Regulasi Selisih Gol dan Head to Head, Mana Lebih Baik?

"Aturan ini yang membuat Garuda Nusantara gagal melaju ke semifinal."

Analisis | 10 July 2022, 23:11
Regulasi Selisih Gol dan Head to Head, Mana Lebih Baik?

Libero.id - Tim nasional Indonesia U-19 telah berjuang sebaik mungkin di Piala AFF U-19 2022. Walau mencetak total 17 gol dan kebobolan hanya dua gol selama babak penyisihan grup, Garuda Nusantara harus rela tak akan bermain di semifinal.

Kepastian itu diterima Garuda Nusantara berdasarkan regulasi dari AFF, yakni menetapkan head to head sebagai aturan apabila ada tim yang memiliki poin sama hingga pertandingan terakhir di babak penyisihan.

Dan, ironisnya, pengalaman itu dirasakan Ronaldo Kwateh dkk saat berstatus sebagai tuan rumah. Meski memiliki produktivitas gol lebih besar ketimbang Vietnam dan Thailand, tapi nyatanya regulasi head to head yang menentukan Vietnam dan Thailand lolos ke semifinal setelah bermain imbang 1-1. Sementara timnas U-19 bermain imbang tanpa gol dengan keduanya.

Selisih gol atau head to head? Bagaimana setiap kompetisi sepakbola besar memberi peringkat pada poin tim.

Memenangkan gelar dengan memiliki poin terbanyak adalah cara paling mudah menuju kemenangan – tetapi apa yang terjadi ketika tim akhirnya naik level?

Selisih gol, gol yang dicetak, head to head – bagaimana liga menentukan peringkat ketika klub memiliki selisih gol yang sama?

Jumlah kartu kuning yang Anda ambil dalam satu musim juga berpotensi menentukan hasil akhir Anda di liga, serta banyak aturan, dan keputusan unik lainnya.

Jadi, bagaimana Liga Premier, La Liga, Ligue 1, Serie A, dan kompetisi top lainnya menentukan peringkat tabel mereka?

Apa perbedaan gol vs head to head?

Selisih gol adalah tie-breaker yang digunakan untuk menentukan peringkat tim yang finis dengan poin yang sama di turnamen liga.

Selisih gol dihitung sebagai jumlah gol yang dicetak oleh sebuah tim di semua pertandingan liga sepanjang musim, dikurangi jumlah gol yang kebobolan – misalnya, jika sebuah tim mencetak empat gol tetapi kebobolan dua gol dalam dua pertandingan, selisih gol mereka akan menjadi menjadi +2.

Selisih gol negatif terjadi ketika tim kebobolan lebih banyak gol daripada yang mereka cetak, seperti jika mereka kebobolan tiga tetapi berhasil mencetak satu gol (memberi mereka selisih gol -2).

Penggunaan selisih gol sebagai tie-breaker pertama kali diperkenalkan pada Piala Dunia 1970, dan kemudian digunakan oleh Liga Sepak Bola Inggris pada tahun 1975.

Sejak itu, sebagian besar liga sepak bola Eropa serta turnamen di seluruh dunia menggunakan selisih gol untuk menentukan peringkat – meskipun kompetisi lain mungkin lebih menyukai rekor "head to head" atau variasi lain sebagai pemecah imbang prioritas.

Menggunakan head to head sebagai tie-breaker menentukan bentuk kedua klub level saat mereka saling berhadapan. Jika Chelsea dan Liverpool memiliki poin yang sama, tetapi Chelsea berhasil mengalahkan Liverpool di kandang dan tandang di liga, tim London akan dianggap sebagai pemenang.

Poin head to head antara tim yang terikat

-Selisih gol head to head antara tim yang terikat

-Gol yang dicetak dalam pertandingan head to head antara tim yang imbang

-Gol tandang dicetak dalam pertandingan head-to-head di antara tim yang imbang

Jika lebih dari dua tim seri, dan setelah menerapkan semua kriteria head to head di atas, sebagian tim masih seri, semua kriteria head to head di atas diterapkan kembali secara eksklusif untuk subset tim ini.

-Selisih gol di semua pertandingan grup

-Gol yang dicetak di semua pertandingan grup

-Gol tandang dicetak di semua pertandingan grup

-Menang di semua pertandingan grup

-Kemenangan tandang di semua pertandingan grup

Poin disiplin (kartu merah = 3 poin, kartu kuning = 1 poin, pengusiran karena dua kartu kuning dalam satu pertandingan = 3 poin)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
Gabriel Oemar Arief (2022-07-11 08:13:46)
Bagus selisih gol lah, karna permainan bola itu yang diharapkan gol, klo head to head besar kemungkinan pada main mata,
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan


Daun Media Network