Waspada, Pelatih Thailand Sudah Pelajari Kekuatan Timnas U-19 Sejak Toulon Tournament 2022

"Skuad Garuda Muda akan bertemu Thailand di fase grup. Ayo kalahkan Changsuek..."

Berita | 02 July 2022, 00:18
Waspada, Pelatih Thailand Sudah Pelajari Kekuatan Timnas U-19 Sejak Toulon Tournament 2022

Libero.id - Piala AFF U-19 2022 akan berlangsung di Jakarta dan Bekasi pada 2-15 Juli. Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah. Namun jalan Skuad Garuda Muda untuk menjadi juara di hadapan publik sendiri tampaknya sulit sejak awal, pasalnya lawan-lawan yang dihadapi sejak fase grup diantaranya ada Thailand dan Vietnam.

Omong-omong soal kompetitor, terutama Thailand, rupanya telah sedemikian rupa bersiap dan mempelajari kekuatan Skuad Garuda Muda. Hal tersebut diakui langsung oleh pelatih Timnas Thailand U-19,  Salva Valero Garcia, yang repot-repot memantau peta kekuatan Timnas Indonesia U-19 sejak Toulon Tournament 2022 yang berlangsung di Prancis pada akhir Mei-awal Juni lalu.

“Kami menyaksikan semua laga Indonesia di Toulon Tournament, di mana mereka ketika itu berganti pelatih,” ujar Salvador dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/7).

Ketika itu Ronaldo Kwateh dilatih oleh Dzenan Radoncic, asisten dari pelatih kepala Shin Tae-yong yang saat itu fokus menangani Timnas Indonesia senior di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Menurut Salvador, gaya bermain Skuad Garuda Muda di bawah Radoncic berbeda dengan Shin Tae-yong.

“Saya melihat Indonesia mengubah sistem bermainnya. Pada pertandingan persahabatan (bersama Shin Tae-yong-red), mereka memakai tiga bek. Ketika itu ada pula pemain yang datang dari Belanda,” tuturnya.

Untuk mempersiapkan diri menuju Piala AFF U-19 2022, Ronaldo Kwateh dan rekan-rekan memang menjalani dua kali laga uji coba yaitu melawan Persija Jakarta dengan hasil seri tanpa gol dan Bhayangkara FC,  takluk 0-1.

Ketika itu, Timnas U-19 Indonesia diperkuat oleh tiga pemain keturunan Belanda yakni Kai Boham,Jim Croque dan Max Christoffel, yang diproyeksikan untuk memperkuat Timnas di Piala Dunia U-20 2023.

Pertandingan perdana Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 bergulir pada Sabtu (2/7) malam WIB, melawan Vietnam di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, adapun laga kontra Thailand akan berlangsung pada Rabu (6/7), juga di Stadion Patriot Candrabhaga.

Ayo Skuad Garuda Muda terbang tinggi.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network