Mengapa Klub Merahasiakan Nominal Transfer? Ini Jawabannya

"Alasan yang cukup masuk akal."

Analisis | 29 June 2022, 20:38
Mengapa Klub Merahasiakan Nominal Transfer? Ini Jawabannya

Libero.id - Setiap jendela transfer dibuka, duit triliunan rupiah berpindah tangan antara klub-klub besar di Eropa untuk pembelian para pemain bintang. Besarnya nominal harga yang diperlukan untuk membeli pemain dan juga drama yang terjadi kerap menjadi pembicaraan hangat di kalangan fans.

Salah satunya, dalam transfer pemain beberapa klub tidak jarang merahasiakan nominal transfer yang sebenarnya. Lalu, yang menjadi pertanyaan, apa alasan klub merahasiakan nominal transfer?

Ketika ada transfer dalam sepakbola, dan terutama untuk nama pemain bintang, hal pertama yang ingin diketahui oleh setiap fans adalah jumlah uang yang terlibat dalam kepindahan tersebut. Namun, seringkali biayanya 'dirahasiakan'.

Seperti pada 2013, situs web Liga Premier telah menerbitkan bahwa hanya lima dari 115 transfer permanen (tidak termasuk transfer gratis) yang diungkapkan dengan angka resmi. Itu artinya sebanyak 110 transfer pemain pada musim itu dirahasiakan nominalnya.

Apa yang dimaksud dengan 'biaya yang dirahasiakan' dalam transfer sepakbola?

Ketika ada transfer permanen seorang pemain dari satu klub ke klub lain, dan ada biaya yang terlibat untuk memicu perpindahan tersebut, biasanya 'biaya yang tidak diungkapkan' adalah ketika kedua belah pihak (penjual dan pembeli klub) setuju bahwa biaya tersebut tidak boleh diungkapkan ke publik.

Terkadang, kesepakatan nominal transfer resmi itu dirahasiakan atas permintaan pemain atau agennya agar biaya transfer tidak diketahui semua orang.

Sementara mengapa klub 'merahasiakan nominal' transfer?

Ketika salah satu klub, baik sebagai pembeli atau penjual yang terlibat dalam transfer, tidak ingin mengungkapkan berapa banyak yang telah mereka bayarkan/terima untuk seorang pemain. Maka, itu bisa didefiniskan sebagai 'nominal transfer yang dirahasiakan'.

Situasi lain yang mungkin muncul adalah ketika pemain itu sendiri (atau agennya) tidak menginginkan biaya transfer diungkapkan.

Alasan lain, bisa jadi beberapa klub mungkin tidak suka mengungkapkan bagaimana perasaan mereka bahwa mereka dipaksa membayar untuk mendapatkan barang berharga mereka, yang pada gilirannya dapat mengundang kemarahan para fans karena membayar terlalu mahal. Atau, mungkin jika klub penjual menerima kurang dari apa yang mereka bayarkan atau diharapkan untuk sang pemain.

Ada juga alasan lain, seperti komplikasi dengan klausul tambahan, insentif, add-on, harga jual, pembayaran tahap, bonus, dan banyak lagi faktor nominal transfer dirahasiakan.

Lalu, apa manfaat 'nominal transfer yang dirahasiakan' dalam sepakbola?

Ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dari adanya 'nominal transfer yang dirahasiakan'. Hal ini berdasarkan pandangan masing-masing pihak yang terlibat dalam transfer pemain.

Pertama, seorang pemain mungkin ingin dilindungi dari tekanan untuk tampil lebih bebas, tidak terikat pada label transfer yang mahal. 

Sementara dari sudut pandang klub pembeli, jika mereka biasanya membuang-buang uang untuk pembelian, mereka mungkin tidak nyaman dengan angka tersebut sebagai pengetahuan umum karena hal itu dapat meningkatkan harga permintaan di masa depan dari klub yang menjual.

Dalam perlombaan untuk menandatangani pemain, klub pembeli mungkin juga membayar lebih dari apa yang awalnya dianggap masuk akal, dan ini lebih sering terjadi sehingga klub berusaha untuk menutup kesepakatan.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network