Kisah Andriy Shevchenko Jadi Pahlawan 45 Menit Chelsea

"Berikut komentar Jose Mourinho"

Analisis | 16 August 2022, 23:02
Kisah Andriy Shevchenko Jadi Pahlawan 45 Menit Chelsea

Libero.id - Andriy Shevchenko tiba di Chelsea dengan reputasi besar. Dia menjalaninya tepat setelah final Community Shield 2006.

“Andriy selalu menjadi pilihan pertama saya untuk Chelsea sejak saya tiba,” kata Jose Mourinho.

'Andriy' yang dimaksud adalah striker Ukraina, Andriy Shevchenko, yang ditandatangani Chelsea pada musim panas 2006 dengan biaya rekor sebesar 30 juta pounds (Rp 533 miliar).

Shevchenko berusia 29 tahun saat itu, tetapi pemilik Chelsea, Roman Abramovich, telah mengejarnya sejak membeli klub pada 2003.

Setiap musim panas AC Milan akan mengeluarkan peringatan, memaksa Chelsea memilih pemain alternatif seperti Hernan Crespo dan Adrian Mutu, dan meminta Shevchenko untuk dilepas. Jadi, ketika orang Ukraina akhirnya tiba, rasanya sangat penting.

Meski mendekati usia senja, Shevchenko masih mencatatkan angka bagus di Milan. Dia bahkan menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Liga Champions.

“Sebelumnya itu tidak mungkin,” jelas Mourinho. “Sekarang ini nyata. Baginya, meninggalkan Milan ke Chelsea adalah pernyataan besar tentang di mana Chelsea berada.”

Sayangnya untuk Mourinho, kata-katanya terbukti akurat dengan cara yang mungkin tidak dia maksudkan.
Sampai saat ini, Chelsea tampaknya lebih memilih sejumlah besar pemain dengan harga menengah daripada pemain berlebel Galacticos dengan harga premium.

Mereka jelas mengungguli rival mereka di Liga Premier. The Blues mengeluarkan 121 juta pounds (Rp 2,1 triliun) pada musim 2003/2004, tetapi mereka hanya memecahkan rekor 20 juta pounds (Rp 355 miliar) pada beberapa pemain seperti Didier Drogba, Shaun Wright-Phillips, dan Michael Essien.

Kedatangan Shevchenko mengubah itu. Ini adalah pertama kalinya Chelsea memecahkan rekor transfer Inggris sejak 1947, ketika mereka membeli striker Tommy Lawton seharga 20.000 pounds (Rp 355 juta).

Seperti banyak pemain superstar di era Liga Premier, Shevchenko melakukan debutnya di Community Shield yang acara unik berlangsung seminggu sebelum Liga Premier dimulai.

Pada 13 Agustus 2006, Liverpool memberikan debut mereka pada beberapa pemain baru seperti Jermaine Pennant, Craig Bellamy, dan Fabio Aurelio. Sementara Chelsea menempatkan Shevchenko langsung ke starting XI.

Tapi, masalah terlihat segera setelah starting line-up kedua tim dirilis. Sejak kedatangan Shevchenko, Mourinho berusaha meyakinkan penggemar Chelsea tentang masa depan Didier Drogba, yang perannya sebagai striker utama tim terancam.

Laporan menunjukkan bahwa pemain Pantai Gading itu tidak senang dengan prospek menjadi pemain pengganti dan ingin pindah ke klub lain. Jadi, Mourinho memainkan peran pembawa damai.

Untuk Community Shield, kedua striker turun ke lapangan dalam formasi 4-3-3, di mana Arjen Robben sebagai penyerang lainnya.

Sebuah interpretasi yang murah hati akan menyebutnya sebagai 'fluid front three'. Sebenarnya, Mourinho berasumsi bahwa Shevchenko dan Drogba akan bergantian menempati peran sentral, bergerak melebar saat dibutuhkan, atau mungkin ketika yang lain kurang konsisten.

Sementara itu, Liverpool memiliki titik fokus yang lebih jelas dalam diri Peter Crouch, dan Merseysiders sempat memimpin dalam 10 menit.

