Evaluasi Indonesia U-19 di Toulon Tournament? Ini Kata Dzenan Radoncic

"Jadi, apa saja yang harus dibenahi?"

Analisis | 06 June 2022, 02:22
Evaluasi Indonesia U-19 di Toulon Tournament? Ini Kata Dzenan Radoncic

Libero.id - Kekalahan 0-2 dari Meksiko yang sekaligus memulangkan tim nasional Indonesia U-19 dari Toulon Tournament tampaknya tidak terlalu disesali Dzenan Radoncic. Asisten Shin Tae-yong asal Montenegro itu justru melihat ada banyak hal positif yang didapat.

Dari tiga pertandingan di Prancis, Garuda Muda mendapatkan dua kekalahan dari Venezuela (0-1) dan Meksiko (0-2). Satu-satunya kemenangan diraih dari Ghana (1-0). Ini menjadi pencapaian yang bagus mengingat saat mengikuti turnamen yang sama pada 2017, Indonesia kalah tiga kali.

Meski mimpi menembus semifinal gagal, Radoncic menyebut timnas U-19 tidak perlu khawatir. Pasalnya, tujuan utama skuad ini dibentuk adalah Piala Dunia U-20 2023, yang akan digelar di Indonesia, tahun depan.

"Mereka (Meksiko) dapat gol dari kesalahan kami. Saya pikir ini karena kesalahan individual, karena minim pengalaman, dan karena jarang tampil kompetisi. Ini (pertandingan) sulit untuk para pemain kami," kata Radoncic seusai laga, di situs resmi Tournoi Maurice Revello.

"Hari ini kami melakukan pendekatan berbeda. Saya memotivasi anak-anak agar bisa membuat sejarah. Tapi, yang memang ada perbedaan kualitas antara kami dengan mereka," tambah mantan penyerang itu. 

"Tidak ada yang perlu disesali. Kami punya pengalaman bagus. Kami punya pertandingan bagus. Kami belajar banyak hal, saat di pertandingan, saat ditekan, kami harus mengubah mentalitas kami. Tentu saja, saya puas dengan penampilan (secara umum). Saya senang dengan mereka. Mereka berkembang sangat baik. Mereka belajar banyak," tambah Radoncic.

Pengalaman melawan dua tim Amerika Selatan dan Amerika Utara, serta satu tim Afrika, dianggap Radoncic sebagai modal berharga para pemain menghadapi masa depan. 

"Ini hal besar untuk kami. Hal besar untuk sepakbola Asia. Kami datang dari negara sepakbola kecil. Ada banyak hal bagus yang didapat anak-anak ini. Pengalaman bagus, pertandingan bagus, semuanya. Kami bisa melawan tim bagus, bermain lewan tim yang lebih baik dari Eropa, Amerika, Afrika. Jadi, ini modal bagus untuk Piala Dunia (U-20) tahun depan," beber Radoncic.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network