Peringkat 5 Assist Terbanyak Sejak Debut Christian Eriksen di Liga Premier

"Beruntungnya Manchester City punya pemain brilian soal assist."

Analisis | 20 July 2022, 18:17
Peringkat 5 Assist Terbanyak Sejak Debut Christian Eriksen di Liga Premier

Libero.id - Christian Eriksen menghabiskan enam setengah tahun di Tottenham Hotspur. Gelandang asal Denmark itu kemudian bermain sebentar untuk Brentford sebelum bergabung dengan Manchester United dengan status bebas transfer jelang bergulirnya musim 2022/2023.

Kami telah melihat lima pemain dengan assist terbanyak di Liga Premier sejak Eriksen melakukan debutnya di Liga Inggris pada Agustus 2013.

#5. Raheem Sterling – 54 Assist

Musim 2013/2014 terbukti menjadi tahun terobosan besar bagi Sterling, dan dia mencatatkan lima assist di Liga Premier saat Liverpool nyaris kehilangan gelar.

Terlepas dari kenyataan bahwa Luis Suarez kemudian digantikan oleh Mario Balotelli, dia masih berhasil memberikan tujuh assist pada musim 2014/2015 sebelum menyelesaikan kepindahan senilai 49 juta pound (Rp 880 miliar) ke Manchester City.

Pemain internasional Inggris itu hanya mendapat dua assist selama musim debut yang sulit di Man City, tetapi berkembang menjadi salah satu pemain sayap terbaik di dunia setelah kedatangan Pep Guardiola.

Sebanyak 40 assistnya selama enam musim terakhir telah membantu Guardiola memenangkan empat gelar Liga Premier, dan dia sekarang berharap bisa meniru pencapaian itu bersama Chelsea.

#4. Mesut Oezil – 54 Assist

Oezil pindah dari Real Madrid ke Arsenal pada musim panas 2013 dan gelandang asal Jerman itu tiba dengan silsilah yang serius, setelah mencatatkan 47 assist dalam 103 penampilan La Liga untuk Los Blancos.

Mantan pemain internasional Jerman itu membuat assist untuk gol Olivier Giroud pada debutnya di Liga Premier. Dia membuat 19 assist di musim 2015/2016, hanya kurang satu dari rekor Thierry Henry untuk rekor satu musim.

Dia membuat assist ke-50 di Liga Premier pada penampilan ke-141 dan hanya satu pemain yang mencapainya dengan waktu setengah abad lebih cepat dari Oezil.

Tetapi, gelandang itu berjuang untuk meniru pencapaiannya setelah pensiunnya Arsene Wenger pada 2018. Dia hanya mencatatkan empat assist Liga Premer di bawah Unai Emery dan Mikel Arteta sebelum berangkat ke Fenerbahce pada Januari 2021.

#3. David Silva - 63 Assist

Setelah mencatatkan 30 assist dalam tiga musim pertamanya di Manchester City, Silva telah memantapkan dirinya sebagai  pemimpin kreator Liga Premier sebelum kedatangan Eriksen.

Mantan pemain internasional Spanyol itu mempertahankan level performanya yang tinggi dan menunjukkan konsistensi yang luar biasa selama tujuh tahun berikutnya, memberikan 63 assist dalam 206 penampilan Liga Premier di bawah asuhan Manuel Pellegrini dan Pep Guardiola.

Diakui, Silva menjadi rekan satu tim dengan beberapa striker luar biasa selama waktunya di Man City, dan mereka semua suka bermain di depannya.

“Bagi saya, David adalah pemain terbaik dalam sejarah Man City,” kata Alvaro Negredo pada 2019. “Ketika Anda mengambil satu gelandang dengan kualitas ini, visi ini, untuk seorang striker itu lebih mudah. Ketika David mengambil bola, Anda selalu berpikir, 'Umpannya akan datang, itu akan datang kepada saya."

"Mungkin strikernya lebih egois dan selalu 'gol, gol, gol', tapi David menjadi pemain yang bisa membuka ruang saat lawan ditutup, selalu yang punya solusi lebih baik."

#2. Christian Eriksen – 66 Assist

Sementara sebagian besar penandatanganan musim panas 2013 Tottenham berjalan tidak sesuai rencana, kesepakatan untuk membawa Eriksen dari Ajax berjalan sangat benar.

Pemain internasional Denmark itu kemudian membentuk kemitraan yang brilian dengan Harry Kane dan berkembang menjadi salah satu playmaker terbaik di dunia, membantu mengubah Tottenham menjadi penantang gelar Liga Premier.

Bersama dengan Legenda Manchester United, David Beckham, dia menjadi satu-satunya pemain lain yang memberikan 10 assist atau lebih dalam empat musim Liga Premier berturut-turut.

Gelandang itu menyelesaikan kepindahan permanen ke Inter Milan pada Januari 2020, tetapi kembali ke Inggris dua tahun kemudian dan mencatatkan empat assist Liga Premier selama tugas singkatnya di Brentford.

Setelah bergabung dengan Manchester United dengan status bebas transfer, ada harapan bahwa orang-orang seperti Cristiano Ronaldo dan Marcus Rashford dapat membantunya menambah jumlah assistnya.

#1. Kevin de Bruyne – 86 Assist

De Bruyne bahkan memberi yang lain awal yang lebih baik, mencatatkan hanya satu assist Liga Premier untuk Chelsea pada musim 2013/2014 sebelum menghabiskan musim berikutnya di Wolfsburg.

Namun, dia kembali ke Inggris bersama Manchester City pada musim panas 2015. Sejak itu, dia menetapkan standar dalam hal produktivitas.

Selama musim 2019/2020, pemain internasional Belgia itu menjadi pemain tercepat yang mencapai 50 assist di Liga Premier. Dia juga menyamai rekor lama yang dipegang Thierry Henry untuk assist terbanyak dalam satu musim Liga Premier.

De Bruyne sekarang berada di urutan kedelapan dalam daftar assist Liga Premier sepanjang masa dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network