Saat Chelsea mengejar permainan, menjadi jelas bahwa Shevchenko harus mengorbankan lebih dari dirinya sendiri daripada Drogba.

Salomon Kalou masuk untuk bermain melebar, dan Shevchenko berakhir dengan peran lini tengah menyerang.

Dia tidak terlihat buruk, tetapi apakah ini tanda peringatan tentang apa yang akan terjadi? Apakah Shevchenko hanyalah seorang pria utilitas pemecah rekor?

Pada menit ke-43, jawabannya sepertinya tidak. Frank Lampard menerima bola di lingkaran tengah dan melepaskan umpan panjang melewati pertahanan Liverpool yang disambut dengan lari cerdas Shevchenko ke dalam kotak penalti.

Pemain Ukraina itu mengumpan bola tepat di luar kotak penalti, menyesuaikan kakinya, lalu memasukkan bola melewati Pepe Reina.

Ini bukan hanya gol debut, itu adalah keindahan yang mutlak. “Pengembalian instan pada pemain seharga 30 juta!” kata Andy Gray di kotak komentar Sky Sports.

Ini tetap menjadi salah satu gol Community Shield terbaik di era modern. Namun, dalam retrospeksi, apa yang terjadi setelah gol itu mungkin lebih jitu daripada gol itu sendiri.

Tidak ada yang tampak lebih bahagia daripada Abramovich. Pengusaha asal Rusia tampak sangat gembira, sikap yang tidak Anda kaitkan dengan oligarki, dan tentu saja tidak di Community Shield.

"Saya tidak ingin menggunakan 'persahabatan' karena itu adalah kata yang kuat," kata Shevchenko tentang hubungannya dengan Abramovich.

Namun, sidik jari pemiliknya ada di seluruh saga transfernya. Sebelumnya, preferensi pribadi Abramovich terbatas pada kesepakatan kecil, seperti penandatanganan gelandang Rusia, Alexey Smertin, senilai 3,5 juta pounds (Rp 62 miliar).

Kembali ke pertandingan, babak kedua tidak mengandung sihir lebih lanjut dari Shevchenko.

Pada menit ke-55, dia memiliki peluang sundulan melengkung yang diselamatkan oleh Reina, dan sejak saat itu peluangnya sedikit dan jarang, bahkan ketika pemain di sekitarnya diganti untuk menghidupkan suasana.

Sekitar 10 menit sebelum akhir, sesuatu yang lebih tidak menyenangkan terjadi. Shevchenko tampaknya mendapatkan pelanggaran dari full-back, Steve Finnan, dan dia hanya mengiris tipis, memicu ejekan dari para pendukung Liverpool. Dan, ejekan itu tidak pernah benar-benar berhenti.

Mengingat Drogba yang sudah mendekati puncak permainannya, Shevchenko kehilangan tempat awalnya pada pertengahan Desember dan hanya mencetak empat gol Liga Premier sepanjang musim.

Dia memang bisa mengangkat Piala Liga, tetapi ketika Chelsea mengalahkan Manchester United di final Piala FA pertama di Wembley, dia absen karena hernia.

Dia bermain lebih sedikit selama musim 2007/2008 dan dipinjamkan kembali ke Milan setahun kemudian, dan penampilan pengganti empat menit di Sunderland pada 18 Agustus 2009 terbukti menjadi penampilan terakhirnya di Chelsea.

Baru pada 2013, dia memulai mantra keduanya di Stamford Bridge, Mourinho membantah komentar sebelumnya, mengakui bahwa target pilihan pertama sebenarnya adalah Samuel Eto'o yang lebih muda dan lebih dinamis.

Kesepakatan tidak mungkin tercapai, jadi Abramovich telah memenuhi keinginannya yang sudah lama bertahan untuk mengontrak Shevchenko sebagai gantinya.

Selama tiga perempat jam, Shevchenko menjadi segalanya sesuai keinginan Abramovich. Tapi, di luar dunia fantasi Community Shield, dia adalah pilihan kedua yang gagal.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network