Intip Teknologi Canggih Latihan Tendangan Bebas Baru Milik Real Madrid

"Ini bukan boneka pagar betis biasa. Cek videonya!"

Analisis | 01 September 2022, 16:18
Intip Teknologi Canggih Latihan Tendangan Bebas Baru Milik Real Madrid

Libero.id - Di era modern, sepakbola juga tidak bisa lepas dari penerapan teknologi canggih. Ada yang berbentuk VAR di sisi wasit. Tapi, pelatih juga menggunakan teknologi yang sama canggihnya untuk membuat pemain kompetitif. Real Madrid contohnya.

Pelatih-pelatih sepakbola zaman sekarang menggunakan banyak peralatan modern yang terhubung dengan komputer. Sebut saja drone, GPS, tablet, hingga kacamata khusus.

Tim pelatih menggunakan teknologi untuk mengetahui statistik pemainnya guna memudahkan mereka menentukan pemain mana yang siap untuk diturunkan di tiap pertandingan. Seperti peralatan canggih memungkinkan pelatih untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing pemain.

Salah satu teknologi yang sedang viral ada di Real Madrid. Los Blancos baru-baru ini memperkenalkan dummy untuk latihan tendangan bebas yang bisa bergerak menyerupati manusia. Bahkan, ketinggian boneka tersebut bisa disesuaikan dengan pemain belakang lawan yang akan dihadapi.

Misalnya, jika Real Madrid melawan Barcelona, dummy atau boneka pagar betis itu langsung didesain dengan tinggi badan pemain-pemain El Barca seperti Jules Kounde, Gerard Pique, atau Andreas Christensen.

Total, ada enam dummy seukuran manusia,  yang dapat dimodifikasi kapan saja. Luka Modric berhasil melepaskan satu tendangan melengkung melewati kiper dengan dinding lima boneka. Befitu pula dengan Toni Kroos yang sangat mudah mencetak gol.

Setiap detail kecil dalam latihan itu penting, terutama ketika Real Madrid berusaha mempertahankan mahkota La Liga dan Liga Champions.

Melihat cuplikan video latihan para pemain Real Madrid dengan dummy canggih itu, warge dunia maya ramai-ramai berkomentar. "Peralatan latihan sepakbola kini semakin menarik. Teknologi luar biasa digunakan Real Madrid," tulis salah satu pengguna Twitter dengan penuh kekaguman.

Yang lain berkomentar: "Parade robot". Ada lagi yang menulis: "Orang-orang tidak menyadari ini berhasil? Saya cukup yakin kami mencetak gol seperti pada dua tendangan bebas musim lalu. Sekarang, kami mencetak dua dari empat pertandingan".

Real Madrid tentu saja unggul dalam hal pemanfaatan teknologi. Awal pekan ini, juara La Liga itu membagikan rekaman drone yang luar biasa dari tampilan baru Estadio Santiago Bernabeu. Itu termasuk teknologi multifungsi lapangan yang bisa disembunyikan di bawah tanah.

Bagian rumput dilengkapi dengan ventilasi, AC, sistem irigasi, trotoar pemeliharaan, pencahayaan LED, kamera kontrol, dan terapi sinar ultraviolet untuk memastikan lapangan selalu dalam kondisi baik. Ada juga lima restoran baru yang tersebar di sektor atas. Di sana, ada sky bar dan pusat perbelanjaan.

Dilihat dari desain ulang itu, tentu tidak akan murah. Sebab, Real Madrid dikabarkan telah mengeluarkan 700 juta pounds (Rp12 triliun) untuk merenovasi Estadio Santiago Bernabeu.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network