Tak Diduga, Real Madrid Raup Rp 4 Triliun dari Jual Pemain Akademi

"Selama ini mereka dikenal sebagai tim yang suka membeli pemain mahal. Ini perincian penjualannya 5 tahun terakhir."

Feature | 10 July 2020, 05:50
Tak Diduga, Real Madrid Raup Rp 4 Triliun dari Jual Pemain Akademi

Libero.id - Berjuluk Los Galacticos, Real Madrid dikenal suka menghamburkan uang untuk membeli pemain bagus berharga mahal. Nyatanya, Real Madrid bisa menghasilkan banyak uang dari penjualan lulusan akademi mereka, terutama dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, lima pendapatan transfer terbesar dalam sejarah klub yang diterima dari penjualan produk La Fabrica datang dalam empat tahun terakhir.

Mereka adalah Alvaro Morata, Marcos Llorente, Jese Rodriguez, Raul de Tomas dan sekarang, setelah baru-baru ini menyelesaikan transfer Achraf Hakimi ke Inter.

Morata menjadi lulusan akademi Real Madrid termahal dalam sejarah klub ketika ia dijual ke Chelsea dengan harga 66 juta euro pada 2017.

Striker itu telah meninggalkan Estadio Santiago Bernabeu sebelumnya, ke Juventus pada 2014, tetapi memutuskan bahwa lebih baik pergi ke klub lain lagi setelah Real Madrid membelinya kembali pada 2016.

Penjualan Achraf ke Inter awal bulan ini menghasilkan 40 juta euro, ditambah lima juta euro tambahan, ke dalam kas Real Madrid.

Pemain asal Maroko itu telah menghabiskan dua musim sebelumnya dengan status pinjaman di Borussia Dortmund. Sulit untuk bersaing dengan Dani Carvajal di Real Madrid, maka Hakimi pun memutuskan pergi.

Marcos Llorente, adalah penjualan terbesar ketiga bagi lulusan akademi Real Madrid, ketika Los Rojiblancos membelinya senilai 30 juta euro pada 2019.

Pemain asal Spanyol itu sebenarnya mendapatkan posisi inti di Bernabeu di bawah Santiago Solari, tetapi kembalinya Zidane pada Maret 2019 telah membuatnya tersisih.

Paris Saint-Germain membayar 25 juta euro untuk mengontrak Jese dari Los Blancos pada 2016, tetapi ia gagal menunjukkan performa senilai harganya itu pada tahun-tahun sesudahnya.

Dia masih berstatus milik PSG tetapi telah dipinjamkan ke Las Palmas, Stoke, Real Betis dan sekarang Sporting Lisbon.

De Tomas menjadi lima besar termahal dengan penjualannya ke Benfica seharga 20 juta euro, ditambah dua juta euro sebagai tambahan, pada 2019.

Setelah enam bulan yang sulit di Portugal, pemain Spanyol kembali ke La Liga Santander dengan Espanyol pada bulan Januari.

Di luar lima besar penjualan lulusan akademi Real Madrid masih ada  Alvaro Negredo, yang menandatangani kontrak dengan Sevilla sebesar 19 juta euro pada 2009.

Dalam empat tahun terakhir, Real Madrid juga telah membuat sejumlah kecil penjualan pemain yang menghabiskan masa mudanya di ibukota.

Pada 2016, mereka melego Denis Cheryshev ke Valencia dengan harga tujuh juta euro.

Pada 2017, mereka menjual Mariano Diaz ke Lyon seharga delapan juta euro, Diego Llorente ke Real Sociedad seharga tujuh juta euro dan Burgui ke Alaves seharga tiga juta euro.

Pada 2018, mereka menjual Omar Mascarell ke Schalke seharga 10 juta euro, Lucas Torres ke Eintracht Frankfurt seharga 3,5 juta euro dan Philipp Leinhart ke Freiburg seharga dua juta euro.

Total penghasilan transfer yang diterima Real Madrid dari penjualan lulusan akademi sejak 2016 adalah, 246 juta euro (lebih dari Rp 4 triliun).

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Real Madrid


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network