Masih Ingat Pablo Aimar? Ini Kabarnya Sekarang

"Pablo Aimar adalah idola Lionel Messi. Kini, dia punya tugas mulia di Argentina."

Analisis | 17 August 2022, 20:09
Masih Ingat Pablo Aimar? Ini Kabarnya Sekarang

Libero.id - Sepakbola Argentina pernah melahirkan Pablo Aimar. Pemain lincah itu bermain di bebarapa klub Eropa dan tim nasional. Meski tidak sesukses Diego Maradona, Lionel Messi pernah menyebut Pablo Aimar memberi banyak pengaruh dalam kariernya. Lalu, apa kabarnya sekarang?

Argentina adalah negara pelopor sepakbola, tempat lahirnya pemain-pemain kreatif yang ekspresif, dan dengan ciri yang khas, yaitu No.10. Diego Maradona, Pablo Aimar, Carlos Tevez, Ezequiel Lavezzi, Lionel Messi, hingga Alexis Messidoro adalah contohnya.

Salah satu No.10 yang paling banyak menyita perhatian publik sebelum era Lionel Messi adalah Pablo Aimar.

Pablo Cesar Aimar lahir pada 3 November 1979 di Rio Cuarto. Itu sebuah kota di Provinsi Cordoba, tempat banyak pemain berbakat lahir. Dia mulai bermain sepakbola di divisi bawah dengan Estudiantes de Rio Cuarto. Lalu, bakatnya menarik perhatian klub elite Buenos Aires, River Plate.

Di usia yang masih sangat kecil, Pablo Aimar harus meninggalkan kampung halamannya di kota kecil untuk tinggal di kota metropolitan. "Saya belum ingin bersaing di level itu. Tapi, tidak ada pilihan untuk karier saya," kata Pablo Aimar beberapa tahun kemudian, dilansir Marca.

Pablo Aimar memulai debut di tim utama River Plate pada 11 Agustus 1996 pada laga pembuka musim melawan Colon de Santa Fe. Mereka menyerah 0-1.

Selama karier, Pablo Aimar bermain untuk klub besar seperti River Plate, Valencia, Real Zaragoza, hingga Benfica di Portugal. Dia juga memenangkan beberapa gelar, menjadi juara lokal tiga kali dengan Los Millionairos, memenangkan dua La Liga dengan Valencia dan satu Primeira Liga dengan Benfica.

Bersama tim nasional, Pablo Aimar memainkan dua Piala Dunia, di Korea-Jepang (2002) dan Jerman (2006). Dia memainkan total enam pertandingan dan gagal mengonversi gol. Di ajang yang digelar di Asia itu, dia pulang kampung di babak pertama dan di edisi lainnya, dia bertahan hingga perempat final.

Pablo Aimar pensiun pada 2018 dengan jersey Estudiantes de Rio Cuarto setelah sempat bermain di Malaysia bersama Johor Darul Ta'zim (JDT). Kemudian, dia mendedikasikan hidupnya untuk melatih anak-anak muda di negaranya agar bisa bermain sepakbola yang benar.

Pablo Aimar kemudian dipercaya menjadi pelatih Argentina U-17 pada 2017 hingga sekarang. Prestasinya membawa negaranya menjuarai Copa America U-17 2019.

Berkat kesuksesan itu, Pablo Aimar mendapatkan tugas baru untuk Piala Dunia 2022. Sambil melatih Argentina U-17, dirinya dimaksukkan dalam tim kepelatihan Argentina asuhan Lionel Scaloni. Dia menjadi asisten bersama beberapa nama top lainnya seperti Walter Samuel dan Roberto Ayala.

Sebagai pemain di posisi No.10 saat aktif bermain, peran Pablo Aimar diharapkan Lionel Scaloni untuk membimbing Lionel Messi memenangkan piala keduanya bersana La Albiceleste setelah Copa America 2021

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan


Daun Media Network