Kisah Paul Konchesky, Pemain Bagus yang Gagal di Liverpool

"Kesulitan yang dialaminya bersama The Reds."

Biografi | 01 September 2022, 17:45
Kisah Paul Konchesky, Pemain Bagus yang Gagal di Liverpool

Libero.id - Setelah bersinar untuk Fulham asuhan Roy Hodgson yang mencapai final Liga Europa pada 2010, Paul Konchesky mengikuti sang manajer pindah ke Merseyside setelah Hodgson ditunjuk sebagai penerus Rafael Benitez.

Meski ingin meninggalkan Craven Cottage ke Liverpool pada musim panas 2010, transfer tersebut menjadi hal yang paling rumit dalam karier bek kiri tersebut.

“Saya tahu itu terjadi, tetapi terus berlanjut,” kata Konchesky. “Saya tidak diizinkan pergi sampai Fulham mendapatkan pemain kiri lain untuk menggantikan saya."

“Itu semakin dekat hingga akhir jendela transfer. Dalam pikiran Anda, Anda ingin pergi karena Liverpool datang mengetuk pintu, tetapi kemudian Anda berpikir itu tidak akan terjadi, Anda harus kembali dan Anda akan kecewa."

“Itu terjadi pada hari terakhir (jendela transfer). Saya diberitahu bahwa saya bisa pergi ke Liverpool, melakukan tes medis, dan menandatangani kontrak hari itu. Ini waktu yang menegangkan. Sebagai pemain Anda pasti ingin proses itu cepat selesai. Tampaknya semakin Anda menginginkannya, semakin ia berlarut-larut.”

Tetapi, Konchesky mengalami masa-masa sulit bersama The Reds, hanya membuat 18 penampilan di semua kompetisi sebelum turun ke Championship untuk bergabung dengan Nottingham Forest dengan status pinjaman pada Januari.

Mantan pemain internasional Inggris itu mengakui bahwa dia berjuang untuk pindah ke utara dan mendapati dirinya berada di bawah pengawasan publik yang konstan sebagai lawan dari potensi anonimitas yang dapat disediakan oleh kota seukuran London.

“Ketika Anda melihat sejarah Liverpool sebagai klub sepakbola, apa yang telah mereka capai luar biasa,” katanya. “Saya menyukai setiap klub tempat saya bermain, tetapi ketika klub besar seperti Liverpool datang memanggil, Anda tidak bisa menolaknya. Kesempatan yang saya miliki sangat fantastis."

“Di kota Liverpool Anda mendukung Liverpool atau Everton. Mereka menyukai sepakbola, Anda merah atau biru. Ini sangat kecil di Liverpool. Berasal dari London Anda tidak terbiasa dengan betapa kecilnya itu karena London sangat besar, sehingga Anda dapat mendukung begitu banyak klub sepakbola yang berbeda."

“Anda berjalan-jalan di Liverpool dan semua orang mengenal Anda karena mereka semua menyukai sepakbola. Itu adalah bagian tersulit karena saya tidak menyadari betapa kecilnya itu dan bagaimana mengontrol semua penggemar sepakbola.”

Perjuangan Konchesky diperparah oleh nasib buruk Hodgson, yang gagal memenangkan hati pendukung Liverpool dan digantikan oleh Kenny Dalglish pada Januari.

Dan, Konchesky menunjukkan bahwa dia sedikit dijadikan kambing hitam di lapangan. Sebagai salah satu pemain yang direkrut Hodgson, dia menjadi sasaran cemoohan dari pendukungnya sendiri setelah digantikan dalam kekalahan kandang dari Wolves.

“Saat Roy pergi, klub sedang dijual jadi mungkin bukan saat yang tepat untuk pergi. Jelas Roy pergi dan membawaku. Menjadi anak London saya berjuang. Saya mungkin bisa berbicara tentang Joe Cole juga, saya pikir dia berjuang menjadi anak London."

“Itu adalah masa-masa sulit, tetapi itu adalah pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan. Saya mendapat kesempatan istimewa untuk bermain untuk Liverpool.”

Setelah bermain di Liga Premier sejak 2000, pamor Konchesky tiba-tiba turun sangat rendah sehingga dia harus turun ke tingkat kedua, pertama dengan status pinjaman di Forest dan kemudian dengan kepindahan permanen ke Leicester City.

The Foxes pada saat itu dikelola oleh Sven-Goran Eriksson, orang yang memberi Konchesky dua caps Inggris, dan pemain itu menunjukkan kekuatan mental untuk kembali ke satu musim terakhir di Liga Premier dengan membantu tim memenangkan promosi musim 2013/2014.

“Anda tahu seperti apa sepakbola, itu berubah-ubah,” katanya. “Ini hidup dan karier Anda, jadi Anda tidak bisa membiarkan hal-hal lain mempengaruhi Anda terlalu lama, jika tidak mungkin Anda tidak melanjutkan dan melakukan apa yang harus Anda lakukan."

“Itu adalah awal yang baru bagi saya. Saya bersyukur bahwa Sven membawa saya lagi, dan saya pergi ke klub sepakbola yang fantastis. Saya memiliki waktu yang menyenangkan di sana dan saya menyukai setiap menitnya. Saya beruntung pergi ke klub sepakbola lain yang benar-benar ingin maju.”

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network