Peringkat 5 Pelatih Terbaik Saat ini di Luar Eropa

"Nomor 5 sempat bikin rekor di Barcelona."

Analisis | 18 June 2022, 21:31
Peringkat 5 Pelatih Terbaik Saat ini di Luar Eropa

Libero.id - Eropa adalah kiblat sepakbola dunia karena standar, pemain, dan manajer yang punya pengalaman kelas atas. Tetapi, sepakbola di luar Benua Biru tak kalah menariknya.

Masih ada persaingan ketat yang dapat ditemukan di empat benua lainnya. Dan, pelatih atau manajer adalah roda penggerak utama yang membedakan antara sepakbola yang membosankan atau membosankan. Sebuah tim yang baik tidak bisa menjadi tim yang baik jika manajernya tidak cukup baik, terlepas dari skuadnya.

Sementara Eropa memiliki sejumlah manajer hebat yang tersebar di berbagai negara, ada beberapa manajer yang sangat berbakat dan terampil di liga dan tim nasional di luar Eropa.

Tanpa berlama-lama, mari kita beri rangking lima manajer terbaik di luar Eropa saat ini:

#5 Gerardo Martino

Gerardo Martino mencuri perhatian ketika dia memimpin Paraguay ke perempat final Piala Dunia 2010. Sebelum pekerjaan di tim nasional Paraguay, Martino telah melatih beberapa klub-klub yang tak begitu terkenal. Salah satu yang paling popular adalah saat melatih di Newell's Old Boys, di mana dia mengambil alih klub kecil Lionel Messi itu pada 2011.

Martino membantu klub tersebut promosi ke papan atas liga, termasuk mencapai semifinal Copa Libertadores.

Itu adalah kesuksesannya dengan klub Argentina yang memberinya peran untuk pekerjaan di Barcelona. Martino memulai dengan cemerlang dan menjadi manajer pertama dalam sejarah Barcelona yang tidak kalah dalam satu pertandingan dalam 16 pertandingan pertama Blaugrana.

Namun, setelah kehilangan trofi liga pada pekan-pekan terakhir, Martino mengundurkan diri setelah hanya satu tahun tanpa memenangkan trofi utama.

Pasca Barcelona, Martino sempat melatih klub MLS, Atlanta United. Dia saat ini adalah manajer tim nasional Meksiko, dan timnya dikenal memainkan sepakbola yang sangat ofensif yang menarik untuk ditonton.

#4 Pitso Mosimane

Pitso Mosimane memulai karier sebagai pelatih U-11 Afrika Selatan dan mulai dikenal saat melatih tim lokal Mamelodi Sundowns.

Terlepas dari gelar divisi pertama yang dia persembahkan, momen hebatnya adalah Sundowns menjadi klub Afrika Selatan kedua yang memenangkan Liga Champions Afrika pada 2016.

Mosimane lalu mulai mengelola klub Mesir Al-Ahly pada September 2020. Hanya butuh dua bulan bagi Mosimane untuk dinobatkan sebagai juara Afrika bersama klub Mesir, dan dia mengulangi prestasi itu di musim berikutnya.

Mosimane dianugerahi manajer terbaik Afrika dalam dua kesempatan, terakhir pada 2021. Dengan beberapa trofi lainnya, Mosimane adalah salah satu manajer terbaik di luar Eropa saat ini.

#3 Leonardo Jardim

Leonardo Jardim adalah manajer yang telah mencapai kesuksesan di Eropa, tetapi sekarang menjadi salah satu manajer top di luar Benua biru. Manajer Portugal itu mulai dikenal saat melatih AS Monaco di Prancis, di mana dia mencapai hasil yang luar biasa.

Jardim mulai di Braga dan kemudian dilanjutkan di Olympiakos, tetapi dia meninggalkan kedua klub di tengah banyak kontroversi. Sebelum Monaco, Jardim sempat melatih sebentar di Sporting Lisbon, tapi di Monaco dia memenangkan penghargaan besar. Jardim mengamankan tiket ke Liga Champions untuk dua musim pertama saat Monaco finish ketiga di Ligue 1.

Dia mencapai hal yang tak terpikirkan dengan memenangkan Ligue 1 pada 2016/2017, gelar pertama Monaco dalam 17 tahun. Monaco juga mencapai semifinal Liga Champions musim itu dan final piala domestik.

Jardim tidak dapat mengulangi kesuksesan musim itu dan saat ini mengelola klub Arab Saudi, Al-Hilal, tempat dia bergabung pada musim panas 2021. Mereka kini telah merengkuh trofi Liga Champions Asia.

#2 Laurent Blanc

Laurent Blanc bisa dibilang nama yang paling dikenal dalam daftar ini. Sebagai pesepakbola, Blanc telah memenangkan penghargaan besar untuk klub dan negara dan merupakan salah satu manajer yang paling dihormati di sepakbola.

Blanc memulai karier manajerialnya di Bordeaux, di mana dia membantu klub untuk posisi kedua. Lalu, diikuti musim sarat trofi bersama Bordeaux. Peran ganda sebagai pelatih tim nasional Prancis diikuti oleh mantra sukses di PSG.

Blanc memenangkan tiga gelar liga dan delapan piala domestik dalam periode yang sangat sukses untuk dirinya sendiri dan merupakan salah satu pilar pendiri PSG modern.

Meskipun PSG asuhan Blanc memainkan sepakbola yang menarik, ketidakmampuan tim untuk mencapai final Liga Champions adalah alasan utama kepergiannya.

Dia saat ini adalah manajer Al-Rayyan di Qatar. Blanc adalah salah satu manajer paling berprestasi dan terbaik di luar Eropa saat ini.

#1 Marcelo Gallardo

Jika ada satu yang terbaik di antara manajer di luar Eropa, Marcelo Gallardo akan menjadi orangnya. Dikenal karena memainkan sepakbola menyerang yang atraktif, Gallardo telah mengubah dinamika sepakbola Argentina dan mengatur kebangkitan River Plate sebagai tim dominan belakangan ini.

Gallardo berperan penting dalam Nacional memenangkan Divisi Primera Uruguay sebelum mengambil alih pemerintahan di River Plate.
Anehnya, Gallardo hanya memenangkan satu gelar liga sebagai manajer dengan klub Argentina, yang baru-baru ini terjadi pada 2021. Namun, ini adalah turnamen piala, di mana ketajaman taktisnya benar-benar terlihat.

Pemerintahan Gallardo dimulai dengan Sudamericana pada 2014. Itu diikuti oleh beberapa Copa Libertadores dan tiga Recopa Sudamericana.

Di dalam negeri, River Plate memenangkan Piala Super Argentina dua kali dan piala Argentina tiga kali.

Gallardo adalah salah satu manajer terbaik di luar Eropa dengan perpaduan antara sepakbola dan gelar yang indah. Dia telah dicari oleh klub-klub Eropa dalam beberapa kali.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network