5 Kolaborasi Unik Brand Fashion dengan Jersey Sepakbola

"Nomor 2 paling lama melakukan kerja sama."

Analisis | 29 August 2022, 17:50
5 Kolaborasi Unik Brand Fashion dengan Jersey Sepakbola

Libero.id - Awal pekan ini, Ajax Amsterdam mengumumkan kolaborasi baru dengan Daily Paper, sebuah perusahaan fashion yang berbasis di Amsterdam. Merancang jersey ketiga klub elite Belanda itu, jersey ini mengambil inspirasi dari generasi emas pesepakbola jalanan dari Kota Amsterdam.

Tidak cuma Ajax, gerakan kolaborasi ini juga dilakukan oleh Venezia yang menggandeng Bureau Borsche, di mana brand mereka yang terkenal seperti Supreme dan Balenciaga.

Namun, pada kenyataannya, tim-tim di atas jauh dari yang pertama melakukannya. Berikut adalah beberapa contoh terbaik dari apa yang bisa terjadi ketika perancang busana bekerja sama dengan perlengkapan sepak bola.

1. Yohji Yamamoto x Real Madrid (2014/2015)

Real Madrid pertama kali bekerja sama dengan desainer Jepang, Yohji Yamamoto, musim 2014/2015. Legenda mode Jepang mendesain jersey ketiga klub, membawa estetikanya sendiri ke jersey hitam dengan lis putih.

Namun, fitur yang menonjol adalah grafik yang menghubungkan raja naga dengan burung naga. Yang pertama adalah simbol kebesaran dan kemuliaan, sedangkan yang kedua adalah tanda perlawanan, tekad, dan kelincahan.

Yamamoto bersatu kembali dengan klub Spanyol selama musim 2021/2022, merayakan ulang tahun ke-120 Real Madrid dan ulang tahun ke-20 lini Y-3 miliknya bersama Adidas. Jersey itu kembali hadir dalam warna hitam dengan detail putih, lengkap dengan logo Y-3.

2. Jordan Brand x PSG (2018/2019 - seterusnya)

Kemitraan antara Jordan Brand dan Paris Saint-Germain adalah salah satu kolaborasi sepak bola yang paling lama dan sukses. Sejak diluncurkan pada 2018, kemitraan ini telah memungkinkan Jordan memasuki dunia sepak bola sekaligus memberi PSG akses ke warisan fesyen dan streetwear Jordan Brand.

Kolaborasi ini telah membuat jersey ketiga dan jersey kandang PSG untuk musim 2021/2022 menjadi sesuatu yang unik.

3. Palace x Juventus (2019/20)

Palace, yang berlabel London, telah terjun ke dunia olahraga sebelumnya, termasuk merancang perlengkapan yang dikenakan di Wimbledon. Ini juga memiliki sejarah sepak bola yang panjang, dimulai ketika mengacu pada seragam tim nasional Inggris kuno melalui kolaborasi dengan Umbro. Tidak ada yang membuatnya kurang mengejutkan ketika bergabung dengan Juventus pada 2019.

Pemandangan Cristiano Ronaldo mengenakan jersey yang dirancang oleh perusahaan skateboard London sangat mengejutkan. Palace meluncurkan jersey tersebut selama pertandingan antara Juventus dan Genoa, dengan desain yang memadukan gradien garis hitam-putih dengan detail hijau neon.

4. Pharrell x Adidas (2020-21)

Perancang ini memproduksi jersey untuk Arsenal, Bayern Muenchen, Juventus, Manchester United, dan Real Madrid, dengan Juventus dan Bayern mengenakan desain selama pertandingan kompetitif.

Kelima seragam tersebut semuanya mengacu pada berbagai desain dari masa lalu – termasuk seragam Yohji Yamamoto milik Real Madrid sebelumnya – dan semuanya diberi desain yang dilukis dengan tangan oleh Williams.

Berbicara pada saat itu, dia menjelaskan bahwa dia ingin “mempelajari warisan masing-masing klub dan bagaimana setiap momen yang menentukan dari sejarah mereka ditangkap dan dilestarikan dari perspektif desain.”

5. Wood Wood x FC Copenhagen (2012/2013)

FC Copenhagen merekrut label kota asalnya Wood Wood selama musim 2012/2013. Mereka meminta direktur kreatif merek tersebut, Karl-Oskar Olsen, untuk mendesain jersey ketiganya.

Olsen, seorang penggemar FC Copenhagen, menggambarkan proyek tersebut sebagai "mimpi yang menjadi kenyataan," sebelum mengakui bahwa dia telah menderita "kecemasan kinerja" saat merancang kit.

Seragam edisi khusus, yang dipakai dalam kompetisi kontinental, menggabungkan warna hitam tandang klub dengan sentuhan baru dari Olsen. 

Merujuk pada jersey sepak bola setengah-setengah yang terkenal, Olsen dan FC Copenhagen mendandani setengah dari jersey tersebut dengan warna hitam dan satu lagi dengan warna merah marun. Desainnya diakhiri dengan detail putih, termasuk logo sponsor Carlsberg yang sangat dirindukan.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network