Analisis Cara Erik Ten Hag Bangkitkan Mental Man United Setelah Kalah Dua Kali

"Strategi yang layak diacungi dua jempol."

Analisis | 25 August 2022, 22:34
Analisis Cara Erik Ten Hag Bangkitkan Mental Man United Setelah Kalah Dua Kali

Libero.id - Dari kekacauan panas di kandang Brentford, hingga malam yang menggetarkan di Old Trafford, Erik ten Hag memberikan titik referensi yang diharapkan para penggemar Manchester United dapat melihat momen kebangkitan Setan Merah.

Kemenangan mendebarkan melawan Liverpool lahir dari puing-puing kekalahan di London barat seminggu sebelumnya, di mana Ten Hag memulai persiapannya menghadapi Juergen Klopp sejak dipermalukan di Gtech Community Stadium.

Di pertengahan pertandingan dalam kekalahan 4-0 yang dialami oleh Thomas Frank, manajer Man United itu mengambil keputusan untuk membatalkan hari libur para pemain pada hari berikutnya.

Pekerjaan yang diperlukan untuk memperbaiki bencana itu tidak bisa menunggu, begitu pula dengan maksud yang ingin dia sampaikan.

Dan, berikut kami rangkum beberapa usaha Ten Hag dalam membangkitkan mentak anak asuhnya.

#1 Penghinaan publik

Itu menjadi pertunjukan kepemimpinan kepada para pemain yang sangat mengecewakannya. Pelatih asal Belanda itu sebagian besar telah melindungi mereka dari kritik setelah kekalahan pembukaan mereka dari Brighton, tetapi tidak akan ada yang melindungi mereka sekarang.

Dia akan mengganti semua XI di babak pertama. Jika dia punya kesempatan, dia dengan berani mengatakan kepada wartawan setelahnya.

Hari libur dibatalkan, dan yang terpenting, tidak ada upaya untuk menyimpan informasi itu di rumah. Tidak ada penutupan peringkat. Hukuman ini bersifat publik.

Desakannya untuk membuat para pemain berlari dengan selisih 8,5 mil dalam jarak yang ditempuh oleh Brentford menjadi awal dari gebrakannya. Sebuah tanda kepada para pemain dan pendukung bahwa manajer mereka mengakui kegagalan mereka dan mereka tidak akan diterima di bawah pengawasannya.

Sejak itu muncul bahwa dia menempatkan dirinya melalui perjalanan melelahkan yang sama sebagai pertunjukan yang kolektif.

Namun, itu juga merupakan langkah berisiko di awal masa jabatannya dan menjadi ancaman bahaya kehilangan lebih banyak pemain di bawah dua manajer sebelumnya. Namun, dalam pikirannya, itu adalah risiko yang layak diambil.

#2 Memperbaikinya di tempat latihan

Sementara keputusan untuk memerintahkan pasukan ke Carrington menjadi sebuah pernyataan, itu memiliki makna yang lebih luas. Ten Hag adalah pelatih dan dia yakin tempat latihan menjadi tempat untuk menyelesaikan masalah.

Di situlah dia paling nyaman, di mana dia bisa mengerjakan detailnya. Dan, sama marahnya dengan sikap para pemainnya di Brentford, dia juga menerima bahwa dia sedang dalam proses menanamkan cara baru bermain di Man United.

Dia ingin metodenya bertahan dengan cepat dan didorong oleh seberapa reseptif para pemain di musim panas. Tapi, kekalahan dari Brighton dan Brentford menjadi peringatan.

Dia bahkan akan mencatat jika ada pemain yang tidak melakukan apa yang dia inginkan di tempat latihan. Sesi akan dihentikan saat dia mencoba membuat instruksinya lebih jelas.

Fakta bahwa pertandingan melawan Liverpool memberinya lebih banyak waktu untuk melatih taktiknya, dan itu menunjukkan cara Man United berpegang pada rencana permainan untuk mengekspos ruang di belakang Trent Alexander-Arnold. Sementara hubungan antara Bruno Fernandes, Christian Eriksen, dan para penyerang lebih lancar daripada titik mana pun musim ini.

