Spiker dalam Pertandingan Olahraga Bola Voli: Pengertian, Tugas, dan Posisi

"Di sepakbola, spiker sama dengan striker."

Analisis | 22 August 2022, 15:24
Spiker dalam Pertandingan Olahraga Bola Voli: Pengertian, Tugas, dan Posisi

Libero.id - Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan bola besar dan dimainkan secara beregu. Olahraga ini dimainkan dengan dua tim yang berlawanan dan masing-masing tim berisikan enam pemain yang membawa peran serta tugas berbeda ketika berada di lapangan.

Secara umum, setiap pemain dalam satu tim bola voli memiliki tugas yang terbagi menjadi dua, yaitu: berperan besar ketika menyerang atau bertahan.

Untuk pemain dengan tugas utama menyerang, salah satunya adalah spiker alias smasher. Pemain yang berposisi sebagai spiker/smasher dalam permainan bola voli biasanya menempati garis depan wilayah permainan atau dekat net. Lebih khusus lagi, pemain ini memiliki postur tinggi.

Pengertian spiker dalam permainan bola voli

Spiker atau smasher adalah pemain yang bertugas melakukan serangan dari depan dengan cara memukul bola sekeras-kerasnya. Selain spiker, istilah hitter juga dipakai untuk menyebut pemain dengan posisi spiker sebagai penyerang dalam permainan bola voli.

Pemain dalam kategori ini harus memiliki teknik memukul bola sekeras-kerasnya untuk menyerang permainan lawan dalam permainan bola voli disebut sebagai smash atau spike. Posisi bermain seorang spiker berada di garis depan wilayah permainan atau dekat net untuk menyambut bola umpan dari seorang tosser atau set-upper.

Adapun dalam sebuah tim bisa terdapat lebih dari seorang spiker yang biasanya berada di sebelah kanan dan kiri tosser.

Tugas utama spiker dalam permainan bola voli

Pemain yang bertugas untuk melakukan pukulan agar bola jatuh di daerah lawan disebut spiker. Sehingga, andil paling besar dari seorang pemain yang berposisi sebagai spiker dalam tim bola voli adalah menyumbangkan angka melalui spike atau smash.

Biasanya, bola hasil smash diarahkan menuju ruang kosong di area permainan lawan dengan laju bola yang kencang, sehingga bola sulit untuk dikembalikan. Karena itu, spiker atau smasher harus benar-benar menguasai teknik pukulan keras yang mematikan.

Di sisi lain, peran spiker juga dibantu tosser. Sebab, keputusan mengenai spiker mana yang akan menjadi penyelesai serangan dalam jalannya permainan bola voli dibuat oleh tosser. Tosser akan memberi tahu strategi serta ke arah mana bola akan diumpan atau diberikan, sehingga dapat dipukul sekeras-kerasnya ke wilayah permainan lawan.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network