Kenalkan Marin Ljubicic, Pemecah Rekor Erling Haaland di Liga Austria

"Tak lama lagi dapat bersinar di liga top Eropa."

Biografi | 10 August 2022, 22:05
Kenalkan Marin Ljubicic, Pemecah Rekor Erling Haaland di Liga Austria

Libero.id - Sebelum terkenal sebagai salah satu striker muda terbaik di dunia, penyerang Manchester City, Erling Haaland, pertama kali muncul menjadi berita utama setelah mencetak enam gol dalam empat pertandingan pertamanya di Bundesliga Austria pada awal musim 2019/2020.

Namun, ternyata rekor mantan pemain Dortmund itu tidak bertahan begitu lama. Anak muda berusia 20 tahun bernama Marin Ljubicic kini telah memecahkan rekor Haaland setelah mencetak enam gol dari tiga pertandingan baru-baru ini.

Ljubicic adalah salah satu pemain timnas Kroasia U-21. Pria kelahiran Split, 28 Februari 2002 itu telah mencetak enam gol dalam tiga pertandingan liga pertama bersama LASK. Rekor yang hanya pernah dicapai oleh Tibor Nylasi (Austria Wina/1983) dan Oliver Bierhoff (Austria Salzburg/1990).

Jumlah gol Ljubicic bahkan naik menjadi sembilan jika hattrick yang dia cetak di Piala Liga melawan Schaz dihitung. 
Ljubicic mencetak hat-trick hanya dalam waktu 60 menit saat melawan Wolfsberger telah menempatkannya dalam sorotan. Pada laga ini, dia membuka skor setelah hanya bermain 28 detik.

"Saya belum pernah mencetak empat gol dalam satu pertandingan sebelumnya. Meskipun benar bahwa saya sudah lama tidak menjadi profesional," kata Ljubicic setelah LASK menang 5-1 atas Wolfsberger. 

Klub barunya itu kini sedang membicarakan tentang transfer pada masa depan. Ljubicic tiba dengan status pinjaman dari Hajduk Split, tetapi LASK punya opsi pembelian hanya 2,4 juta euro (Rp 41 miliar). 

"Beberapa klub Austria dan asing memiliki dia dalam agenda mereka ... tapi kami berhasil meyakinkan dia untuk datang," pungkas Direktur Olahraga LASK, Radovan Vujanovic. 

Mencetak Gol Pada Debut Liganya Bersama Hajduk

Selama di Hajduk, Ljubicic punya waktu untuk tampil menunjukkan kemampuannya. Dia berhasil mencetak sembilan gol dalam 44 pertandingan.

Di Liga Kroasia, dia melakukan debutnya di bawah asuhan Paolo Tramezzani, sekarang di Sion. Ljubicic, yang waktu itu masih berusia 19 tahun 20 hari, masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol kemenangan dalam derby melawan Sibenik.

"Ini perasaan yang luar biasa. Saya telah memimpikan sepanjang hidup saya untuk melakukan debut untuk Hajduk," kata Ljubicic mengatakan setelah pertandingan.

Mantan pemain Sevilla, Ivica Mornar, juga senang dengan debut Ljubicic. Dia menyatakan Ljubicic siap untuk melakukan peran yang lebih besar. 

"Dia mencetak gol yang hebat. Dia cepat dan bagus dalam menguasai bola. Jika Anda memiliki pemain seperti itu, Anda harus memberinya kesempatan. Dia bisa dan harus bermain di tim utama. Dia siap," kata Mornar.

Pelatih LASK, Dietmar Kuhbauer, dengan cepat memuji akuisisi terbarunya. Dirinya senang pemain tersebut telah berhasil dan berusaha untuk terus meningkatkan permainannya.

"Dia mencetak enam gol liga dan saya tidak keberatan jika dia tetap seperti itu," kata Kuhbauer. "Setelah setiap sesi latihan, dia bertanya kepada saya di mana dia bisa berkembang. Dia memiliki kecenderungan yang bagus." 

Ljubicic tumbuh menjadi pemain dengan ambisius tinggi. Dia berharap untuk mencapai 20 gol di liga, finis di posisi tiga besar sambil juga memenangkan trofi. Pemain Kroasia ini menyadari potensinya untuk berkembang. 

"Saya dapat meningkatkan dalam setiap aspek - heading saya, gerak kaki saya, kekuatan lari saya. Jika saya bisa melakukan itu, gol akan datang," ujar Ljubicic. 

Rekor barunya itu membuat penyerang berusia 20 tahun itu banjir pujian. "Dia seorang striker area. Dia memiliki naluri untuk mencetak gol, dan dia bergaul dengan baik. Dia bagus dalam segala hal," saran mantan pemain timnas Austria, Marc Janko.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Biografi

Artikel Pilihan


Daun Media Network