Pengertian Menangkap dan Melempar dalam Permainan Bola Basket

"Jika anda ingin bermain bola basket, ini yang harus diperhatikan."

Analisis | 16 August 2022, 02:38
Pengertian Menangkap dan Melempar dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Saat memainkan bola basket, ada dua teknik yang sering digunakan dalam permainan. Itu adalah teknik menangkap dan melempar. Pertanyaannya, apa pengertian menangkap dan melempar dalam permainan bola basket?

Menurt pendapat Sumantri (2005: 89) menangkap adalah berupa gerakan tangan untuk menghentikan suatu benda yang menggulir di lantai dan benda yang ada di dekatnya. Secara khusus dalam permainan bola basket, menangkap dapat diartikan sebagai gerakan untuk menghentikan bola menggunakan kedua tangan.

Bagaimana caranya? Posisi badan berdiri, kaki dibuka, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap oleh tangan yang memakai glove yaitu tangan kiri sedangkan tangan kanan meng-cover bola sehingga bola tidak terjatuh atau tidak terlepas dan siap melempar bola.

Berikut ini cara menangkap bola pada permainan bola basket secara lebih spesifik:

1. Bola diterima dengan telapak tangan terbuka lebar dan jari-jari tangan terentang serta pergelangan tangan yang rileks.

2. Ketika bola telah berada di telapak tangan, rentangkan tangan selebar mungkin dan kemudian bola ditarik ke arah badan.

Sementara teknik melempar sendiri dalam permainan bola basket memiliki pengertian sebagai berikut:

1. Secara umum pengertian teknik melempar dalam permainan bola basket, yaitu sebuah gerakan melempar bola dengan menggunakan satu atau dua tangan.

Biasanya, gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku atau lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.

2. Chest Pass adalah salah satu teknik melempar dalam permainan bola basket. Chest Pass adalah sebuah teknik melempar bola kepada rekan tim searah dada. Sementara melempar bola dengan kedua tangan dari atas kepala disebut Over head pass.

3. Dalam melempar bola, dikenal juga istilah Bounce Pass, yaitu jenis passing yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai yang bertujuan untuk mengumpan bola agar terhindar dari hadangan lawan.

Cara Melempar Bola Softball Tinggi

Arahkan pandangan ke sasaran lempar. Tangan kanan memegang bola dan tangan kiri mendukungnya. Gerak melempar bersamaan dengan langkah kaki kiri ke depan, lentingkan badan ke belakang tangan, lalu lemparan diluruskan ke belakang bawah lurus dan bola diarahkan ke sasaran.

Dalam permainan bola basket mini terdapat lima cara melempar bola, beberapa diantaranya sebagai berikut: Chest pass, yaitu melempar bola dengan kedua tangan di depan dada atau melempar bola searah dada.

Berikut Penjelasan Cara Melakukannya

Posisi badan berdiri, kaki dibuka, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap oleh tangan yang memakai glove yaitu tangan kiri sedangkan tangan kanan meng-cover bola sehingga bola tidak terjatuh atau tidak terlepas dan siap melempar bola.

Pegang bola dengan salah satu tangan. Tangan yang tidak membawa bola harus sejajar dengan bahu. Bola dilempar dengan mengayunkan tangan sekuat mungkin ke arah depan. Pada saat yang bersamaan langkahkan kaki kanan ke depan.

Ketika bola datang posisi glove ada di depan atas kepala, pandangan tetap pada bola. Pastikan bola diterima pada sarung glove. Setelah bola masuk atau tertangkap, tariklah lengan dan glove ke arah badan untuk meredam bola, kemudian tutuplah dengan tangan yang lain agar bola tidak terlepas.

Selamat mencoba! 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network