Kisah Kevin Phillips, Striker Terbaik Inggris yang Terlupakan

"Sudut pandangnya begitu mengesankan."

Biografi | 28 August 2022, 04:15
Kisah Kevin Phillips, Striker Terbaik Inggris yang Terlupakan

Libero.id - Kevin Phillips didatangkan Sunderland dari Watford pada 1997 dengan harga 650.000 pounds (Rp 11,3 miliar). Dalam waktu tiga tahun, Phillips dinobatkan sebagai pencetak gol paling mematikan di Eropa karena mencetak 30 gol di Liga Premier yang membuatnya mendapatkan Sepatu Emas Eropa.

Ini adalah salah satu kisah sepak bola yang paling romantis, mirip kisah Roy of the Rovers, tetapi seperti yang sering terjadi dengan kisah yang melibatkan salah satu klub atau pemain paling terkenal dalam permainan, kisah itu menjadi agak ketinggalan zaman.

"Jika saya membicarakannya, saya pikir orang mungkin mengatakan saya pilih-pilih," kata Phillips. “Tapi, mari kita begini. Jika seorang pemain Inggris mencetak 30 gol, mereka akan mendapatkan langkah besar dan berada di puncak. Mereka akan ada di seluruh dunia."

“Ketika saya melakukannya, itu seperti, 'Ya itu aneh, ini hanya sekali."

“Saya pikir itu adalah pencapaian yang luar biasa. Tidak ada rasa tidak hormat, tetapi umumnya ketika pemain mencetak 30 gol, mereka melakukannya di tim yang berada di dua, tiga, atau empat teratas di liga."

“Saya melakukannya di tim yang finis ketujuh, di tim yang tidak modis dibandingkan dengan Man United, Arsenal, Liverpool, dan sebagainya."

“Jadi, menurut saya itu membuat pencapaian lebih baik lagi. Untuk menerima Sepatu Emas di seluruh Eropa, itu tidak pernah dikalahkan (sejak oleh striker Inggris), dan saya tidak berpikir itu akan pernah terjadi ketika Anda memiliki pemain seperti Messi, Ronaldo, dan Neymar."

“Itu berada di bawah radar dan tidak benar-benar disebutkan, tetapi di dalam rumah tangga saya, saya tentu sangat bangga akan hal itu!”

Meskipun Phillips bukan nama besar ketika dia melakukan debutnya di Liga Premier, cukup adil untuk mengatakan bahwa Sunderland mengharapkan hal-hal besar darinya.

Striker bertubuh kecil ini telah mencetak 60 gol dalam dua musim di kompetisi Championship yang gemilang di Wearside, 35 gol di musim pertamanya dan 25 gol di musim kedua yang dilanda cedera. Dan, energi serta antusiasmenya yang mentah juga telah menghidupkan kembali karier rekan penyerangnya, Niall Quinn.

Phillips mengatakan dia yang bermain di papan atas tidak tahu apakah dia bisa menaklukan tantangan itu.

“Saya merasa cukup khawatir, cukup gugup, meskipun saya telah mencetak banyak gol di Liga Premier, itu adalah langkah besar dari Championship."

“Anda mengadu akal dengan beberapa yang terbaik, tidak hanya di Eropa, tetapi juga di dunia. Anda semacam bertanya pada diri sendiri, 'Dapatkah saya melakukannya?"

“Karena saya telah mencetak begitu banyak gol dalam dua musim pertama, saya pikir orang-orang tidak benar-benar berpikir saya gagal. Saya tidak akan mengatakan saya melewatkan banyak, tetapi saya akan melewatkan beberapa."

“Hal terbesar adalah ketika Anda menjadi bagian dari tim yang penuh percaya diri, yang kami berada di dua musim pertama saya, Anda tahu bahwa jika saya melewatkan satu (peluang) akan ada satu lagi datang."

“Jadi Anda tidak pernah cemas, Anda tidak pernah merebut yang pertama, Anda hanya tahu bahwa Anda bisa santai dan jika Anda melewatkannya tidak masalah, saya akan mendapatkan kesempatan lain dalam 10 menit ke depan."

