Pembinaan Usia Dini Jadi Kunci, Nova Arianto Beberkan 7 Hal Penting

"Sebuah catatan yang bagus. Simak pendapat Nova, nomor 7 jadi PR besar untuk Timnas Indonesia."

Analisis | 19 July 2022, 00:59
Pembinaan Usia Dini Jadi Kunci, Nova Arianto Beberkan 7 Hal Penting

Libero.id - Sosok Nova Arianto sudah tidak asing lagi bagi pencinta sepakbola tanah air. Eks pemain Timnas Indonesiaera 2000-an yang sudah membela banyak klub-klub elit Indonesia seperti Persebaya Surabaya, Persib Bandung,PSIS Semarang, dan lainnya itu terhitung sejak 2019 mengemban amanah sebagai salah satu asisten pelatih Timnas Indonesia yang dikomandoi oleh Shin Tae-yong.

Pria berusia 43 tahun itu terbilang rajin mengunggah momen-momennya saat membersamai Skuad Garuda di berbagai kelompok umur. Dengan segenap pengetahuan dan pengalamannya itu, pemain yang pensiun di Pelita Bandung Raya tersebut beberapa kali membeberkan pandangan alias pendapatnya seputar sepakbola Indonesia.

Info-info mengenai Timnas Indonesia juga kerapkali menjadi bahan bahasan Nova Arianto. Ia tampak sangat menikmati perannya dalan memajukan sepakbola tanah air. Dan itu tugas yang tak mudah.

Belum lama ini, Nova yang sempat menjadi pelatih Bhayangkara FC U-21 itu menerangkan apa yang ia sebut sebagai catatan dan masukan yang perlu ditingkatkan dalam pembinaan pemain sejak usia dini.

Nova menuliskan setidaknya ada 7 hal penting yang itu harus dibiasakan dalam setiap sesi latihan, sehingga saat laga resmi para pemain bisa menunjukkan performa maksimal.

Yang disampaikan oleh Nova Arianto kalau ditilik lebih jauh adalah hal-hal mendasar dalam sepakbola. Berikut 7 hal itu:

1. Komunikasi

Sepakbola adalah tentang kerjasama dan kerjasama tak akan terbangun tanpa adanya komunikasi. Nova memberi contoh saat pemain hendak melakukan umpan, penting untuk berkomunikasi agar tidak salah pengertian.

" Pemain yang melakukan passing ke pemain lain harus melakukan komunikasi agar disaat free pemain bisa balik badan dan melakukan distribusi bola kedepan." tulisnya.

2. Pergerakan

Yang dimaksud Nova adalah pergerakan tanpa bola dan kemampuan ini harus dilatih dengan serius.

" Pemain tanpa bola harus dibiasakan untuk selalu bergerak untuk mencari ruang untuk bisa menjadi opsi passing pemain yang pegang bola." tulisnya.

Lima hal lainnya adalah;. Kemampuan melihat situasi alias scanning, lalu kualias passing, juga kualitas kontrol, pass move, dan yang tak kalah penting dari semua aspek itu adalah mental.

Mengenai yang terkahir, Nova menyebut kalau mental masih menjadi evaluasi untuk Timnas Indonesiadi setiap kelompok umur.

" Ini yang kami merasa kurang di Timnas  saat ini dari Timnas U-19 sampai di  senior dan untuk memperbaik ini kita harus memulainya dari sepakbola usia dini." tulisnya.

"Ini semua menjadi tugas bersama karena kita semua ingin sepak bola Indonesia bisa terus berkembang dan berprestasi." tutup Nova Arianto.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan




Daun Media Network