Selamat! Penantian 15 Tahun ke Piala Asia Akhirnya Terbayar Lunas

"Pesta 7 gol atas Nepal sudah lebih dari cukup.."

Analisis | 15 June 2022, 04:07
Selamat! Penantian 15 Tahun ke Piala Asia Akhirnya Terbayar Lunas

Libero.id - Tim nasional Indonesia akhirnya menjadi tim terakhir yang lolos ke Piala Asia 2023. Kemenangan 7-0 atas Nepal di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (15/6/2022) dini hari WIB, mengantarkan pasukan Garuda ke ajang bergengsi Asia perdana setelah 2007.

Skuad asuhan Shin Tae-yong menghadapi pertandingan terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 dengan kabar gembira kemenangan Yordania atas Kuwait. Beberapa jam sebelumnya, Filipina juga menyerah dari Palestina, meski Malaysia sanggup mengalahkan Bangladesh.

Itu berarti Indonesia hanya butuh hasil imbang saat bertemu Nepal untuk menjadi satu dari lima runner-up terbaik bersama Kyrgyzstan, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong.

Hasilnya, tim Merah-Putih langsung mendominasi pertandingan. Gol di menit kelima langsung dihasilkan Dimas Drajat. Meski sempat bingung akan melakukan apa lagi, Indonesia berhasil menambah gol melalui Witan Sulaeman di babak pertama. Semuanya berkat assist Asnawi Mangkualam.

Kemudian, pada babak kedua, Indonesia semakin gila. Memanfaatkan kelelahan Nepal, Fachruddin Aryanto dan Saddil Ramdani menambah gol. Kemudian, Elkan Baggott, Witan mencetak gol keduanya, dan Marselino Ferdinan.

Kemenangan yang cukup penting untuk membawa Indonesia ke Piala Asia. Pasalnya, terakhir kali Indonesia ambil bagian di turnamen ini pada 2007 saat menjadi tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Ketika itu, Indonesia tergabung di Grup D bersama Korea Selatan, Arab Saudi, dan Bahrain.

Itu menjadi Piala Asia keempat beruntun Indonesia sejak memulai debut pada 1996 di Uni Emirat Arab (UEA). Indonesia kemudian tampil pada Piala Asia 2000 di Lebanon dan Piala Asia 2004 di China. Sayang, dari semua keikutsertaan itu, pasukan Garuda selalu kandas di fase grup.

Dan, setelah 2007, sepakbola Indonesia terpuruk. Dua kali tim Merah-Putih gagal lolos, yaitu 2011 di Qatar dan 2015 di Australia. Sementara pada Piala Asia 2019, Indonesia tidak diizinkan ikut kualifikasi akibat sanksi FIFA terkaitb intervensi pemerintah terhadap PSSI.

Uniknya, seperti deja vu, empat tuan rumah Piala Asia 2007 juga akan ambil bagian di Piala Asia 2023. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network