5 Pemain yang Harus Diwaspadai di Piala AFC 2022 Zona ASEAN

"Salah satunya ada penyerang Indonesia..."

Analisis | 24 June 2022, 17:04
5 Pemain yang Harus Diwaspadai di Piala AFC 2022 Zona ASEAN

Libero.id - Piala AFC 2022 dijadwalkan akan kembali digelar pada 24 Juni dan, untuk pertama kalinya sejak edisi 2020 yang akhirnya dibatalkan, tim ASEAN akan menghiasi kompetisi kontinental dengan 11 tim dari Asia Tenggara ditempatkan di Grup G hingga I.

Sejak format zona diperkenalkan lima tahun lalu, banyak bintang dari seluruh kawasan telah bersinar, termasuk nama-nama seperti Bienvenido Maranon dan Stephan Schrock yang membantu Ceres Negros dari Filipina menjadi juara ASEAN pada 2017.

Gol Song Ui-young adalah kunci saat Home United Singapura mengklaim hak membual regional pada tahun 2018, ketika Marko Simic membintangi perjalanan yang mengesankan untuk Persija Jakarta sementara Nguyen Quang Hai dan Nguyen Van Quyet mampu membawa Hanoi FC berbicara lebih banyak pada edisi 2019.

Menjelang kick-off Zona ASEAN pada hari Jumat, berikut 5 pemain yang harus diwaspadai;

1.Ilija Spasojevic (Bali United)

Kebangsaan: Indonesia
Posisi: Striker
Usia: 34

Lahir di Montenegro tetapi kemudian menjadi warga negara Indonesia melalui jalur naturalisasi, striker Bali United ini jelas sudah kenyang pengalaman di kompetisi ASEAN, karena dia telah bermain sepak bola di negara Asia Tenggara sejak 2011.

Pernah membela beberapa raksasa Indonesia seperti PSM Makassar dan Persib Bandung sebelum ditandatangani oleh Bali United di 2018.

Sebelumnya menjadi bagian dari tim pemenang gelar Liga 1 Bhayangkara, dia sekarang telah memenangkan dua gelar Liga 1 secara berturut-turut bersama Bali (2019 dan 2021/2022).

Bisa dibilang kampanye terbaik Spasojevic datang dalam kampanye terakhirnya, ketika ia mencetak 23 gol dalam 34 pertandingan untuk finis sebagai pencetak gol terbanyak liga.

2.Nguyen Hoang Duc (Viettel FC)

Kebangsaan: Vietnam
Posisi: Gelandang
Usia: 24

Sebuah komponen kunci dari sisi Viettel dan reguler untuk tim nasional Vietnam, Nguyen Hoang Duc telah menjadi salah satu pemain yang paling banyak dibicarakan di negara Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

Seorang gelandang yang cukup sering mencetak gol, Hoang Duc membantu Viettel mengamankan gelar V.League pada tahun 2020 dan kemudian muncul dalam kampanye AFC Champions League pertama mereka setahun kemudian, di mana ia mencetak gol pertama mereka dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Setelah melakukan debut internasionalnya pada tahun 2019, Hoang Duc adalah bagian dari kampanye kualifikasi Piala Asia AFC Golden Star Warriors – Road to Qatar dan mencetak gol pertamanya untuk negaranya dalam kemenangan 3-0 atas Malaysia di AFF (Sepak Bola ASEAN Kejuaraan) Piala di akhir tahun 2021.

3.Ronald Ngah (Kedah Darul Aman)

Kebangsaan: Kamerun
Posisi: Striker
Usia: 30

Finis sebagai pencetak gol terbanyak Liga Pro Yordania dengan Al Salt pada tahun 2021, Ronald Ngah pindah ke timur untuk bergabung dengan Kedah Darul Aman dari Malaysia pada tahun 2022 dan pemain Kamerun itu sekarang akan kembali ke Piala AFC untuk musim kedua berturut-turut.

Ngah sedang dalam performa yang sangat bagus di kompetisi kontinental 2021, mencetak empat gol dalam tiga pertandingan, termasuk hat-trick melawan Balata Central dari Palestina, untuk membawa timnya ke babak sistem gugur pada kampanye debutnya.

Penampilannya tidak pernah surut sejak pindah ke Asia Tenggara, dengan Ngah telah mencetak gol tujuh kali dalam sembilan pertandingan untuk duduk di urutan kedua dalam daftar pencetak gol Liga Super Malaysia menjelang kembalinya dia ke kompetisi kontinental.

4.Keo Sokpheng (Visakha FC)

Kebangsaan: Kamboja
Posisi: Pemain sayap
Usia: 30

Salah satu nama bintang sepak bola Kamboja selama tujuh tahun terakhir, Keo Sokpheng akan melakukan debutnya di Piala AFC pada usia 30 tahun Visakha bertemu Kaya FC.

Sokpheng masuk ke kompetisi setelah baru-baru ini bermain untuk tim nasional Kamboja dalam kampanye kualifikasi Piala Asia AFC 2023, di mana ia mencetak gol penyeimbang untuk mengamankan tim asuhan Keisuke Honda itu bermain imbang 2-2 melawan Afghanistan.

Di kancah klub, setelah memenangkan gelar liga di Boeung Ket FC dan Phnom Penh Crown, Sokpheng bergabung dengan Visakha pada tahun 2018 dan bisa dibilang menjadi pemain menonjol mereka sejak saat itu, membantu mereka memenangkan Piala Hun Sen berturut-turut.

5.Boris Kopitovic (Tampines Rovers)

Kebangsaan: Serbia dan Montenegro
Posisi: Striker
Usia: 27

Sejak tiba di Tampines Rovers pada tahun 2020, Boris Kopitovic sangat produktif, rata-rata mencetak gol dalam satu pertandingan untuk tim Singapura.

Pada debut kontinentalnya pada tahun 2020, Kopitovic mencetak gol kemenangan dalam kemenangan 2-1 atas PSM Makassar sebelum kembali mencetak gol saat Tampines mengalahkan Shan United. Tim Singapura berdiri di puncak grup mereka dan terlihat bagus untuk kemajuan ketika kompetisi akhirnya dibatalkan karena COVID-19.

Pemain asal Montenegro itu tampil di Liga Champions AFC musim lalu saat Tampines melakukan debut mereka di kompetisi klub utama Asia, tetapi, setelah mengakhiri musim tanpa gol, dia akan berusaha meniru performa yang dia hasilkan di Piala AFC dua tahun lalu.

Dan dia masuk ke turnamen yang memimpin dalam daftar skor Liga Premier Singapura, setelah mencetak gol dalam kemenangan atas Geylang International di akhir pekan kemarin. Target berikutnya akan tepat sasaran sekali lagi ketika ia kembali menghadapi PSM Makassar pada 27 Juni mendatang.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network