Indonesia Lewati Thailand dan Malaysia di Klasemen Akhir Runner-up Terbaik

"Ini seperti deja vu Piala Asia 2007 saat empat tuan rumah dari ASEAN tampil.."

Analisis | 15 June 2022, 05:15
Indonesia Lewati Thailand dan Malaysia di Klasemen Akhir Runner-up Terbaik

Libero.id - Kemenangan 7-0 atas Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, tidak hanya membanggakan dan layak disambut gembira suporter. Hasil itu ternyata juga mengatrol posisi tim nasional Indonesia di klasemen akhir runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia 2023.

Indonesia akhirnya menjadi tim terakhir yang lolos ke Piala Asia 2023. Kemenangan atas Nepal sudah cukup untuk mengantarkan pasukan Garuda ke ajang bergengsi Asia perdana setelah 2007.

Ini capaian yang bagus mengingat skuad asuhan Shin Tae-yong menghadapi pertandingan terakhir Grup A dengan kabar gembira kemenangan Yordania atas Kuwait, beberapa jam sebelumnya. Kemudian, Filipina juga menyerah dari Palestina, meski Malaysia sanggup mengalahkan Bangladesh.

Dengan kemenangan 7 gol atas Nepal, komposisi klasemen akhir runner-up berubah drastis. Indonesia tidak lagi menjadi juru kunci, melainkan naik ke posisi kedua. Dengan 6 poin dari 3 pertandingan, tim Merah-Putih berada di belakang Kyrgyzstan dengan 7 poin.

Uniknya, dengan selisih gol 9-2 (+7), Indonesia melampaui dua rival ASEAN lainnya, Malaysia dan Thailand. Harimau Malaya ada di posisi ketiga dengan selisih gol 8-4 (+4). Itu terjadi setelah mereka mengalahkan Bangladesh 4-1 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (14/6/2022) malam WIB.

Sebaliknya, Thailand harus puas berada di posisi keempat dengan seliaih gol 5-2 (+3). Pasalnya, Gajah Perang harus mengakui keunggulan Uzbekistan 0-2 di Markaziy Stadium, Namangan, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB.

Di bawah Thailand, terdapat Hong Kong dengan selisih gol 5-5 (0). Pasalnya, mereka harus mengakui keunggulan India 0-4, yang pada akhirnya lolos sebagai juara Grup D. Sedangkan Filipina jadi juru kunci karena hanya mampu mengumpulkan 4 poin dari tiga pertandingan.

Meski tidak akan berpengaruh terhadap drawing penentuan grup saat turnamen diselenggarakan, keberhasilan finish di atas Malaysia dan Thailand layak dirayakan. Hanya saja, untuk negara Asia Tenggara, Vietnam masih di atas karena lolos langsung sejak kualifikasi kedua.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Analisis

Artikel Pilihan




Daun Media Network