Distribusi Bola Kiper Afrika Selatan ini Lebih Baik dari Alisson dan Ederson

"Apakah pendapat itu berlebihan? Buktikan sendiri di video ini.."

Analisis | 08 August 2022, 03:59
Distribusi Bola Kiper Afrika Selatan ini Lebih Baik dari Alisson dan Ederson

Libero.id - Kiper Liverpool, Alisson Becker, dan penjaga gawang  Manchester City, Ederson Moraes, dikenal sebagai dua yang terbaik di dunia saat ini. Benarkah pendapat itu? Beberapa orang menyebut, palang pintu Afrika Selatan, Itumeleng Khune, jauh lebih bagus dari dua kiper Brasil tersebut, khususnya dalam hal distribusi bola.

Sepanjang bermain di Liga Premier, Alisson Becker dan Ederson Moraes sangat sering memperlihatkan teknik mendistribusikan bola yang akurat. Dari kotak penalti, mereka melambungkan bola tepat mengenai pemain yang dituju.

Apa yang dilakukan Alisson Becker dan Ederson Moraes mirip dengan kebiasaan Manuel Neuer di Bundesliga. Kiper Bayern Muenchen dan Jerman itu dikenal memiliki kemampuan teknis luar biasa. Itu membuat dirinya bisa bermain di luar area kotak penalti jika mau.

Tapi, keahlian seperti itu bukan monopoli Alisson Becker, Ederson Moraes, atau Manuel Neuer. Kiper Arsenal, Aaron Ramsdale, juga menunjukkan keahlian yang sama sepanjang musim 2021/2022. Dia adalah salah satu kiper di Liga Premier dengan kemampuan distribusi bola yang sangat bagus.

Masih ada lagi? Tentu saja. Jauh di Afrika Selatan, penjaga gawang Bafana Bafana sekaligus Kaizer Chiefs, Itumeleng Khune, punya kemampuan mendistribusikan bola yang jauh lebih baik dari kiper-kiper top Eropa.

Jika anda tidak percaya, lihat saja rekaman viral yang baru saja dibagikan penggemar sepakbola secara online. Video yang kembali viral itu berasal dari aksi 2021. Di situ Itumeleng Khune menunjukkan kelas sebagai penjaga gawang yang jago mengirim umpan lambung tepat sasaran.

Menghasilkan sangat banyak operan yang keterlaluan dalam satu pertandingan adalah bukti kehebatan Itumeleng Khune. Bahkan, jika anda perhatian umpannya pada 0:35 detik, terlihat bola akan langsung ke ujung kaki rekan setimnya. Itu sangat mengejutkan karena tidak pernah bisa dihasilkan Alisson Becker atau Ederson Moraes.

Banyak fans sepak bola yang memuji Itumeleng Khune, meski kemungkinan besar tidak akan bisa bermain di Eropa. Sebab, di usia 35 tahun, sangat sulit bagi Itumeleng Khune menemukan klub Eropa yang berminat.

Selain itu, Itumeleng Khune telah menghabiskan seluruh karier profesionalnya di Afrika Selatan. Lebih hebat lagi, bersama Kaizer Chiefs. Dia melakukan debut untuk klub pada 2004 dan telah membuat 327 penampilan. Dia juga telah bermain 91 kali untuk negaranya. Tampaknya, Itumeleng Khune akan pensiun sebagai pemain Kaizer Chiefs.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network