Inilah Perasaan Elkan Baggott Saat Indonesia Raya Berkumandang

"Semoga ke depannya bisa terus menjadi pemain reguler Skuad Garuda."

Biografi | 09 June 2022, 20:40
Inilah Perasaan Elkan Baggott Saat Indonesia Raya Berkumandang

Libero.id - Elkan Baggott yang saat ini tengah membela Skuad Garuda untuk Kualifikasi Piala Asia 2023 menceritakan kapan ia merasakan momen spesial bermain untuk negara kelahiran sang ibu.

Elkan Baggott sendiri sedari awal rupanya sudah memutuskan untuk bermain membela timnas Indonesia dan tak pernah terpikir bermain untuk Inggris ataupun Thailand, tempat kelahirannya.

Momen perdananya menjadi bagian dari Skuad Garuda adalah pada saat pergelaran Piala AFF 2020 di Singapura bulan Desember lalu, namun Elkan ketika itu masih duduk di bangku cadangan.

Meski begitu, nyanyian Indonesia Raya yang diikuti oleh para pendukung membuat bulu kuduknya berdiri." Pemain setinggi 194 cm ini mengatakan begitu mulai pertandingan "pikiran hanya fokus untuk memenangkan pertandingan dan bermain dengan baik."

"Saat mendengar Indonesia Raya, langsung terasa begitu spesialnya momen besar bermain untuk negara saya" ujar Elkan.

"Nyanyian Indonesia Raya yang diikuti oleh para pendukung membuat bulu kuduknya berdiri."

"Seolah (lagu itu) langsung menghentak saya. Merinding banget ketika lagu kebangsaan juga ikut mereka nyanyikan. Saat itulah saya sadar betapa besarnya momen itu," ujar Elkan ketika ditemui di stadion Ipswich Town, Portmand Road.

"Saya tidak sadar begitu besarnya arti momen ini sampai lagu kebangsaan dinyanyikan... Saya bisa katakan perasaan ini spesial, karena keluarga (ibu saya) berasal dari Indonesia. Jadi bangga rasanya bermain untuk negara mereka, untuk negara saya," ujarnya kepada wartawan BBC News Indonesia.

"Atmosfirnya itu sulit digambarkan. Setiap orang senang, khususnya karena tim kami sangat muda. Mengasyikkan sekali. Karena kami tim yang masih muda semoga dalam pertandingan-pertandingan berikutnya - begitu kami mulai lebih berpengalaman - kami dapat memenangkan pertandingan-pertandingan, dan semoga mengejar Piala AFC suatu saat nanti. Kami sangat optimistis," tambahnya.

Elkan mencetak gol pertamanya untuk Indonesia saat tim yang diasuh oleh Shin Tae-yong tersebut mampu mengalahkan Malaysia dengan skor 4-1 di ajang Piala AFF 2020. Sundulan tajamnya menyudahi perlawanan tim berjuluk 'Harimau Malaya' tersebut.

Dan pada hari Rabu kemarin (08/06/2022), Indonesia sukses mengalahkan Kuwait dalam laga perdana aga Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Dalam laga tersebut, Elkan langsung diturunkan oleh coach Shin untuk membentuk trio bek tengah bersama Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto.

Meski tidak tampil terlalu bagus dan harus digantikan oleh Asnawi Mangkualam pada menit ke-84, Elkan telah melakukan tugasnya dengan baik.

Selanjutnya, Elkan dkk akan menghadapi tim kuat Asia lainnya, yakni timnas Yordania pada hari Minggu (12/06/2022) di Stadion Jaber Al-Ahmad International.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network