Megabintang Futsal, Ricardinho Gabung Klub Futsal Milik Atta Halilintar

"Ibaratnya Cristiano Ronaldo versi Futsal.... Gokil abis..."

Berita | 06 June 2022, 21:50
Megabintang Futsal, Ricardinho Gabung Klub Futsal Milik Atta Halilintar

Libero.id - Jagat futsal tanah air baru saja dihebohkan oleh kedatangan Ricardinho, megabintang futsal yang bukan cuma singgah berlibur satu dua pekan, tetapi akan menetap dalam waktu yang cukup lama untuk urusan pekerjaan professional.

Ya, pemain yang memenangkan 6 kali dimana 5 diantaranya secara berturut-turut penghargaan pemain terbaik futsal itu bergabung dengan Pendekar United. Klub Liga Futsal Indonesia yang juga sebagian sahamnya dimiliki oleh YouTubers kenamaan, Atta Halilintar.

Kepastian itu bahkan lebih dulu diketahui dari unggahan langsung sang pemain di akun Instagram pribadinya, pada Senin (6/6) dini hari WIB.

"Petualangan baru saya telah mencapai kesepakatan dengan klub baru saya dan itu pasti akan menjadi petualangan hebat lainnya di negara yang berbeda," tulis Ricardinho sebagai caption.

Nantinya, pemain asal Portugal itu akan berlaga di putaran kedua Liga Futsal Indonesia musim ini.

"Sebuah proyek dengan ambisi, di negara yang mencintai futsal dan saya pergi dengan keinginan besar untuk membantu klub dan tim mencapai sesuatu yang unik dan belum pernah terjadi sebelumnya. Ini dia Indonesia," imbuhnya.

Lantas, seperti apakah profil dan reputasi Ricardinho di dunia futsal?

Ricardinho lahir di Porto, Portugal, pada 3 September 1985. Menurut data playmakerstats, Ricardinho mulai merintis kariernya di dunia futsal profesional saat bergabung ke Miramar FC pada musim 2001/02.

Di Miramar, Ricardinho bertahan selama dua tahun dengan mencatatkan penampilan dua kali dengan enam gol. Kemudian, pemain berposisi sebagai flank ini bergabung ke Benfica pada 2003.

Bersama Benfica namanya mulai naik. Selama tujuh musim membela Benfica di periode pertamanya, Ricardinho berhasil mengemas 195 gol dari 98 penampilan. Fantastis. Dan bersama Benfica lah ia meraih gelar-gelar bergengsi di kompetisi domestik. Bersama Benfica, pada tahun 2010 untuk pertama kalinya ia menyabet penghargaan pemain terbaik dunia.

Kemudian, Ricardinho mulai mencoba bermain di klub  luar Portugal. Prestasi paling hebat Ricardinho terjadi kala berseragam klub asal Spanyol, Inter Movistar, selama tujuh tahun (2013-2020).

Dimana ia membawa klub tersebut menyabet enam gelar juara Liga Futsal Spanyol, dan dua trofi Liga Champions Futsal secara beruntun pada musim 2016/17 dan 2017/18.

Bersama Inter Movistar jugalah, Ricardinho didapuk sebagai pemain terbaik dunia futsal sebanyak lima kali secara beruntun mulai 2014 sampai 2018.

Setelah memperkuat Inter Movistar, Ricardinho pindah ke klub Prancis, ACCS. Hanya sampai dua tahun dan akhirnya berlabuh ke Pendekar United.

Sementara di level Timnas, Ricardinho  melakoni debutnya pada 2003 dan memutuskan pensiun dari dunia futsal internasional pada November 2021.

Selama memperkuat Selecao das Quinas, Ricardinho mencatatkan 188 penampilan dengan catatan 142 gol. Pemain berjuluk O Magico alias penyihir  itu juga berhasil mencatatkan sejarah dengan mengantarkan Timnas Portugal merengkuh gelar Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 2021.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network