Jelaskan Pola Penyerangan dalam Pertandingan Bola Voli

"Inilah cara menyerang yang benar dalam bola voli."

Analisis | 28 August 2022, 12:15
Jelaskan Pola Penyerangan dalam Pertandingan Bola Voli

Libero.id - Dalam permainan bola voli juga terdapat pola penyerangan yang dilakukan kedua tim saat bertanding di lapangan. Kerapkali keberhasilan atau kegagalan suatu penyerangan dalam permainan bola voli sebagian besar bergantung pada pengumpan alias tosser atau set-upper, dan penyelesaian spiker.

Tosser bertugas memberikan umpan yang ideal untuk dipukul saat spiker melayang di udara. Umpan-smash tersebut akan berjalan andai menjalankan pola penyerangan dalam bola voli.

Macam-macam Pola Penyerangan Bola Voli

1. Pola Penyerangan 4Sm-2Su

Sistem 4sm 2su merupakan contoh dari sistem penyerangan dalam bola voli.

Susunan pola pertahanan sistem 4Sm 2Su dalam permainan bola voli adalah empat smasher dan 2 set-upper. 2 set-upper berada di tengah, satu di depan garis serang, satu lainnya di area belakang. Sementara smasher berada di sisi kanan-kiri set-upper.

2. Pola Penyerangan 4Sm-1Su-1U

Satu pemain universal (U) berada di tengah dan depan garis serang/dekat net. Di sisi kanan-kirinya smasher. Sementara set-upper (Su) berada di area pertahanan dan kanan-kiri ditempati smasher. U dapat memberi umpan tetapi kurang baik dibanding Su, tetapi memiliki kemampuan smash lebih baik dari Su.

3. Pola Penyerangan 5Sm-1Su

Set-upper (Su) berada di tengah dan depan garis serang. Sisi kanan-kiri ditempati smasher. Sedangkan tiga smasher lainnya berada di area belakang lapangan.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network