Jelang Piala Dunia, Eks Liverpool Ini Berharap Banyak Pada Pedri

"Pemain berusia 19 tahun seharusnya tidak mendapatkan beban seberat itu"

Berita | 01 July 2022, 11:35
Jelang Piala Dunia, Eks Liverpool Ini Berharap Banyak Pada Pedri

Libero.id - Pedri dipuji dan dianggap sebagai "Iniesta, Xavi" dari timnas Spanyol yang akan mengejar kejayaan Piala Dunia di Qatar.

Pujian datang dari mantan bek kiri Liverpool dan Newcastle United Jose Enrique, pemain yang disingkirkan dari skuad Spanyol oleh generasi emas terakhir negara itu.

Puncak tahun bermain Jose Enrique bertepatan dengan periode paling dominan Spanyol di sepak bola internasional, meskipun dia tidak menganggap skuad Luis Enrique cukup pada level yang sama.

Akan tetapi, pemain muda Barcelona seperti Pedri membuatnya optimis untuk Piala Dunia kali ini.

Spanyol memenangkan Euro 2008, Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dan Euro 2012 dalam periode dominasi yang sensasional.

Mereka belum pernah memenangkan turnamen besar sejak itu, tetapi sekelompok talenta muda yang berkembang telah muncul lagi, dan gelandang berusia 19 tahun, Pedri menjadi talenta paling menarik di dunia sepak bola.

"Bagi saya, pemain yang memiliki proyeksi lebih dalam hal citra di tim itu adalah Pedri, dia tidak akan keluar dari tim," kata Jose Enrique.

“Anda juga memiliki Ferran Torres yang bermain bagus untuk Barcelona dan Pau [Torres], bek tengah Villarreal; saya pikir dia akan menjadi kunci untuk tim juga.”

Berbicara kepada Stats Perform, Jose Enrique mengatakan skuad final Spanyol untuk final akan "sulit diprediksi".

Hal itu karena pelatih Luis Enrique sering menyaring pemain masuk dan keluar dari skuadnya.

"Tetapi untuk memilih satu yang akan membuat perbedaan 100 persen, dan itu sudah terjadi di masa lalu, itu adalah Pedri," kata Jose Enrique.

“Bagi saya, dia adalah bintang tim nasional, Iniesta, Xavi. Dulu berbeda karena ada banyak dan itulah mengapa Spanyol memenangkan segalanya. Tapi jika Anda menyebut Spanyol sekarang, pemain pertama yang datang. dalam pikiranku adalah Pedri."

Pedri mengalami musim 2021-22 yang diganggu cedera bersama Barcelona, mencetak lima gol dan satu assist dalam 22 pertandingan di semua kompetisi. Hanya lima pemain Barcelona yang menciptakan lebih banyak peluang daripada 31 yang ia ciptakan.

Di musim sebelumnya, ia memainkan 52 pertandingan dan itu adalah angka tertinggi di tim, kemudian dia memenangkan penghargaan Golden Boy sebagai talenta muda paling top di Eropa.

Dengan prestasinya itu, ia diharapkan untuk terus tumbuh menjadi pemain penting yang bertanggung jawab bagi tim asuhan Xavi pada musim baru.

Pemain hebat Barcelona, Xavi dan Iniesta berada di jantung lini tengah Spanyol untuk membawa tiga kemenangan turnamen besar berturut-turut.

Jose Enrique menjadi bintang di Liga Premier pada saat itu, tetapi tidak lebih dari tim Spanyol U-21, begitulah kekuatan di seluruh skuad nasional.

Dia mengatakan kelompok pemain saat ini dan skuad yang membawa kejayaan ke Spanyol selama periode empat tahun tidak dapat dibandingkan, tetapi ia menekankan bahwa pemain baru tidak dapat berhasil.

Melaju ke semifinal Euro 2020 adalah langkah ke arah yang benar bagi Spanyol. Pasalnya di beberapa event besar sebelumnya, La Furia Roja tampil mengecewakan.

Namun Jose Enrique yakin bahwa performa mereka di Euro 2020 bisa menjadi ancaman bagi tim manapun yang berlaga di Qatar akhir tahun ini.

Spanyol berada di grup neraka bersama Jerman, Jepang dan Kosta Rika. Tentu, kemenangan melawan Jepang dan Kosta Rika wajib mereka raih.

"Spanyol akan selalu menjadi salah satu favorit karena saya yakin Spanyol selalu begitu," kata Jose Enrique,” kata Enrique.

“Tetapi untuk memenangkan Piala Dunia tidak mudah dan Spanyol melakukannya: Euro-Piala Dunia-Euro ketika mereka memiliki pilihan pemain yang brutal, dan sekarang benar-benar berbeda.

“Ini memiliki pelatih yang luar biasa dan skuad yang berubah tergantung pada penampilan para pemain dan saya suka ini tentang Luis Enrique, tetapi memang benar bahwa kami tidak dapat membandingkan.

“Kami sekarang memiliki skuat muda dengan sedikit veteran, dan mereka bisa memenangkan Piala Dunia karena apa pun bisa terjadi dalam sepak bola. Inggris memiliki skuat yang sangat muda dan berhasil mencapai semifinal [Piala Dunia 2018].

“Anak-anak muda mendapat lebih banyak dukungan daripada sebelumnya dan Spanyol bisa menjadi kejutan karena Luis Enrique tahu betul bagaimana cara bermain. 

Dia memiliki pemain-pemain muda yang penuh dengan keinginan dan rasa lapar. Yang paling penting bagi saya adalah memulai dengan baik. Jika mereka melakukannya, mereka akan melakukannya. 
Tim ini mampu menang melawan tim mana pun, dan termasuk melawan Jerman," ucapnya.

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network