Peringkat 4 Pengguna No.14 Arsenal di Liga Premier

"Nomor 4 punya cerita unik tentang nomor punggung tersebut."

Analisis | 07 July 2022, 21:10
Peringkat 4 Pengguna No.14 Arsenal di Liga Premier

Libero.id - Eddie Nketiah telah diberi nomor punggung 14 di Arsenal – dan itu artinya beban dan tugas lebih berat siap-siap harus dijalaninya.
Banyak pemain telah menjadikan nomor 14 sebagai pilihan mereka, dari Johan Cruyff hingga Xabi Alonso, dan nomor tersebut memiliki sejarah panjang di Arsenal sejak nomor skuad itu pertama kali diperkenalkan pada 1993.

“Saya bergabung dengan klub pada usia 14 tahun,” kata Nketiah kepada The Telegraph setelah menandatangani kontrak barunya pada Juni 2022.

“Saya memakai 14 saat dipinjamkan ke Leeds. Ketika kesempatan datang untuk mengambilnya, sulit untuk mengatakan tidak. Saya tahu apa artinya bagi klub dan para penggemar. Ini perasaan yang menyenangkan, nomor ikonik.”

Penggemar Arsenal akan berharap Nketiah dapat mengikuti setengah dari apa yang telah dihasilkan pemain lama sebelumnya saat mengenakan jersey terkenal itu.

Kami telah mengurutkan semua pemakai jersey No.14 Arsenal sebelumnya, dari yang terburuk hingga terbaik.

4. Martin Keown

Nomor skuad tidak benar-benar menjadi masalah sampai era Liga Premier dan musim 1993/1994 adalah pertama kalinya seorang bek tengah memakai nomor punggung dua angka. Dia adalah Martin Keown.

Sebelum main lagi di Arsenal – Keown bermain untuk Aston Villa dan Everton pada akhir 1980-an dan awal 1990-an – berlangsung lebih dari satu dekade, dan melibatkan kesuksesan gelar Liga Premier pada 1998, 2002, dan 2004.

Sebagian besar pertandingan itu datang dengan bek mengenakan 14 di punggungnya, termasuk di final Piala FA 1998 ketika tim Arsene Wenger meraih gelar liga dan piala ganda.

Keown akhirnya merebut jersey No.5 Steve Bould, mungkin nomor yang lebih cocok untuk bek tengah Arsenal.

3. Theo Walcott

Musim 2007/2008 adalah musim debutnya Walcott dan di tahun pertama itu dia langsung mengenakan nomor punggung 14.

Mantan pemain muda Southampton itu mencetak gol pertamanya di Liga Premier untuk The Gunners. Dia juga memainkan perannya di Eropa.

Walcott akan memakai nomor tersebut selama hampir satu dekade penuh sebelum meninggalkan Arsenal ke Everton pada Januari 2018.

“Saya memiliki nomor punggung Thierry sekarang, tetapi dia tidak mendapatkannya kembali, bahkan jika dia kembali untuk sementara waktu,” kata Walcott sesaat sebelum Henry kembali pada 2012. “Saya sudah mengatakan itu kepadanya.”

Tentu, Walcott tidak pernah melampaui pendahulunya. Tetapi, sejumlah gol penting dan layanan 12 tahun bukanlah hal yang buruk dari pemain sayap tersebut.

2. Pierre-Emerick Aubameyang

“Saya suka dua angka, sembilan dan tujuh,” kata Aubameyang kepada Arsenal TV pada 2020. “Tetapi (Alexandre Lacazette) memiliki sembilan dan Miki (Henrikh Mkhitaryan) memiliki tujuh.”

“Saya bertanya kepada Miki sebelum saya datang, 'Apakah Anda akan mengambil No.7?' dan dia menjawab ya. Jadi, saya berkata, 'Oke, saya akan mencoba sesuatu yang lain'.”

Dan, akhirnya Aubameyang memilih mengenakan nomor punggung legendaris itu dan catatannya di Arsenal cukup membanggakan untuk sebagian besar waktunya di Stadion Emirates. Aubameyang mencetak 92 gol dan memenangkan final Piala FA 2020.

1. Thierry Henry

Bisa dibilang pemain terbesar dalam sejarah Arsenal, Henry telah mendefinisikan ulang jersey No.14 dengan caranya sendiri  – tapi itu bukan pilihan aslinya.

“Saya kembali (dipinjamkan pada 2012) dengan No.12, itu nomor saya sebenarnya,” kata Henry kepada mantan rekan setimnya, Cesc Fabregas, seperti dilansir Metro pada 2020.

“14 bukan nomor saya. Saya mengambil No.14 di Arsenal karena Christopher Wreh memiliki No.12, jadi saya tidak ingin melepasnya.”

“Itulah alasannya, saya tidak ingin melepasnya. Itu sebabnya ketika saya kembali, No.12 karena Marco van Basten di Euro 88.”

Jalan sejarah mungkin akan sangat berbeda jika Henry mengambil nomor Wreh sebagai gantinya. Meskipun, setelah dipikir-pikir mungkin juga tidak, mengingat nomor punggung tak akan menggoyahkan kehebatannya.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network