Ada Masalah Apa? Jersey Ketiga Newcastle United Jadi Kontroversi

"Ada-ada saja ulah pendukung klub Liga Premier yang satu ini.."

Viral | 01 July 2022, 02:52
Ada Masalah Apa? Jersey Ketiga Newcastle United Jadi Kontroversi

Libero.id - Di sepakbola, jersey bukan hanya benda yang menutup badan pemain. Seragam adalah simbol dari banyak hal. Beberapa pendukung sangat bangga dengan warga pakaian klub kesayangan. Tap, bagaimana jika seragam klub justru membuat pendukung marah? Newcastle United punya cerita.

Newcastle United resmi merilis jersey ketiga untuk digunakan di kompetisi 2022/2023. Tapi, bukannya mendapatkan respons positif dari penggemar, warna yang digunakan justru banjir kecaman.

Banyak pendukung Newcastle United, yang menilainya sebagai pelecehan terhadap tradisi The Magpies. Mereka tidak senang karena identitas klub, yang sepertinya ingin dihilangkan begitu saja karena baru saja mendapatkan kucuran dana segar tak terbatas dari "Big Boss". 

Kok, bisa? Pasalnya, jersey ketiga Newcastle United sama sekali tidak mencerminkan ciri khas klub yang identik dengan perpaduan warna hitam-putih. Itu adalah dua warna yang telah mendarah daging sepanjang klub.

Jersey ketiga ini terlihat sangat mencolok dan disebut mirip dengan warna jersey tim nasionalArab Saudi, negara asal pemilik baru Newcastle United, Dana Investasi Publik (PIF), milik Putra Mahkota Pangeran Muhammad bin Salman.

Dilansir situs resmi klub, jersey ketiga Newcastle United didesain oleh salah satu perusahaan apparel ternama asal Britania Raya, Castore. Jersey ini juga memang didesain sedikit berbeda dengan jersey hitam-putih, yang sudah jadi warna tradisional Newcastle United.

"Newcastle United telah meluncurkan jersey ketiga resmi untuk musim 2022/2023 dengan warha putih dan hijau. Untuk jersey utama kami tetap hitam-putih, yang dirancang oleh merek pakaian olahraga premium di negara ini," bunyi pernyataan resmi Newcastle United di situsnya.

Meski mendapatkan klarifikasi bahwa warna itu dipilih bukan karena Arab Saudi, banyak pendukung tidak percaya. Mereka ramai-ramai berkomentar pedas di dunia maya.

Seorang penggemar menulis di Twitter: "Sekarang dari mana mereka mendapatkan inspirasi untuk ini, saya bertanya-tanya? Silakan dijawab". 

Yang lain berkomentar: "Terlihat cukup pintar. Tapi, ya, anak laki-laki Saudi".  Ada lagi yang berpendapat: "Itu adalah perlengkapan sepakbola paling bergaya Arab Saudi yang pernah Anda lihat!" Ada juga komentar lebih pedas: "Saya tidak akan membelinya".

Gambar Jersey itu sebearnya bocor pada bulan lalu. Dan, sejak saat itulah banyak kritik keras bermunculan.

Pasalnya, Jersey tersebut benar-benar mirip dengan seragam tim nasional Arab Saudi. Bukan hanya warna. Bahkan, lambang di dada juga diubah. Meski logonya tidak ada perubahan, warnaya bukan lagi hitam-putih. Logo Newcastle United dengan warna hijau-putih.  

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Newcastle United


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network