Profil Uwe Seeler, Legenda Jerman Meninggal di Usia 85 Tahun

"Dia adalah pemain terbaik Jerman di era sebelum Gerd Mueller. Rest in Pride!"

Biografi | 22 July 2022, 19:00
Profil Uwe Seeler, Legenda Jerman Meninggal di Usia 85 Tahun

Libero.id - Sepakbola kembali berduka, kehilangan salah satu Legenda yang pernah menghiasi permainan indah ini. Dia adalah Uwe Seeler, yang menghembuskan napas terakhir dalam usia 85 tahun, Kamis (21/7/2022). Dirinya merupakan kapten Der Panzer di final Piala Dunia 1966, yang kontroversial.

Uwe Seeler menikmati 21 tahun karier yang luar biasa. Seperti Paolo Maldini dan Francesco Totti, dia tetap setia pada satu klub, yaitu Hamburg SV. Dia bermain di sana pada 1952-1973.

Semasa aktif di lapangan hijau, Uwe Seeler adalah penyerang tajam. Sepanjang karier, dia mencetak 445 gol dalam 519 pertandingan semua ajang untuk Hamburg SV. Uwe Seeler juga sangat produktif di pertandingan internasional dengan tim nasional Jerman Barat.

Catatan yang tak terbantahkan menunjukkan Uwe Seeler berhasil mencetak 43 gol dalam 72 pertandingan untuk Jerman Barat. Dirinya juga tampil di empat Piala Dunia, termasuk sebagai kapten dalam kekalahan kontroversial 2-4 dari Inggris di Wembley pada 1966.

Uwe Seeler secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbesar Jerman dan tetap menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Hamburg SV di Bundesliga hingga hari ini. Totalnya, 137 gol.

Karena itu, kepergian Uwe Seeler ditangisi suporter Jerman dan Hamburg SV. Dia pergi meninggalkan seorang istri, Ilka, tiga anak perempuan, dan beberapa cucu. Bahkan, salah satu cucunya, Levin Oztunali, saat ini bermain untuk Union Berlin sebagai gelandang.

Penghormatan besar mengalir untuk Uwe Seeler. Anggota dewan Hamburg SV, Jonas Boldt, merilis pernyataan yang memberi penghormatan kepada Uwe Seeler atas nama klub.

"Kami tidak akan pernah melupakannya dan akan selalu menghargainya. Uwe Seeler mewakili segala sesuatu yang mencirikan orang baik. Dia Rendah hati, setia, bermain dengan kegembiraan. Dia selalu mudah didekati. Dia adalah lambang HSV," tulis Jons Boldt dalam rilis resminya.

Pernyataan yang tidak berbeda jauh juga disampaikan Bayern Muenchen. CEO FC Hollywood, Oliver Kahn, menggambarkan kematian Uwe Seeler sebagai "kehilangan yang menyakitkan bagi seluruh keluarga sepakbola". Mantan penjaga gawang itu menyebut Uwe Seeler adalah contoh bagi anak-anak muda Jerman masa kini.

"Ketika anda memikirkan sepakbola Jerman dan pemain terhebat, anda memikirkan Uwe Seeler," tulis Oliver Kahn dalam pernyataan resminya atas nama klub.

Tim nasional Wanita Jerman yang sedang mengikuti Euro Wanita 2022 juga memberi penghormatan kepada Uwe Seeler. Semua pemain mengenakan ban hitam di lengan ketika pertandingan melawan Austria di perempat final. Hasilnya, mereka menang 2-0.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Biografi

Artikel Pilihan


Daun Media Network