Pengertian Passing dan Tekniknya dalam Permainan Olahraga

"Passing adalah hal sangat vital dalam permainan. Ini cara melakukannya."

Analisis | 18 August 2022, 14:02
Pengertian Passing dan Tekniknya dalam Permainan Olahraga

Libero.id - Istilah passing dalam olahraga biasanya terdapat dalam permainan yang dilakukan berkelompok. Seperti ketiga permainan bola besar ini, yaitu:  bola basket, bola voli, dan sepakbola.

Masing-masing passing dalam ketiga olahraga ini memiliki beberapa jenis dan teknik dasarnya tersendiri. Hal itu yang membedakannya dengan gerakan lain. Secara umum passing dapat diartikan dengan gerakan mengoper bola sebagai langkah menyusun pola serangan. Untuk melancarkan passing, dibutuhkan kerja sama tim yang baik.

Pengertian Passing Menurut Beberapa Ahli

Menurut Dr. Herri Yusfi dalam buku Teknik Pembelajaran Keterampilan Dasar Passing Bola Basket (2007) passing adalah cara tercepat dan paling efektif memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lainnya serta menggerakkan bola ke seluruh area lapangan.

Sedangkan menurut Damar Pamungkas dan Bambang Kusnanto dalam buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/MA Kelas X, passing adalah gerakan lemparan yang merujuk pada memberi umpan antarpemain dalam satu tim yang sama. Jadi, kerjasama tim dibutuhkan agar pemberian umpan dapat berjalan dengan baik dan membuat serangan terhadap tim lawan efektif.

Sementara itu, menurut Muhajir (2016) dalam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatanterbitan Kemdikbud, passing adalah gerakan mengoper bola kepada rekan seregu sebagai langkah awal untuk menyusun serangan kepada regu lawan.

Macam-macam Teknik Passing

Gerakan passing banyak macam dan jenisnya. Jenis teknik passing bergantung pada olahraga yang sedang dilakukan. Apakah itu basket, voli, atau sepak bola.

1. Teknik Passing dalam Bola Voli

Mengutip buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMA/SMK/MA Kelas X oleh Nur Hasyim dkk, terdapat dua teknik dasar passing dalam olahraga voli, yakni passing atas dan passing bawah.

A. Passing bawah: gerakan ini dilakukan dengan memberikan bola voli kepada teman satu tim lewat gerakan melempar dari bawah.

Cara melakukan gerakannya:

a). Buka kaki selebar bahu dan kedua lutut direndahkan, berat badan bertumpu pada kedua ujung depan kaki.

b). Rapatkan dan luruskan dua lengan di depan badan, dua ibu jari menempel dan lurus sejajar.

c). Saat bola datang, dorong kedua lengan ke arah bola bersamaan dengan lutut dan pinggul bergerak naik.

d). Pukul bola dengan pergelangan tangan. Angkat tumit sedikit dari lantai untuk menambah daya dorong terhadap bola.

e). Arahkan bola kepada rekan satu tim.

B. Passing atas: Gerakan ini biasanya digunakan untuk memberi umpan atau bola kepada rekan setim dengan lemparan dari atas.

Cara melakukan gerakannya:

a). Berdiri dengan dua kaki berjarak selebar bahu, lutut direndahkan, dan topang badan dengan ujung depan kaki.

b). Posisikan lengan di depan kepala dengan telapak terbuka ke arah depan dan jari-jari renggang seperti mangkuk.

c). Ketika bola datang, dorong lengan bersamaan dengan menaikkan lutut dan pinggul serta sedikit tumit untuk menambah daya dorong.

d). Pukul bola dengan jari-jari tangan.

e). Arahkan bola ke teman satu tim yang dituju.

2. Teknik Passing dalam Bola Basket

Mengutip buku Teknik Pembelajaran Keterampilan Dasar Bola Basket, ada tiga teknik passing yang dikenal dalam olahraga basket. Yaitu: chest pass, bounce pass, dan overhead pass.

a). Chest Pass

Teknik passing ini dilakukan dengan memposisikan bola di depan dada, kemudian melemparkannya ke depan dengan kedua tangan secara lurus. Teknik passing ini terbilang paling sederhana dan tingkat akurasi atau ketepatannya mencapai sasaran sangat tinggi dibandingkan gerakan passing lain. Kelemahannya, gerakan ini cukup mudah dibaca lawan.

b). Bounce Pass

Teknik passing ini dilakukan dengan memantulkan bola ke bawah dan mengarah ke teman satu tim. Teknik ini biasanya digunakan untuk menghindari lawan yang menghalangi dua anggota tim sehingga sulit melancarkan chest pass. Teknik ini memiliki kelebihan bisa mengecoh lawan selama pantulannya tepat sasaran. Kelemahannya, jarak lemparan tidak bisa terlalu jauh.

c). Overhead Pass

Teknik passing ini dilakukan dengan melemparkan bola basket dari atas kepala. Gerakan ini biasanya dilakukan jika pemain yang memegang bola dihadang ketat oleh lawan. Agar tidak direbut oleh lawan, bola dilemparkan di atas kepala supaya bisa diambil oleh rekan satu tim yang berada di luar pengawalan tim lawan.

3. Teknik Passing dalam Permainan Sepakbola

Sebagaimana dijelaskan dalam Buku Ajar Sepak Bola Dasar oleh Arief Nur Wahyudi, dikenal 5 teknik dasar passing dalam olahraga sepakbola.

A. Passing dengan Kaki Bagian Dalam

Passing ini dikenal juga dengan istilah passing jarak pendek.

Cara melakukannya:

a). Posisikan badan lurus menghadap ke arah datangnya bola.

b). Satu kaki menahan keseimbangan dan satu kaki bersiap menendang bola.

c). Posisikan kaki yang menendang bola berputar menyamping hingga 90 derajat.

d). Tendang bola dengan bagian dalam kaki.

B. Passing dengan Kaki Bagian Samping

Teknik ini hampir serupa dengan passing dengan kaki bagian dalam, hanya saja dilakukan dengan sisi luar kaki. Pemain menendang bola dengan bagian luar telapak kaki.

C. Passing dengan Punggung Kaki

Teknik passing ini dikenal juga dengan gerakan passing jarak jauh. Posisi awal tubuh hampir sama dengan gerakan passing jarak dekat, hanya saja pemain menendang bola dengan punggung kaki. Jarak tendangan juga bisa lebih jauh.

Cara melakukannya:

a). Posisi tubuh lurus menghadap ke arah bola.

b). Satu kaki menumpu badan dan satunya bersiap menendang bola.

c). Ayunkan satu kaki yang menendang ke belakang, kemudian tendang ke depan.

d). Tendang bola dengan punggung kaki.

D. Passing Short Chip

Passing ini berbeda dengan 3 teknik di atas karena tujuan utamanya mengelabui lawan sebelum mengoperkan bola ke rekan satu tim.

Cara melakukannya:

a). Lari mendekati bola, kemudian berhenti dengan salah satu kaki menopang tubuh dan satu kaki bersiap menendang.

b). Tarik kaki yang akan menendang ke arah belakang.

c). Selipkan kaki penendang di bawah bola hingga bola terangkat dan berputar.

E. Passing Long Chip

Teknik ini hampir sama dengan passing short chip, hanya saja dengan menyasar jarak tendangan yang lebih jauh. Passing long chip biasanya dilakukan saat tendangan sudut atau saat crossing. Adapun cara melakukannya dengan menyelipkan kaki ke bawah bola saat menendang sehingga bola terangkat dan terlempar.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network