#3 Pelatihan kepemimpinan

Ini bukan murni tentang taktik. Ten Hag perlu mengubah pola pikir skuadnya yang terlalu mudah terlihat kalah selama 12 bulan terakhir.

Dia memiliki pemimpin dalam pasukannya, yang merupakan bagian dari diskusi kunci dalam seminggu tentang bagaimana dia harus bergerak maju.

Kapten, Harry Maguire, menjadi salah satunya. Cristiano Ronaldo adalah sosok lain yang sangat berpengaruh di ruang ganti. Marcus Rashford lebih muda, tetapi suaranya kuat.

Ten Hag menginginkan lebih banyak pemimpin, dan itu adalah panggilan besar untuk meninggalkan Maguire dan Ronaldo dari starting line-up, mengetahui kebisingan yang akan dihasilkan.

#4 Mendapatkan panggilan besar dengan benar

Tidak dapat diremehkan risiko yang dia ambil dengan meninggalkan kapten dan bintang terbaiknya, terutama mengingat ketidakpastian seputar masa depan kedua pemain itu.

Panggilan Maguire itu penting karena menunjukkan bahwa Ten Hag tidak takut untuk mengakui ketika dia salah.

Dia memberi dirinya sedikit ruang untuk bermanuver ketika mengkonfirmasi bahwa bek tengah Inggris itu akan mempertahankan jabatan kaptennya selama musim panas.

Setelah menandatangani Lisandro Martinez sebagai spesialis sisi kiri, itu membuat Maguire, Raphael Varane, dan Victor Lindelof bersaing dari satu posisi. Dan, ada sedikit kemungkinan dia akan meninggalkan ban kaptennya di awal musim.

Tetapi, Maguire kurang begitu meyakinkan sehingga Ten Hag akhirnya kehilangan kaptennya setelah hanya dua pertandingan, di mana penampilan bagus sang bek tidak mungkin kembali dalam waktu dekat.

Ronaldo mungkin merupakan akan menjadi keputusan yang lebih mudah untuk dibuat, mengingat kurangnya keikutsertaannnya di pra-musim dan gangguan yang disebabkan oleh keinginannya untuk pergi.

Meski begitu, jika Ronaldo dan Maguire tetap berada di bangku cadangan, akan membuat pandangan buruk jika Man United menderita kekalahan ketiga berturut-turut.

Sekarang Ten Hag memiliki kuasa total atas situasi ini, yang bahkan bisa melihat salah satu dari mereka pergi sebelum jendela transfer ditutup.

#5 Manajemen pemain

Sementara Maguire dan Ronaldo menjadi orang-orang yang paling jatuh setelah kekalahan dari Brentford, Ten Hag menolak kesempatan untuk mengeluarkan Martinez yang direkrut musim panas.

Sebagai refleksi, Ten Hag benar-benar melakukan itu minggu sebelumnya ketika menggantikan pemain Argentina andalannya di babak pertama.

Martinez berjuang di bawah tekanan Ivan Toney dan Bryan Mbeumo, tetapi Ten Hag puas dengan aspek-aspek tertentu dari permainannya, termasuk penggunaan bolanya.

Dengan mengeluarkannya saat istirahat, dia melindungi bek tengah dalam permainan yang sudah kalah. Manfaatnya jelas terlihat saat melawan Liverpool, di mana Martinez menjadi salah satu pemain luar biasa pada malam itu.

Bruno Fernandes dan Jadon Sancho juga membalas kepercayaan manajer mereka. Keduanya tampil mengesankan di dua game pembuka, dan Ten Hag cukup terdorong oleh upaya mereka.

Fernandes mengenakan ban kapten, melambangkan pertarungan yang dituntut Ten Hag, sementara Sancho memberi gambaran tentang betapa berbahayanya dia saat menggabungkan bakat dan kecepatan kerjanya.

