Tinggalkan Derby County, Wayne Rooney Pilih Kursus Kepelatihan Lagi

"Ini alasan Rooney melakukannya."

Analisis | 29 June 2022, 18:06
Tinggalkan Derby County, Wayne Rooney Pilih Kursus Kepelatihan Lagi

Libero.id - Wayne Rooney memutuskan mengundurkan diri dari jabatan pelatih di Derby County. LegendaManchester United itu memutuskan untuk mengundurkan diri setelah adanya problem terkait kepemilikan klub, terlebih setelah klub terdegradasi dari divisi Championship sepakbola Inggris.

Keputusan Rooney itu mengejutkan banyak orang, termasuk calon pemilik baru Derby County, David Clowes.

Sementara itu, merespon keputusan Rooney, banyak para fans sepakbola kemudian berspekulasi bahwa Rooney akan melatih klub lain yang sudah disiapkan dalam waktu dekat. Akan tetapi, mantan striker Inggris itu memilih melanjutkan kursus kepelatihannya lagi. 

Tetapi, selama 18 bulan menjadi pelatih The Rams, Rooney telah melakukan perjuangan yang berani melawan degradasi dari Championship meskipun menerima sanksi pengurangan 21 poin, yang akhirnya membuat Derby County finish di urutan kedua terbawah. Dia melakukan itu sebelum memutuskan angkat kaki dari klub.

Pria berusia 36 tahun itu beralasan bahwa klub membutuhkan sosok yang lebih energik untuk bisa membawa Derby County bangkit dan bisa kembali bermain di divisi dua sepakbola Inggris. 

Hanya beberapa hari setelah memutuskan untuk meninggalkan Derby County, Rooney memutuskan untuk menyelesaikan lencana kepelatihannya dalam beberapa bulan ke depan dan melanjutkan pendidikannya di sepakbola.

Rooney sedang menjalani kursus Lisensi Pro dan baru-baru ini pergi ke Toulon untuk turnamen U-20 sebagai bagian dari pelatihannya. Dalam waktu dekat. Dia juga berencana untuk mengunjungi klub-klub top di dalam dan luar negeri untuk belajar lebih banyak dan mendaftar di kursus manajemen LMA.

Loyalitasnya kepada calon pembeli Derby, Chris Kirchner, membuatnya tetap berkomitmen kepada Rams. Tetapi, ketika orang Amerika itu gagal mengirimkan uangnya, itu menjadi pukulan telak.

Rooney merespons dengan buruk dan setelah melihat prospek membangun skuad dari awal, dengan Clowes masih menyelesaikan kesepakatannya, pertemuan puncak berakhir dengan pengunduran dirinya.

Asisten Rooney, Liam Rosenior, saat ini mengambil alih kursi pelatih untuk sementara waktu, karena Clowes dan administrator Quantuma fokus agar paket penyelamatan mereka diterima oleh EFL.

Ketua liga akan menuntut Derby memulai musim dengan pemain muda jika itu yang diperlukan. Dan, Rosenior akan melangkah ke tempat yang tidak diketahui ketika dia mengambil alih skuad mereka yang terkuras.

Sisa-sisa staf bermain Rams akan kembali ke tempat Latihan, Moor Farm, mereka — hanya dengan lima pemain profesional senior yang terdaftar masih di klub. 

Pertandingan pembukaan League One antara Derby melawan Oxford United akan digelar pada 30 Juli 2022. Mantan bintang Fulham dan Hull City, Rosenior yang menjadi pengganti Rooney, akan dibantu oleh pelatih tim utama Jake Buxton.

Rosenior yang satu tahun lebih tua dari Rooney baru-baru ini dikaitkan dengan pekerjaan Blackpool. Dia lebih favorit melatih di sana dibanding Sean Dyche untuk secara permanen menggantikan Rooney di Rams.

Namun, dengan keputusan yang belum dibuat atas tawaran pengambilalihan Clowes, klub masih berada dalam ketidakpastian.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network