Kisah Hattrick Perdana Liga Premier, Karya Eric Cantona

"Fenomena terakhir sebelum hijrah ke Manchester."

Analisis | 26 August 2022, 17:17
Kisah Hattrick Perdana Liga Premier, Karya Eric Cantona

Libero.id - Eric Cantona adalah orang yang mencetak hat-trick pertama di era Liga Premier. Namun, ketika pemain Prancis itu mencetak tiga gol dalam kemenangan 5-0 Leeds United atas Tottenham Hotspur pada Agustus 1992, dia jelas tidak keren.

Satu-satunya cara untuk menggambarkan Cantona malam itu di Elland Road adalah dengan menggunakan kata yang sangat tidak Cantona, yakni 'dia sangat pusing.'

Ini mungkin bisa dimengerti. Itu adalah hat-trick kedua Cantona dalam sebulan, setelah mengalahkan Liverpool di Wembley saat Leeds mengalahkan The Reds 4-3 di Charity Shield.

Leeds adalah juara bertahan Inggris, pemenang terakhir Divisi Pertama, dan hubungannya dengan Howard Wilkinson belum mencapai titik puncak.

Pertahanan The Peacocks menjaga gelar mereka akhirnya menjadi bencana saat mereka berada di zona degradasi. Mereka gagal menang ketika bermain jauh dari rumah sepanjang musim.

Tetapi, saat Tottenham mengunjungi West Yorkshire pada pertandingan liga keempat musim itu, mereka malah bertemu dengan Leeds yang mengamuk di musim sebelumnya.

Phil Andrews memulai laporan pertandingannya untuk The Independent dengan menulis, “Jika tanda juara sejati adalah kemampuan mereka untuk melupakan hari-hari buruk mereka, Leeds United mungkin belum memberikan kesan yang kuat pada Liga Premier saat mereka pergi.”

Sebagian besar optimisme itu disebabkan oleh kinerja Cantona. Dia sudah menunjukkan tanda-tanda bahwa itu akan menjadi malamnya sebelum membuka akun golnya di menit ke-26.

Dia memberi Tottenham peringatan dini dengan mencoba apa yang digambarkan Andrews sebagai tendangan akrobatik yang 'spektakuler' dan telah terlibat dalam gerakan yang melihat Rod Wallace membuka skor saat empat bek Spurs tampaknya menderita gangguan saraf selama 90 menit.

Tujuh menit setelah Wallace membuat Leeds unggul, Cantona siap untuk mencetak gol.

Gaya sepakbola Leeds di bawah Wilkinson mungkin tidak yang paling indah untuk dilihat, tetapi dirancang untuk menimbulkan kekacauan dan kepanikan bagi tim oposisi.

Setelah tendangan ke depan, Gary Speed terus bergerak mengalir dengan tendangan overhead yang aneh sambil duduk di tanah sebelum tendangan dari Cantona. Kemudian, Lee Chapman memberi Wallace kesempatan untuk membuat gangguan di dalam kotak, yang berarti Justin Edinburgh hanya bisa menyundul bola kembali ke arah Cantona.

Dia tidak membuat kesalahan dengan penyelesaian akhir, menyelesaikan sebuah gol yang merupakan perpaduan sempurna dari sepak bola Inggris di tahun 90-an, sepak bola langsung dan agresif, kecelakaan defensif, dan taburan bakat asing.

Sebaliknya, dia merayakan dengan sukacita, mendorong dirinya ke arah Leeds dengan mengayunkan lengannya sebelum melakukan momen gembira.

Hanya butuh lima menit lagi sebelum Cantona kembali mencetak gol, dan lagi-lagi Leeds asuhan Wilkinson dalam performa terbaiknya.

Jika Cantona diizinkan untuk memecahkan karakter sebagai orang Prancis yang misterius dan penuh teka-teki, dua gelandang tengah Leeds memutuskan untuk mencoba bertukar peran, ketika pencipta berkelas Gary McAllister memenangkan bola kembali ke atas lapangan, memungkinkan David Batty yang gigih untuk memilih striker dengan umpan silang yang tepat.

Cantona melakukan sisanya, dan dia kembali seperti kincir angin yang membuat teror.

Leeds memasuki jeda dengan memimpin 3-0, dan Spurs mungkin masih mengalami kejutan ketika mereka keluar untuk babak kedua dan melihat Cantona menyelesaikan hat-tricknya semenit kemudian.

Wallace dengan kecepatannya, melesat ke sayap kiri sebelum menyeberang untuk menargetkan Chapman. Penyerang itu mungkin salah melakukan sundulan, tapi itu hanya memberi Cantona kesempatan untuk mencetak gol ketiganya, "Itu Ooh-trois-Cantona," adalah kata-kata Andrews kepada The Independent.

“Ini adalah Leeds yang dikembalikan ke semua aksi terbaik mereka,” Andrews menyimpulkan, “Tetapi Cantona  menjadi penandatanganan yang terinspirasi jika pernah ada, menonjol karena lay-off yang cerdas, sentuhannya yang halus dan kemampuannya untuk menemukan ruang, bahkan jika dia tidak mencetak tiga gol lagi dengan hat-trick yang dia cetak di Charity Shield.”

Tapi, Cantona tidak terlihat tersenyum lebih lama lagi di Elland Road. Pada November, Leeds telah tersingkir dari Liga Champions oleh Rangers dan musim mereka mulai terurai.

Wilkinson melanjutkan untuk membuat panggilan terkenal itu ke Manchester United untuk menanyakan tentang ketersediaan Denis Irwin dan yang lainnya.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network