Dapat Dana Segar hingga Rp4,1 Triliun, Barcelona Siap Belanja Besar-Besaran

"Dari mana Barca dapat uang sebanyak itu? Simak di bawah ini!"

Berita | 01 July 2022, 11:24
Dapat Dana Segar hingga Rp4,1 Triliun, Barcelona Siap Belanja Besar-Besaran

Libero.id - Barcelona mendapatkan dana segar setelah menjual 10 persen hak siar TV LaLiga mereka selama 25 tahun ke depan ke perusahaan investasi. Tambahan finansial tersebut membuat batasan gaji mereka naik secara signifikan.

Pekan lalu, presiden klub Joan Laporta berjanji untuk mengaktifkan klausul tersebut yang tentunya akan meringankan masalah keuangan Barcelona, dan pengumuman kesepakatan ini adalah langkah pertama.

Kesepakatan itu membuat Barcelona menghasilkan keuntungan modal sebesar €267 juta atau Rp4,1 triliun, di mana Sixth Street Partners melakukan investasi awal sebesar €207,5 juta.

Grup investasi selanjutnya akan menerima 10 persen dari pendapatan hak siar TV domestik Barca hingga 2047.

Kebutuhan Barca akan suntikan keuangan sangat mendesak karena tahun keuangan mereka yang berakhir pada 30 Juni.

Tahun lalu, batas gaji mereka dipotong hingga €280 juta oleh LaLiga. Hal ini memaksa mereka harus memotong 50 persen gaji para pemainnya, bahkan harus kehilangan Leo Messi.

Batasan gaji Barca akhirnya menjadi hanya €97 juta untuk musim 2021-22 yang bisa dimasukkan ke dalam buku.

Sementara, ada enam klub yang memiliki batas upah lebih besar. Real Madrid berada di puncak dengan batas €739 juta.

Pada akhirnya itulah alasan mereka tidak dapat menandatangani kontrak baru Lionel Messi, tetapi suntikan modal pada hari Kamis akan memungkinkan Barca untuk mengakhiri tahun ini dengan keuntungan.

Hal inilah yang membuat tentunya membuat kenaikan batas gaji mereka mestinya jadi lebih signifikan.

Klub juga dikabarkan bakal menjual hampir 50 persen bagian dari bisnis Lisensi dan Merchandising (BLM), tetapi sekarang itu bukanlah kebutuhan yang mendesak.

Berbicara setelah kesepakatan hak siar TV diumumkan, Laporta mengatakan: "Kami mengaktifkan tuas ekonomi dan menjalankan strategi kami yang sabar, berkelanjutan, dan efisien untuk memperkuat pijakan keuangan klub.

"Sixth Street adalah pendukung sepak bola yang terbukti, investor berpengalaman di seluruh olahraga dan media global, dan mitra yang akan menyumbangkan pengetahuan dan sumber daya yang signifikan sambil memungkinkan kami untuk mengelola operasi kami secara mandiri."

Barca hingga kini belum mengkonfirmasi kedatangan Andreas Christensen dan Franck Kessie dengan status bebas transfer, yang sudah diperkirakan akan bergabung.

Klub juga tertarik untuk mengontrak striker Bayern Munich, Robert Lewandowski, sementara Bernardo Silva dari Manchester City dan bek tengah Sevilla, Jules Kounde dilaporkan menjadi target utama mereka.

Berita ini seharusnya memberikan ruang yang lebih besar bagi klub untuk bermanuver di bursa transfer.

(moch imam sholikhin/nz)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network