Pengertian Tendangan Bebas dalam Sepakbola dan Cara Melakukannya dengan Benar

"Simak tips melakukan tendangan bebas yang berkualitas berikut ini."

Analisis | 26 August 2022, 00:34
Pengertian Tendangan Bebas dalam Sepakbola dan Cara Melakukannya dengan Benar

Libero.id - Tendangan bebas dalam sepakbola juga dikenal dengan freekick. Ini adalah tendangan yang diambil pemain tanpa ada kehadiran lawan yang menghalangi dalam jarak beberapa meter.

Mengutip dari International Football Association Board (IFAB), tendangan bebas dalam olahraga sepakbola adalah tendangan yang dilakukan oleh salah satu pemain ke gawang lawan ketika salah satu pemain tim lawan melakukan pelanggaran.

Tendangan bebas dibagi menjadi dua macam, yaitu tendangan bebas langsung (direct freekick) dan tendangan bebas tidak langsung (indirect freekick).

A. Tendangan bebas langsung (direct freekick)

Tendangan bebas langsung juga bisa disebut dengan istilah direct freekick. Tendangan bebas ini bertujuan untuk menendang langsung ke arah gawang lawan untuk mencetak gol. Jika sang eksekutor memiliki akurasi luar biasa, tedangan bebas langsung bisa menghasilkan gol tanpa melewati sentuhan pemain lain.

Beberapa kesalahan yang bisa mengakibatkan terjadinya tendangan bebas langsung.

1. Melanggar pemain lawan pada saat meloncat di udara

2. Menendang atau menabrak pemain lawan

3. Melakukan tekel berbahaya

4. Menarik anggota tubuh atau pakaian lawan

Cara melakukan tendangan bebas langsung.

1. Letakkan bola di bagian lapangan yang bagus

2. Lihat ke tembok (pagar betis pemain) dan lihat posisi kiper lawan

3. Tentukan di mana anda ingin menendang bola dan bagaimana anda ingin menendangnya. Misalnya, anda mengira pagar betis akan melompat sehingga anda memutuskan menendang bola secara datar

4. Ambil langkah untuk melakukan tendangan. Biasanya, setiap langkah pemain sebelum melakukan direct freekick berbeda-beda. Tarik napas dalam-dalam untuk menenangkan diri anda. Tegang akan merusak teknik tendangan bebas langsung anda

5. Sebelum anda menendang bola, lihat sekali lagi posisi penjaga gawang, tembok, dan posisi rekan satu tim anda

6. Lepaskan tembakan dengan ayunkan kaki untuk menendang bola ke arah yang dituju.

Contoh pesepak bola dunia yang sering berhasil mencetak gol dari tendangan bebas langsung yaitu, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, David Beckham, Roberto Carlos, Juninho Pernambucano, Andrea Pirlo, hingga Ronaldinho.

B. Tendangan bebas tidak langsung (indirect freekick)

Tendangan bebas tidak langsung atau bisa juga disebut undirect freekick berbeda dengan sebelumnya. Ini menjadi salah satu teknik permainan sepakbola yang tidak dapat menciptakan gol secara langsung. 

Indirect freekick adalah tendangan yang tidak ditendang langsung ke gawang lawan, melainkan dioper ke rekan satu tim alias tidak bertujuan langsung mencetak gol. Tendangan ini biasanya dilakukan ketika pelanggaran jauh dari kotak penalti.

Tendangan jenis ini diberikan karena pemain melakukan permainan yang berbahaya, menghalangi pergerakan pemain lawan dengan badan, atau menghalangi kiper mengambil bola. Bisa juga karena handball di area yang jauh dari kotak penalti atau off side. 

Cara melakukan tendangan bebas tidak langsung ini tidak perlu tips atau trik khusus. Sebab, pada dasarnya, indirect freekick tidak bertujuan mencetak gol langsung. Pemain yang menendang juga tidak perlu berlari ketika mau melakukan tendangan. Dia cukup dengan mengumpan bola ke rekan terdekat. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network