Sementara itu, Rashford ditantang dan keluar dari zona nyamannya untuk memimpin lini serangan. Itu adalah sesuatu yang ingin dilihat Ten Hag lebih intens jika Ronaldo pergi dan striker sentral tidak dapat didatangkan.

Rashford memang fleksibel untuk bermain di tengah musim ini, meskipun dia lebih suka beroperasi di sayap kiri. Jika Antony didatangkan sebelum batas waktu, itu akan membuka jalan bagi Ten Hag untuk lebih sering memainkan Rashford di tengah.

#6 Efek Casemiro

Prioritasnya sekarang adalah mendatangkan penyerang sebelum jendela ditutup, tetapi kedatangan Casemiro seharga 60 juta pounds (Rp 1 triliun) telah disambut dengan rasa lega di Old Trafford.

Setelah pengejaran Frenkie de Jong yang berlarut-larut, Man United berada di bawah tekanan untuk memberikan alternatif kelas dunia jika mereka gagal mendaratkan pemain Belanda itu.

Casemiro persis seperti pemain yang diiinginkan Ten Hag, yang menjelaskan sejak dia mengambil alih bahwa dia membutuhkan gelandang baru untuk membuat taktiknya berfungsi.

Selain kualitas agresif dan kemampuan pemain Brasil itu untuk menghubungkan pertahanan dan lini tengah, sikapnya menjadi salah satu sifatnya yang paling menarik.

Ten Hag percaya timnya membutuhkan lebih banyak pemain berpengalaman setelah kurang berhasil selama sembilan tahun terakhir. Namun, dia juga berusaha mengubah profil skuadnya dengan penambahan petarung yang lebih banyak.

Martinez yang dijuluki si Jagal, cocok dengan deskripsi itu, sementara Tyrell Malacia, yang melakukan start pertamanya pada hari Senin, menunjukkan naluri bertarungnya, meskipun direkrut untuk memberikan permainan dengan gayanya yang modern dan berpikiran menyerang.

#7 Keyakinan filosofinya

Apa yang terlihat melimpah adalah kepercayaan Ten Hag yang terus berlanjut pada taktiknya, bahkan dalam menghadapi awal yang begitu sulit di sepak bola Inggris.

Sumber mengatakan dia kuat dalam percakapan, bahkan dengan atasannya di Man United. Dia tahu persis apa yang dia inginkan dan apa yang diperlukan untuk membawa Man United sukses.

Setelah kekalahan atas Brentford, dia bersikeras tidak perlu mengkompromikan filosofinya, percaya bahwa kegagalannya disebabkan oleh sikap dan kesalahan pemain dan bukan idenya tentang permainan.

Dalam analisisnya, dia juga bisa melihat faktor eksternal dari kegagalannya mendatangkan gelandang bertahan dan cederanya Anthony Martial menjadi dua alasan utama awal yang buruk.

“Kami berada di hari-hari awal pekerjaan yang harus kami lakukan di sini untuk memberikan kesuksesan yang kita semua inginkan,” jelasnya.

"Apa yang kami coba bangun adalah tim pemenang dengan gaya permainan yang atraktif dan dinamis. Itu akan membutuhkan waktu untuk mencapainya."

#8 Melibatkan para penggemar

Kata-kata itu mengirim pesan yang tepat kepada para pendukung yang mulai ketakutan. Itu semua tentang mengatur nada yang tepat dan mengubah narasi dalam membangun permainan yang begitu kritis.

“Saya di sini bukan untuk diri saya sendiri. Saya di sini untuk klub dan untuk memulihkan klub,” katanya dalam pidato. “Saya tahu sebelumnya ini adalah tantangan dan saya menginginkan tantangan ini."

“Saya tahu sebelumnya itu akan sulit, tetapi saya menginginkannya karena dalam karier saya, di mana pun saya memulai. Awalnya pasti akan sulit, tetapi saya menyelesaikannya. Saya yakin saya menyelesaikannya di sini.”

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Manchester United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network