Jelaskan Pengertian Futsal, Cara Bermain, dan Aturannya

"Sebelum bermain futsal, ada baiknya tahu cara bermain dan aturannya terlebih dulu."

Analisis | 28 August 2022, 12:21
Jelaskan Pengertian Futsal, Cara Bermain, dan Aturannya

Libero.id - Permainan futsal adalah salah satu olahraga bola besar yang dikembangkan dari permainan sepakbola. Olahraga ini juga tak kalah populer, terutama di kalangan anak muda. Futsal juga marak dikompetisikan, baik di level regional, nasional, maupun internasional.

Nah bagi anda para pegiat futsal, pengetahuan terkait permainan ini wajib untuk diketahui. Mulai dari pengertian, teknik dasar, dan peraturan merupakan beberapa topik yang wajib bagi anak futsal.

Tujuan olahraga ini sama seperti sepakbola lapangan besar, yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang tim lawan. Bedanya, futsal dimainkan oleh dua regu tim dengan masing-masing diisi lima pemain.

Tidak berbeda dengan olahraga lain, futsal juga memiliki teknik dasar dan peraturan. Hal tersebut haruslah dipahami dan dilaksanakan oleh para pegiat olahraga futsal. Berikut kami jelaskan seputar permainan futsal: mulai dari pengertian, cara bermain dan aturannya.

Pengertian Futsal

Futsal adalah olahraga permainan yang menggunakan bola sebagai alat permainannya. Pertandingan futsal dapat dilakukan di dalam ruangan (indoor) ataupun di luar ruangan (outdoor).

Sejarah olahraga futsal diresmikan FIFA pada 1930 setelah ditemukan Juan Carlos Martini. Dia merupakan orang Uruguay yang pertama kali memprakarsai permainan futsal. Hingga kini, olahraga ini sudah tersebar di lebih dari 100 negara. Ada juga Piala Dunia Futsal menjadi kompetisi terbesar untuk olahraga futsal.

Cara Bermain Futsal

Cara bermain atau teknik dasar futsal secara umum mirip dengan teknik dasar sepakbola.

1. Passing atau Umpan

Passing atau mengumpan merupakan teknik dasar yang harus dikuasai para pemain futsal. Teknik ini dilakukan dengan cara mengayunkan kaki hingga mengenai bola. Passing bisa menggunakan kaki bagian luar, dalam, punggung, dan sisi samping

2. Kontrol Bola

Teknik dasar futsal lainnya adalah kontrol bola. Adapun kontrol bola dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam dan luar. Kontrol bola memanfaatkan sol sepatu untuk menghentikan laju bola dan menguasainya.

3. Dribbling atau Menggiring Bola

Setiap pemain futsal haruslah menguasai teknik dribbling atau menggiring bola. Tujuan dari teknik dribbling ini adalah pemain dapat melewati pemain lawan sambil membawa bola. Teknik dribbling bisa menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung.

4. Tendangan atau Shooting

Tendangan atau shooting merupakan teknik dasar futsal memanfaatkan bagian ujung sepatu. Jika seorang pemain memiliki teknik shooting yang mumpuni, maka semakin besar pula peluangnya untuk mencetak gol.

5. Tackling

Tackling atau menyeleding bola merupakan teknik dasar yang digunakan untuk merebut bola dari lawan. Namun untuk melakukan tackling haruslah hati-hati. Hal ini demi mengurangi risiko cedera pemain. Tackling dapat dilakukan dengan berdiri (standing) dan meluncur (sliding tackle).

8. Heading

Heading merupakan teknik dasar futsal yang memanfaatkan bagian kepala. Bagian kepala yang digunakan untuk menyundul bola adalah ubun-ubun.

Peraturan Permainan Futsal

1. Setiap tim yang bertanding terdiri dari lima pemain. Dengan jumlah pemain cadangan sembilan orang. 

2. Pertandingan futsal dipimpin oleh satu wasit utama, yang dibantu tiga wasit yakni wasit kedua, ketiga, dan time keeper.

3. Setiap pertandingan futsal terdiri dari dua babak. Masing-masing babak memiliki waktu 20 menit. 

4. Setiap pemain akan mendapatkan kartu kuning dan merah jika melanggar pemain lawan dengan skala ringan hingga berat. 

5. Dalam futsal, tendangan bebas boleh dilakukan dalam kotak penalti.

6. Pemain diperbolehkan melakukan tendangan langsung setelah kick off. 

7. Eksekusi tendangan sudut harus dilakukan kurang dari 4 detik. 

8. Saat mengeksekusi penalti, kiper lawan tidak boleh berada di luar garis gawang. 

9. Saat melakukan tendangan penalti, pemain lawan harus berdiri di belakang pemain yang mengeksekusi penalti dengan jarak 5 meter. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network