“Tapi, Liga Premier adalah permainan bola yang berbeda. Anda umumnya hanya mendapatkan satu atau dua peluang dalam permainan dan Anda benar-benar perlu mencoba dan mencetak satu. Musim itu, saya berhasil mencetak beberapa."

“Saya pikir hal terbesar adalah bertanya-tanya apakah kami akan menciptakan peluang yang cukup di Liga Premier."

“Saya tidak pernah meragukan kepercayaan diri saya, tetapi ketika itu adalah lompatan besar dan Anda hanya memiliki beberapa tahun di Championship, itu adalah langkah besar.”

Di pertandingan pembuka liga, mereka kalah 4-0 di kandang Chelsea. Itu adalah permainan yang sekarang terkenal dengan gol voli brilian Gus Poyet dari umpan terobosan Gianfranco Zola, tetapi itu mengancam untuk menghentikan Phillips bahkan sebelum dia memulai.

“Saya pikir itu sangat penting, untuk striker mana pun ketika Anda pergi ke liga baru atau ke klub baru, bahwa saya melaju cukup cepat,” katanya.

“Jadi, saya cukup beruntung, meskipun kami melakukan permainan yang bagus di game pertama. Saya mendapatkan pasangan saya di game kedua melawan Watford untuk membuat saya maju."

“Itu adalah pertandingan tengah pekan setelah pertandingan melawan Chelsea. Jadi, kami tidak punya waktu lama untuk memikirkan hasil itu dan sambutan kami di Liga Premier."

“Secara kolektif kami membutuhkan hasil dan untuk mendapatkan beberapa poin, tetapi dari sudut pandang pribadi itu penting untuk membungkam orang-orang yang meragukan apakah saya bisa mencetak gol di Liga Premier."

“Memasuki Natal, saya pikir saya telah mencetak 18 atau 19 gol, dan bahkan hari itu adalah pencapaian yang luar biasa bagi striker mana pun. Jadi, apa yang saya mencapai target itu saya pikir, 'Astaga, saya bisa melanjutkan dan mungkin membuat rekor di Liga Premier."

“Saya tentu berpikir saya memiliki peluang yang sangat bagus untuk mencapai 30 gol itu."

“Anda harus mengatakan bahwa pada paruh kedua musim ini, para bek lebih memperhatikan diri saya dan itu menjadi sedikit lebih sulit.”

Meskipun Phillips sudah menjadi bintang yang tidak diragukan lagi, dia tidak melakukannya sendiri. Meskipun namanya paling sering muncul di papan skor, dia dengan cepat mengklaim bahwa pencapaian itu berkat kerjasamanya dengan Quinn.

Quinn hampir terdampar sebelum kedatangan Phillips, di mana lututnya yang mulai terasa tegang, dia melihat akhir kariernya di Malaysia dengan tenang sebelum dibujuk oleh Peter Reid untuk menjadi pemain termahal Sunderland setelah degradasi Man City.

Quinn menghabiskan biaya dua kali lipat dari Phillips dan tiba setahun lebih awal, tetapi cedera serius di awal kariernya di Sunderland membuatnya berpikir untuk pensiun.

Dan, hasilnya luar biasa. Berkat kerjasamanya dengan Phillips, dia berada tepat di depan antrian untuk memastikan Quinn mendapatkan bagiannya.

"Saya berbohong jika saya mengatakan dia tidak memiliki pengaruh besar," kata Phillips.

“Anda bertanya kepada Quinny, Anda bertanya kepada striker mana pun, tidak peduli berapa banyak yang dilakukan keduanya untuk Anda, bagian tersulitnya adalah memasukkan bola ke gawang. Anda masih perlu memiliki keyakinan pada kemampuan Anda sendiri dan kepercayaan diri, ketenangan untuk benar-benar menyelesaikan."

“Tetapi, rekan striker Anda dapat melakukan banyak hal untuk itu, dapat menciptakan banyak peluang, membuat banyak pengalihan mencoba menarik seseorang keluar dari posisi mereka untuk saya temui."

“Itu adalah salah satu duet yang baru saja terjadi. Kami tidak pernah mengerjakannya dalam pelatihan. Semua yang Peter Reid katakan hanyalah, 'Bekerja dengan Quinny, berkeliling dengan Quinny."

