Ternyata, Inilah Alasan Ivar Jenner Tidak Bisa Gabung TC Timnas U-19

"Dari empat yang dipanggil, tiga yang datang ke Jakarta."

Analisis | 27 June 2022, 01:47
Ternyata, Inilah Alasan Ivar Jenner Tidak Bisa Gabung TC Timnas U-19

Libero.id - Piala AFF U-19 2022 tinggal hitungan hari. Akhir pekan nanti, tim nasional Indonesia U-19 akan kembali bertanding, dan para pemain pilihan terus berlatih keras. Tapi, dari empat pemain keturunan yang dipanggil, hanya tiga yang bisa memenuhi panggilan Shin Tae-yong.

Untuk mempersiapkan diri di Piala AFF U-19, Shin Tae-yong memanggil 30 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan nasional di Jakarta. Pelatih asal Korea Selatan itu juga memanggil empat pemain keturunan: Jim Croque, Kai Boham, Max Christoffel, dan Ivar Jenner.

Dari empat nama pemain yang berbasis di Eropa tersebut, Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel datang. Sementara Ivar Jenner tidak tampak.

Ivar Jenner lahir pada 10 Januari 2004. Dia memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya yang berasal dari Jember, Jawa Timur. Gelandang serang itu pernah menimba ilmu di Akademi Ajax Amsterdam. Saat ini, Ivar Jenner memilih tergabung dengan FC Utrecht.

Tidak hadirnya Ivar Jenner sempat membuat banyak orang bertanya-tanya. Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah pemain yang beroperasi di lini tengah dan membela FC Utrecht itu menolak membela Indonesia? Ternyata tidak! Ada alasan lain yang membuat Ivar Jenner belum bisa ke Jakarta.

Menurut anggota Eksekutif Komite (Exco) PSSI, Hamdan Hamedan, ada hal yang tidak bisa ditinggalkan Ivar Jenner di Belanda. Saat ini, pemain berusia 18 tahun tersebut sedang melakukan persiapan dengan klubnya untuk menghadapi musim baru.

"Ivar (Jenner) sebetulnya ingin ikut trial. Tapi, dia sedang berhalangan karena harus mengikuti preseason training dengan klubnya (FC Utrecht). Ada kemungkinan baru bisa ikut trial atau sejenisnya pada September (FIFA matchday). Kita lihat saja nanti," kata Hamdan Hamedan, dilansir Okezone.

Ivar Jenner menjadi salah satu pemain yang diinginkan Shin Tae-yong untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023. "Saya tidak tahun update pemainnya," ujar Shin Tae-yong saat ditanya awak media soal Ivar Jenner, beberapa waktu lalu di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.

Sang pemain dan keluarganya sebenarnya sudah sepakat membela Indonesia. Itu setelah Hasani Abdulgani dan Hamdan Hamedan menemui Ivar Jenner langsung di Belanda. Mereka telah melaporkan pemain keturunan itu sudah sepakat membela Merah-Putih.

"Mereka berdua (Ivar Jenner dan Jim Croque) sudah oke. Tapi, saat ini kami masih memprioritaskan naturalisasi pemain untuk timnas senior. Kalau semua sudah beres, baru kami mulai memproses naturalisasi mereka," ujar Hasani Abdulgani ketika itu.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan




Daun Media Network