Seperti Pria, Sepakbola Wanita Juga Bakal Gelar Finalissima

"Ini dia tujuan utama digelar laga tersebut."

Analisis | 03 August 2022, 04:31
Seperti Pria, Sepakbola Wanita Juga Bakal Gelar Finalissima

Libero.id - Badan Pengelola Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengumumkan pada awal Juni bahwa mereka akan menggelar Finalissima untuk sepakbola wanita.

Sama seperti sepakbola pria, Finalissima adalah pertandingan kejuaraan yang akan mempertemukan Juara Euro dan Juara Copa America di tahun yang sama.

Pada sepakbola pria, Finalissima telah digelar sebanyak tiga kali, yaitu pada 1985, 1984, dan yang terbaru sekitar 2 bulan lalu, tepatnya di Stadion Wembley pada Kamis (2/6/2022). Duel itu mempertemukan juara Euro 2020, Italia vs Argentina sang juara Copa America 2021. Argentina akhirnya berhasil menaklukkan Italia dengan skor 3-0 untuk menjuarai ajang finalissima pertama kalinya.

Sementara di sepakbola wanita, finalissima akan digelar untuk pertama kalinya pada tahun ini. Ajang ini juga bentuk jalinan kerjasama lebih dekat antara UEFA dan CONMEBOL dengan mempertemukan kedua tim yang telah menjuarai kompetisi kontinental mereka.

Ajang bergengsi itu akan mempertemukan juara Euro Wanita 2022 vs sang Juara Copa America 2022. Finalissima pertama pada sepakbola wanita ini nantinya akan mempertemukan timnas Inggris vs timnas Brasil, di mana Inggris sebagai juara Euro Wanita 2022 akan menghadapi juara Copa America Femenina Brasil di Finalissima Wanita.

The Lionesses memenangkan final Euro Wanita yang digelar pada Minggu (31/7/2022) dengan skor tipis 2-1 setelah perpanjangan waktu, dengan Chloe Kelly meraih kemenangan dramatis dalam periode tambahan setelah skor imbang setelah 90 menit.

Sementara itu, Brasil memenangkan Copa America Femenina untuk kedelapan kalinya akhir pekan ini berkat penalti Debinha di babak pertama, yang memberi mereka kemenangan 1-0 atas Chile.

Untuk pertama kalinya juara wanita Eropa dan Amerika Selatan sekarang akan bertemu dalam salah satu paling bergengsi sepakbola internasional itu. Pertandingan akan dimainkan di Eropa, tetapi UEFA dan CONMEBOL belum mengumumkan tanggal pasti dan stadion yang akan digunakan.

Apa itu Finalissima?

Finalissima adalah laga yang mempertemukan tim dari juara Eropa dengan tim yang menjuarai Copa America.
Ajang ini sebagai upaya untuk menjalin kerjasama lebih dekat antara UEFA dan CONMEBOL. Format diubah pada 2022 dengan Italia menghadapi Argentina di Wembley dalam edisi sepakbola pria pertama sejak rebranding.

Argentina muncul sebagai pemenang dihadapan ribuan para penonton. Juara Copa Amerika 2021 itu meraih kemenangan telak 3-0 berkat gol yang masing-masing dicetak Lautaro Martinez, Angel di Maria, dan Paulo Dybala.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network