“Kakinya tidak seperti saat dia masih muda. Dia tidak akan melakukan lari yang bisa saya lakukan, jadi itu hanya salah satu yang berhasil."

“Dia menjadi bek tengah, sementara saya hanya mencoba untuk memantulkan bola ketika bola dijentikkan."

“Anda harus mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu, tim mulai mengerjakannya dan benar-benar menopangnya melawan kami, tetapi di musim pertama mereka tidak bisa banyak membantu kami."

Alan Shearer sangat mendominasi tim nasional pada saat itu, dan Kevin Keegan sedang mencari tipe pemain seperti Teddy Sheringham untuk bermitra dengannya.

Namun, Phillips mengatakan dia tidak sengaja mengubah permainannya.

“Saya pikir saya melakukannya secara tidak sadar, dan terkadang sulit untuk keluar dari itu,” katanya.

“Peluang tidak datang sebaik sebelumnya. Jadi, secara alami, saya melihatnya berada di sisi kepelatihan sepakbola yang berbeda. Ketika seorang striker tidak mendapatkan banyak bola, mereka datang untuk mencarinya."

“Kamu hanya ingin mencoba untuk mendapatkan sentuhan. Saya seharusnya bermain pada orang terakhir itu, tetapi Anda tidak ingin keluar dari lapangan jika Anda kalah dalam permainan dan berpikir Anda belum melakukan apa-apa."

“Tapi, saya bukan tipe pemain yang bisa turun 15-20 meter ke belakang, mengambilnya dan berlari ke arah orang, mengambil orang dan mencetak gol."

“Saya lebih sebagai penghubung, masuk ke belakang, dan melakukan umpan silang.”

Kenangan tentang musim terbaiknya masih tetap ada berkat dua gol yang menonjol.

“Gol lawan Newcastle selalu saya ingat karena pentingnya gol tandang di St James Park, tapi saya pikir tendangan voli dari jarak 25 yard melawan Chelsea adalah favorit saya."

“Itu di kandang penuh, dan itu adalah balas dendam setelah apa yang dilakukan Chelsea kepada kami di pertandingan pembuka musim."

“Itu adalah hari yang sangat buruk karena siapa lawannya dan kualitas pemain yang dilawannya, dan kinerja hari itu menurut saya adalah salah satu yang terbaik yang pernah dihasilkan Sunderland. Sangat menyenangkan bisa menjadi bagian darinya.”

Phillips telah melihat duetnya yang meredup dari permainan sejak dia selesai bermain dan mulai sebagai pelatih, tetapi itu adalah sesuatu yang dia ingin lihat lebih banyak.

“Ketika kami bermain bagus dan saya melakukan apa yang saya lakukan, bermain sebagai striker tunggal tidak pernah terdengar,” katanya.

“Saya diminta untuk memainkannya beberapa kali dan saya seperti, 'Kamu bercanda, bukan?!' Saya tidak bisa membayangkan bermain sendiri melawan dua bek tengah yang kotor."

“Ketika Anda melihat melalui Liga Premier sekarang tidak ada banyak duet dan itu memalukan. Saya selalu berpikir bahwa jika Anda memiliki dua striker di lapangan, Anda memiliki peluang dua kali lipat untuk mencetak gol."

“Saya ingin melihatnya kembali. Manajer takut untuk menempatkan striker kedua karena kadang-kadang Anda bisa diserbu di lini tengah, tetapi jika Anda mendapatkan pemain lini tengah yang tepat, Anda pasti mampu melakukannya."

“Ketika saya bermain di Sunderland, sebagian besar bermain dengan formasi 4-4-2, jadi bek tengah tahu bagaimana menangani dua striker. Jika satu (penyerang) melakukan short, satu (centre-setengah) bisa masuk sementara yang lain mengikuti rekannya. Itu sederhana."

“Saat ini, ketika Anda hanya menandai satu pemain, itu jauh lebih mudah karena striker tunggal cenderung datang ke arah bola dan pelari dari lini tengah, yang lebih mudah dilacak oleh bek tengah karena mereka dapat melihat mereka datang."

“Anda bertanya kepada bek mana pun, itu jauh lebih mudah bermain melawan satu striker daripada dua.”

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network