket, yaitu point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center. Kelima posisi tersebut tentu memiliki tugas utama dan peran tersendiri dalam membangun kerjasama tim saat bertanding di lapangan.

Salah satu posisi yang sangat vital di lapangan bola basket adalah forward. Forward adalah seorang pemain yang bertugas melihat posisi kosong di dekat key hole untuk melakukan penetrasi ke dalam dan menerima passing, kemudian melakukan drive ke dalam. Pemain yang menempati posisi ini biasanya bertubuh tinggi dan kuat.

Seperti pemain di posisi guard atau center, forward juga memiliki tugas dan peran penting dalam tim. Tugas utama forward dalam bola basket adalah mencetak poin dengan memasukkan bola ke ring lawan.

Forward dibedakan menjadi dua, yaitu small forward dan power forward:

1. Small Forward

Small forward atau Posisi 3 dalam permainan bola basket diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan satu-lawan-satu (one-on-one) dengan pemain lawan. Pemain yang menempati small forward harus bermain dengan agresif dan kuat. Dia harus bisa melakukan dribble secara lincah, serta mampu mencetak poin.

Kemudian, dalam situasi bertahan, small forward juga memiliki tugas yang tak kalah penting. Pemain di posisi ini harus bisa menjaga lawan yang menempati Posisi 2 (shooting guard) atau Posisi 3 (small forward). Salah satu pemain legendaris di posisi ini adalah LeBron James.

2. Power Forward

Dalam permainan bola basket profesional maupun amatir , power forward juga disebut sebagi pemain dengan Posisi 4.  Power forward biasanya ditempati pemain yang memiliki postur tinggi dan fisik kuat. Contohnya, LegendaDallas Maverick asal Jerman, Dirk Nowitzki.

Tugas utama power forward adalah menangkap bola yang memantul dari ring (rebound), baik dalam keadaan bertahan maupun menyerang. Pemain yang berfungsi atau bertugas melakukan rebound dan biasanya mempunyai postur tubuh yang tinggi dan besar. Jadi, harus dihadapi pemain bertubuh besar juga.

Dibandingkan dengan small forward, power forward akan lebih banyak bergerak di dekat (bawah) ring. Itu agar dia bisa dengan mudah menembak dari jarak dekat atau memaksa lawan untuk membuat pelanggaran.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network