Kata PSSI, Timnas U-19 Belum Tentu Lolos Meski Menang Lawan Myanmar

"Jadi, bagaimana aturan turnamen yang sebenarnya? Bingung kan?"

Analisis | 10 July 2022, 01:37
Kata PSSI, Timnas U-19 Belum Tentu Lolos Meski Menang Lawan Myanmar

Libero.id - Berdasarkan keterangan Media Officer PSSI, Bandung Saputra, tim nasional Indonesia U-19 tidak otomatis tampil di semifinal Piala AFF U-19 2022 jika berhasil mengalahkan Myanmar U-19 pada laga terakhir Grup A di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (10/7/2022) malam. Kok, bisa?

Menatap laga terakhir, Indonesia berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan delapan poin dan selisih gol +11. Sementara Vietnam ada di puncak dengan 10 poin (+9), diikuti Thailand 10 poin (+6).

Banyak pendukung dan media di Indonesia yang merasa pasukan Shin Tae-yong hanya butuh kemenangan atas Myanmar untuk mencapai semifinal. Mereka meyakini hal tersebut karena selisih gol yang akan digunakan sebagai penentu kelolosan jika poinnya sama.

Ternyata, menurut PSSI, aturannya tidak seperti itu. "Meski menang atas Myanmar, Indonesia tidak melaju ke semifinal jika Vietnam dan Thailand bermain imbang dengan gol. Misalnya, 1-1, 2-2, dan seterusnya," ujar Bandung Saputra, dilansir Antaranews, Sabtu (9/7/2022).

Lebih lanjut, Bandung menjelaskan, jika Indonesia menang dan Vietnam vs Thailand imbang, ketiga tim memiliki 11 poin. Jadi, untuk menentukan peringkat akhir, dibuat klasemen kecil beranggotakan tiga tim itu. Ini mirip dengan regulasi yang meloloskan Indonesia ke Piala Asia 2023.

Jika Vietnam dan Thailand imbang 0-0, Indonesia (+11) dan Vietnam (+9) berhak ke empat besar lantaran penilaian dialihkan ke selisih gol terbanyak dalam Grup A. Selisih gol diambil sebagai acuan karena Thailand (+6), Vietnam dan Indonesia sudah saling berhadapan dengan hasil masing-masing 0-0.

Sebaliknya, jika Vietnam dan Thailand imbang dengan gol (1-1, 2-2, 3-3, 4-4, dan seterusnya) kedua tim lolos ke semifinal. Itu karena Indonesia hanya imbang tanpa gol melawan Vietnam dan Thailand.

Menurut Bandung Saputra, dengan situasi seperti itu, nasib Indonesia akan ditentukan laga Vietnam melawan Thailand. Jika salah satu tim memenangkan pertandingan, maka kemenangan Indonesia atas Myanmar sudah cukup meloloskan diri ke semifinal.

"Indonesia menyegel tempat di semifinal kalau menang berapa pun skornya atas Myanmar. Dan, di saat bersamaan, Thailand atau Vietnam saling mengalahkan," beber Bandung Saputra.

Untuk mencegah main mata, PSSI memastikan pertandingan Indonesia vs Myanmar dan Thailand vs Vietnam digelar bersamaan. Indonesia dan Myanmar berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi. Sementara Vietnam dan Thailand di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta. Semuanya kick-off pukul 20.00 WIB.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network