Kembali ke Format Home-Away, Ini Jadwal Drawing Piala AFF 2022

"Bagaimana netizen, masih mau keluar dari AFF apa tidak?"

Analisis | 10 August 2022, 15:57
Kembali ke Format Home-Away, Ini Jadwal Drawing Piala AFF 2022

Libero.id - Seiring normalnya kehidupan sepakbola selepas pandemi Covid-19, Piala AFF 2022 dipastikan kembali bergulir dengan format home-away. Bahkan, Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) sudah memastikan tempat dan tanggal undian.

Akibat pandemi Covid-19 yang melanda pada 2020, Piala AFF 2020 harus mundur menjadi 2021. Formatnya juga berubah menjadi home tournament dengan Singapura menjadi penyelenggara. Hasilnya, Thailand kembali juara setelah mengalahkan Indonesia di final.

Untuk Piala AFF 2022, AFF memastikan penyelenggaraan turnamen regional berjalan normal. Melalui laman resminya, AFF menyebut Piala AFF 2022 akan diikuti 10 tim peserta, atau sama dengan edisi sebelumnya. Para peserta juga akan dibagi dalam dua grup, yang masing-masing diisi 5 tim.

Di fase grup, tiap tim akan bermain empat kali dengan masing-masing dua kali home dan dua kali away. Kemudian, dua tim teratas tiap grup akan melaju ke semifinal. Babak empat besar serta final akan menggunakan format dua leg.

Berhubung AFF memiliki 11 anggota, maka dua tim dengan peringkat paling bawah akan menggelar play-off untuk menggenapi menjadi 10 kontestan. Dan, itu adalah Brunei Darussalam dengan Timor Leste.

Selanjutnya, drawing akan digelar di Bangkok disaksikan pentinggi AFF, sponsor, dan perwakilan peserta. Nantinya, terdapat sembilan negara anggota AFF yang akan disertakan. Mereka adalah Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Satu lagi adalah pemenang play-off.

"Pengumuman tanggal drawing ini adalah langkah maju untuk Piala AFF 2022. Kami percaya pendukung dan para peserta sangat gembira. Drawing nanti akan mengawali event sepakbola terbesar di regional ini, yang bakal digelar pada akhir tahun," kata Presiden AFF, Khiev Sameth, di situs resmi AFF.

Bagi Piala AFF 2022, forma home-away bukan barang baru. Sistem ini diterapkan pada edisi sebelum pandemi Covid-19. Format lain yang pernah digunakan adalah fase grup digelar di dua negara dengan fase knock-out diselenggarakan home-away.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan




Daun Media Network