Peringkat 5 Pemain Paling Banyak Cetak Gol di Tahun Kalender

"Nomor 3 berpotensi pecahkan rekor Pele."

Analisis | 16 June 2022, 14:49
Peringkat 5 Pemain Paling Banyak Cetak Gol di Tahun Kalender

Libero.id - Bagi setiap pemain, tentu memiliki rasa kebanggaan yang besar ketika membela timnas negaranya di level internasional. Mereka akan berjuang keras untuk mencetak gol dalam setiap pertandingan.

Meski hanya bermain singkat dengan tim nasional setiap tahun, tidak sebagaimana di level klub, tetapi beberapa di antara mereka mampu mencetak banyak gol dalam satu tahun kalender.

Dengan setiap tahun, hanya ada beberapa ajang yang digelar oleh FIFA untuk sepakbola internasional, setiap tim juga hanya memainkan dua atau tiga pertandingan di luar turnamen.

Para pemain tampil untuk negara mereka pada Maret, Juni/Juli, September, Oktober, dan November. Mereka bermain sekitar 15 pertandingan setiap tahun.

Karena relatif kurangnya waktu berkualitas dengan tim mereka, beberapa pemain berjuang untuk mencetak gol secara teratur bersama timnas negaranya. Meski terkendala, sejumlah pemain berhasil mencetak gol secara konsisten untuk timnas dalam satu tahun kalender.

Pada catatan itu, mari kita lihat peringkat 5 pemain paling banyak cetak gol dalam satu tahun kalender di sepakbola internasional.

5. Romelu Lukaku (14 gol pada 2018)

Romelu Lukaku menikmati tahun kalender 2018 yang sangat produktif bersama timnas Belgia. Striker Chelsea itu mencetak 14 gol dalam 14 penampilan untuk negaranya, yang merupakan jumlah gol tertingginya dalam satu tahun kalender sejak melakukan debutnya untuk Belgia.

Lukaku bermain dalam enam pertandingan persahabatan internasional untuk Belgia pada 2018, dan berhasil mencetak enam gol dalam pertandingan tersebut bersama negaranya.

Dengan 2018 menjadi tahun Piala Dunia, Lukaku adalah pemain andalan Belgia dalam ajang paling bergengsi di Mundial di Rusia.
Dia tampil enam kali dan berhasil mencetak 4 gol saat Belgia finish ketiga. Sementara pada ajang UEFA Nations League tahun itu, dia juga berhasil mencetak empat gol untuk negaranya dari dua pertandingan.

Ini menjadi rekor brilian Lukaku di sepakbola internasional dan merupakan pencetak gol terbanyak Belgia dengan 68 gol dalam 102 penampilan. Striker itu hanya melewatkan tiga pertandingan untuk Belgia pada 2018, satu di Piala Dunia dan dua pertandingan di UEFA Nations League.

4. Cristiano Ronaldo (14 gol pada 2019)

Bisa dibilang tidak ada daftar pencetak gol di sepakbola internasional yang lengkap tanpa masuknya namanya Cristiano Ronaldo. Pemain terbaik Portugal itu mendominasi sepakbola di panggung internasional dan mencetak 14 gol pada 2019 hanya dalam 10 penampilan untuk Selecao. Ini adalah tahun yang paling produktif bagi Ronaldo untuk Portugal sejak debutnya pada 2003.

Ronaldo tidak bermain di turnamen besar pada 2019 kecuali UEFA Nations League, di mana dia hanya tampil di babak terakhir untuk membantu timnya memenangkan turnamen. Dia mencetak hat-trick di semifinal melawan Swiss dan berakhir dengan tiga gol dalam dua penampilan di kompetisi.

Sisa golnya datang di kualifikasi untuk Kejuaraan Eropa, di mana dia mencetak 11 gol hanya dalam delapan pertandingan untuk Portugal pada tahun itu. Ronaldo telah mencetak 117 gol untuk timnas Portugal dalam 188 penampilan. Dia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Portugal dan pencetak gol terbanyak dalam sejarah sepakbola internasional.

3. Neymar (15 gol pada 2014)

Superstar Brasil ini mendapati puncak kekuatannya pada 2014, ketika dia berhasil mencetak 15 gol dalam 14 penampilan untuk timnas Brasil dalam satu tahun kalender. Neymar telah menjadi pencetak gol yang konsisten untuk timnas Brasil sejak debutnya pada 2010. Tetapi, penampilannya pada 2014 menjadi momen paling luar biasa.

Neymar adalah poster boy untuk Piala Dunia 2014 yang diadakan di negara asalnya. Dia membawa negaranya tampil maksimal sebelum cedera yang tidak menguntungkan mengakhiri langkah Brasil di perempat final.

Penyerang itu bermain lima kali di turnamen dan mencetak 4 gol untuk Selecao. Sementara pada pertandingan persahabatan internasional untuk Brasil sebelum dan sesudah Piala Dunia, Neymar mencetak 11 gol dalam 9 penampilannya.

Neymar saat ini mengoleksi 74 gol untuk Brasil dan sedikit lagi bisa mengalahkan rekor 77 gol yang dibuat oleh Pele. Target itu dapat terwujud jika bintang Paris Saint-Germain tersebut bisa mencetak banyak gol di ajang Piala Dunia 2022 nanti.

2. Harry Kane (16 gol pada 2021)

Tidak ada yang meragukan bahwa Harry Kane adalah salah satu penyerang paling mematikan di dunia sepakbola. Striker Inggris itu memiliki rekor banyak gol dalam satu tahun kalender pada 2021. Kane mencetak 16 gol dalam 16 penampilan untuk tim nasional Inggris, menjadi rekor terbaiknya untuk Inggris sejauh ini.

Kane mencetak 12 gol hanya dalam 8 kualifikasi Piala Dunia 2022. Kapten Inggris itu juga mencetak 4 gol dalam 7 penampilan untuk The Three Lions di Euro 2020 saat dia membawa negaranya finish sebagai runner-up. Sementara dia hanya bermain satu pertandingan untuk laga persahabatan internasional dan gagal mencetak gol.

Kane telah menjadi striker pilihan pertama Inggris selama beberapa tahun, dan pemain berusia 28 tahun itu telah mencetak 49 gol untuk negaranya. Striker itu hanya terpaut 4 gol untuk menyamai rekor 53 gol yang dicetak Wayne Rooney di timnas Inggris.

1. Memphis Depay (17 gol pada 2021)

Memphis Depay secara mengejutkan berada di puncak daftar sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu tahun kalender. Penyerang Belanda itu berhasil mencetak 17 gol hanya dalam 16 penampilan untuk timnas Belanda dalam satu tahun kalender.

Depay mencetak 12 gol dalam 10 pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022. Penyerang Barcelona itu juga mencetak 3 gol dalam dua pertandingan persahabatan internasional dan dua gol dalam 4 penampilan di Euro 2020.

Sejauh ini, Depay telah mencetak 41 gol dalam karier internasionalnya untuk Belanda. Setelah memainkan peran utama saat kualifikasi, mantan pemain Manchester United itu tampaknya akan tampil di Piala Dunia keduanya bersama timnas Belanda. Itu menjadi kesempatannya menambah koleksi golnya di level internasional.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network