AFF Minta Maaf ke Kamboja Terkait Kesalahan Wasit Indonesia

"Lalu, minta maaf ke Indonesia terkait Vietnam-Thailand kapan?"

Analisis | 12 July 2022, 17:16
AFF Minta Maaf ke Kamboja Terkait Kesalahan Wasit Indonesia

Libero.id - Wasit asal Indonesia yang sudah berlisensi FIFA, Aprisman Aranda, tengah menjadi sorotan lantaran keputusan kontroversialnya yang tidak mengesahkan  gol dari Timnas Kamboja U-19 saat melawan Timnas Laos U-19 di Piala AFF U-19 2022 pada Kamis (7/7) lalu.

Setelah melakukan investigasi, pihak Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) pun menyurati Federasi Sepak Bola Kamboja (CFF) untuk menyatakan permintaan maaf atas kesalaha yang dibuat oleh Aranda pada laga tersebut.

Keputusan wasit pada laga yang berakhir dengan kemenangan Timnas Laos U-19 dengan skor 2-1 itu sebelumnya sempat diprotes oleh pihak CFF melalui surat resmi yang dilayangkan sehari setelah laga tepatnya pada Jumat (8/7). Sampai akhirnya, AFF mengakui tindakan wasit yang kerap memimpin BRI Liga 1 itu keliru sekaligus menyampaikan permintaan maaf di hari yang sama.

“Itu sangat mengecewakan ketika gol tidak disahkan untuk tim nasional Kamboja. Kami tahu pasti para pendukung Kamboja kecewa dengan keputusan pada laga itu dan kami sangat mengapresiasi dukungan yang tak kenal lelah dari mereka untuk negaranya,” bunyi keterangan resmi AFF kepada CFF, dilansir dari Khmer Times.

Pihak AFF tidak lupa memberikan apresiasi atas kepedulian CFF untuk bisa meningkatkan kualitas sepakbola di kawasan Asia Tenggara. Menurutnya, protes seperti itu diperlukan demi evaluasi pada turnamen-turnamen berikutnya.


“Kami mengucapkan terima kasih kepada Federasi Sepak Bola Kamboja (CFF) yang telah menyurati kami dan terima kasih atas masukan serta kritiknya. Layangan protes ini tentunya akan membuat kami lebih berupaya untuk meningkatkan kualitas dari kompetisi kita tidak terbatas hanya dalam soal pertandingan saja,” imbuhnya.

Tapi sayangnya AFF belum berlaku adil, apa pasal? Tanyakan saja kabar dugaan match fixing antara Timnas Vietnam U-19 dengan Timnas Thailand U-19 yang membuat Timnas Indonesia U-19 t Tgagal melaju ke babak semifinal, padahal PSSI bukan saja sekedar menyurati tetapi lengkap mengirimkan bukti rekaman dimana dalam laga itu tampak seperti sengaja bermain imbang 1-1.

Semoga kasus yang satu itu cepat menemui titik terang.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network