Haji Wright, Pemain Timnas AS Punya Saudara Hanif, Nana, dan Putu

"Striker gacor. Baru saja debut di Timnas dan cetak gol."

Biografi | 02 June 2022, 17:32
Haji Wright, Pemain Timnas AS Punya Saudara Hanif, Nana, dan Putu

Libero.id - Adakah pesepakbola asal Amerika Serikat yang Anda kenal? Barangkali hanya sedikit. Karena olahraga yang paling dielukan di Negeri Paman Sam itu adalah Bola Basket.

Tapi sepakbola di Amerika Serikat sejak beberapa tahun terakhir mencuri perhatian,  dengan beberapa nama pemain yang memperkuat klub-klub Eropa. Sebutlah Christian Pulisic yang kini di Chelsea atau Sergino Dest di Barcelona.

Tapi siapakah yang mengenal Haji Amir Wright atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Wright. Nama yang terdengar Indonesia sekali.  Jadi, mari kita sedikit berkenalan dengannya.

Sekilas Profil Haji Wright

Pemain berusia 24 tahun itu lahir dan besar di Los Angeles, California, reputasinya di sepakbola mulai mencuat saat berseragam Timnas U-17 Amerika Serikat, pada ajang Piala Dunia U-17 2015 yang digelar di Chile Wright tampil memukau.

Dan terus tak terbendung dalam urusan mencetak gol. Kemampuan dalam finishing, kecepatan dan akurasi sundulan menjadikannya unggul, di usianya yang sangat muda ia telah mencetak 27 gol dalam 34 penampilan.

Sebelum Piala Dunia remaja itu dimulai
Wright belum lama menandatangani kontrak dengan klub lokal, NASL New York Cosmos dengan biaya dan panjang kontrak yang tidak diungkapkan. Selama waktunya di Cosmos, Wright tampil dalam 3 pertandingan liga, bermain total 80 menit.

Namun keberhasilannya dengan Timnas U-17 ( satu angkatan dengan Pulisic) membuat Schalke 04 kepincut.
Pada April 2016, Wright menandatangani kontrak dengan klub Bundesliga tersebut. Dalam debutnya bersama tim U-19 Schalke pada 16 April, Wright mencetak dua gol melawan Borussia Mönchengladbach U-19.

Wright dipromosikan ke tim utama Schalke pada Mei 2017 dan  melakukan debutnya untuk tim utama Schalke ketika ia menggantikan Steven Skrzybski pada menit ke-88 dalam kemenangan 5-2 melawan 1. FC Nürnberg.


Lalu pada 2020 Wright  dipinjamkan ke SV Sandhausen di kasta kedua tadan kemudian pergi ke Belanda untuk bermain untuk VVV-Venlo di Eredivisie dan hanya berhasil mencetak tiga gol.

Nasib Wright berbalik di Denmark selama musim 2020-21 ketika ia mencetak 13 gol bersama tim Superliga Denmark SønderjyskE. Ia kemudian dipinjamkan ke Turki untuk musim 2021-22 dan meraih kesuksesan bersama Antalyaspor.

Dalam 10 pertandingan terakhirnya musim ini, Wright mencetak 9 gol dan memberikan  assist. Dia mencatatkan 7 gol beruntun dan dalam performa yang luar biasa dan itu cukup untuk membuat pelatih Gregg Berhalter memangilnya untuk memperkuat Timnas senior.

Dan belum lama ini, Kamis (2/6) dini hari,  Wright mencetak gol penutup dalam laga debutnya saat Timnas Amerika Serikat menang 3-0 melawan Timnas Maroko dalam laga persahabatan. Pelan-pelan Wright mulai memantapkan diri mereka sebagai striker yang mematikan.




Yang tak kalah menarik adalah keluarga Haji Wright. Simak informasi lebih lanjutnya pada slide di bawah ini:


(gigih imanadi darma/gie)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Biografi

Artikel Pilihan




Daun Media Network