Eks Asisten Shin Tae-yong Bawa Vietnam U-23 ke Perempat Final Piala Asia U-23

"Baru-baru ini juga mengkritik Timnas Indonesia..."

Analisis | 09 June 2022, 11:11
Eks Asisten Shin Tae-yong Bawa Vietnam U-23 ke Perempat Final Piala Asia U-23

Libero.id - Harus diakui sepakbola Vietnam telah mengalami kemajuan yang sangat besar, di level Asia Tenggara sulit untuk bisa membendung Vietnam dan hal itu merata di level usia dari kelompok umur sampai senior.

Setelah menjuarai Sea Games 2021 di rumah sendiri, Timnas Vietnam U-23 terbaru mampu memastikan tiket ke babak perempat final Piala Asia U-23 2022, kepastian itu didapat setelah menaklukkan Timnas Malaysia U-23 dalam laga pamungkas Grup C dengan skor 2-0.

Bermain di Stadion Lokomotiv, Uzbekistan, Rabu (8/6/) malam WIB, dua gol Vietnam masing-masing dicetak oleh Nham Manh Dung (28') dan Bui Hoang Viet Anh di penghujung babak pertama.

Dengan hasil tersebut, tim besutan Gong Oh-kyun menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia Tenggara yang masih tersisa.

Omong-omong soal nama pelatih, sosok juru taktik The Golden Star sebetulnya tidaklah begitu asing di telinga pencinta sepakbola tanah air. Sebab Gong Oh-kyun merupakan asisten pelatih  yang dibawa Shin Tae-yong pertama kali ketika tiba di Indonesia. Namun, ia menjadi staff yang pertama kali juga mundur dan kembali ke Korea Selatan karena masalah COVID-19.

Dan belum lama ini, Gon Oh-kyun juga sempat mengkritik Skuad Garuda yang dianggapnya punya mental tak begitu bagus, kurang bersemangat, progresif, dan sebagainya, beda halnya dengan yang ia jumpai saat melatih Vietnam.

Dan ia merasakan itu setelah  pada akhir bulan Februari, usai Sea Games 2021 menerima tawaran untuk melatih Timnas Vietnam U-23.

Dan tak butuh waktu lama untuk Gong Oh-kyun membawa prestasi. Dengan modal yang ia sebut di atas, Vietnam mampu dibawanya lolos dari fase grup Piala Asia U-23 2022, dimana dalam grup yang sama mereka harus meladeni Korea Selatan, Thailand, juga Malaysia.

Dimana saat melawan negaranya sendiri, dan Thailand, Gon membawa tim besutannya meraih hasil imbang. Dengan begitu point Vietnam menjadi 5 dan mereka berada di posisi kedua dan berhak untuk melaju ke babak perempatfinal.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network