Evaluasi Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong Temukan Striker Murni

"Tak perlu sedih, Piala AFF U-19 hanya trofi kaleng. Tujuan kita Piala Dunia U-20."

Analisis | 11 July 2022, 11:04
Evaluasi Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong Temukan Striker Murni

Libero.id - Kegagalan tim nasional Indonesia U-19 mencapai semifinal Piala AFF U-19 2022 memang mengecewakan. Tapi, di balik semua itu, Shin Tae-yong tampaknya mulai bisa bernapas lega. Dari empat pertandingan yang dijalani Garuda Muda, pelatih asal Korea Selatan itu akhirnya menemukan striker dalam arti sebenarnya.

Klasemen akhir Grup A resmi ditentukan pada pertandingan terakhir Minggu (10/7/2022) malam. Vietnam, Thailand, Indonesia sama-sama punya 11 poin dari 3 menang dan 2 imbang.

Hanya saja, Vietnam dan Thailand dipastikan lolos ke semifinal setelah bermain imbang 1-1. Meski berbau kejanggalan, hasil tersebut membuat head to head ketiga tim dengan poin sama tidak menguntungkan Garuda muda.

Meski gagal menjuarai Piala AFF U-19 2022, Indonesia tidak perlu larut dalam kesedihan. Pertama, Piala AFF U-19 bukan tujuan akhir. Garuda Muda masih punya banyak agenda ke depan. Ada Piala Asia U-19 2023, yang kualifikasinya digelar September 2022 di Indonesia.

Puncaknya, pasukan Shin Tae-yong akan menghadapi Piala Dunia U-20 2023, yang jauh lebih bergengsi, berkelas, dan merupakan agenda resmi FIFA. Tidak semua negara punya kesempatan ikut maupun menjadi tuan rumah.

Selain faktor itu, Shin Tae-yong kini bisa bernapas lega. Kegelisahannya terhadap striker murni alias penyerang tengah akhirnya terjawab di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Pada turnamen ini, pelatih asal Korea Selatan itu menemukan pemain No.9.

Catatan menunjukkan, Indonesia menghasilkan 17 gol dari lima pertandingan. Riciannya, 0-0 vs Vietnam dan Thailand. Lalu, 7-0 lawan Brunei Darussalam serta 5-1 kontra Filipina dan Myanmar.

Yang membuah Shin Tae-yong senang adalah. Delapan dari 17 gol itu atau hampir 50% dihasilkan penyerang tengah. Hokky Caraka dan  Rabbani Tasnim sama-sama menyumbang 4 gol. Mereka adalah dua penyerang berjenis No.9 layaknya Robert Lewandowksi atau Erlng Haaland. 

Ini menggembirakan karena Shin Tae-yong selalu kesulitan mendapatkan pemain bertipe ini. Dia sudah mencoba berkali-kali di timnas senior, timnas U-23, maupun timnas U-19. Tapi, hasilnya nihil.

Kini, masih ada cukup waktu bagi Shin Tae-yong untuk membuat Hokky Caraka dan  Rabbani Tasnim semakin matang. Masih ada sekitar satu tahun sebelum Piala Dunia U-20 2023 diselenggarakan. Lalu, masih ada dua bulan sebelum Kualifikasi Piala Asia U-19 2023 digelar. 

Karena itu, meski Indonesia tidak menjuarai Piala AFF U-19, keberadaan Hokky Caraka dan  Rabbani Tasnim layak membuat suporter optimistis melihat masa depan skuad Garuda.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
Jimi Najemi (2022-07-13 07:45:00)
Pemain no.9 selevel Messi dan Ronaldo sekalipun tak akan mwmpu menyaingi no.9 kita yang harus berjuang sendiri, merebut bola sendiri, menerobos pertahanan lawan sendiri, menggiring bola sendiri, membentur tubuh lawan sendirian, beari membawa sendirian hingga ke area lawan sendirian. Sampai didepan kiper sudah loyo sendirian. Mestinya ada pemain lain yang lebih kuat menerobos pertahanan lawan sehingga no.9 ma
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan




Daun Media Network