Profil Evangelos Marinakis, Taipan Yunani Bawa Nottingham Forest Promosi

"Dia orang pertama di sepakbola Inggris yang kena Covid-19. Masih ingat?"

Biografi | 01 June 2022, 19:19
Profil Evangelos Marinakis, Taipan Yunani Bawa Nottingham Forest Promosi

Libero.id - Keberhasilan Nottingham Forest kembali ke kasta tertinggi sepakbola Inggris setelah 23 tahun tak lepas dari perjuangan banyak orang. Selain pemain dan pelatih, suporter juga punya peran penting. Dan, dari semua itu, keberadaan sang pemilik klub, Evangelos Marinakis, tidak mungkin dilupakan begitu saja.

Berbicara kepada Sky Sports, taipan asal Yunani itu menggambarkan kemenangan atas Huddersfield Town di play-off sebagai "malam ajaib" dan hari bersejarah bagi para pendukung The Forest di seluruh dunia.

Itu karena Nottingham adalah salah satu klub tradisional Inggris. Mereka mencapai kejayaan pada 1970 hingga 1980-an dengan memenangkan satu gelar Divisi I (Liga Premier) dan dua Piala Eropa (Liga Champions). "Nottingham sudah kembali," kata Marinakis.

"Saya sudah mengatakan hal ini hampir lima tahun lalu. Saat itu, saya bilang kami harus membawa Nottingham kembali ke tempatnya. Sekarang, kami kembali ke Liga Premier. Kami ingin menjadi setinggi mungkin," tambah pria berusia 54 tahun tersebut.

Marinakis berterima kasih kepada semua anggota skuad yang membuat mimpi puluhan tahun Nottingham terwujud. Dia berterima kasih kepada semua pemain, Steve Cooper (pelatih), hingga putranya Miltiadis Marinakis yang menjadi eksekusif di klub.

"Saya terkesan. Saya pikir ini orang (Cooper) yang tepat untuk membalikkan keadaan. Dia (Miltiadis) juga telah melakukan pekerjaan yang sangat baik. Jadi, saya perlu memberi selamat kepada semua orang dan kami harus menikmatinya sekarang, karena trofi akan datang," kata Marinakis.

Dengan kembalinya Nottingham ke Liga Premier, Marinakis mengaku tidak akan sungkan untuk  memberikan tambahan amunisi untuk musim depan dengan mencari pemain bagus. "Kami akan pergi ke puncak. Kami akan berbelanja," ucap Marinakis.

Pemilik klub sepakbola papan atas Yunani

Pertanyaannya, siapa pria ini? Marinakis membeli 100% saham Nottingham pada 2017 melalui sebuah konsorsium yang dia pimpin. Marinakis bekerja sama dalam kesepakatan itu dengan rekan bisnis dan investor Yunani lainnya, Sokratis Kominakis.

Pemilik baru membentuk perusahaan di Inggris, NF Football Investments, untuk memberikan transparansi penuh ketika membeli saham yang sebelumnya dimiliki keluarga asal Kuwait: Omar Al-Hasawi, Fawaz Al-Hasawi, dan Abdulaziz Al-Hasawi.

Di Yunani, Marinakis bukan orang biasa. Selain dikenal sebagai pengusaha kaya yang dermawan, dia juga aktif di politik dan memiliki beberapa media. Dan, yang paling penting menggemari sepakbola. Pada 2010, dia memiliki klub elite Yunani, Olympiakos Piraeus.

Marinakis juga sempat menjabat sebagai Presiden Liga Super Yunani dan Wakil presiden Asosiasi Sepakbola Yunani (HFF). Selama kepemimpinannya, Olympiakos memenangkan gelar liga tujuh musim berturut-turut pada 2010/2011 hingga 2016/2017 dan Piala Yunani 2011/2012, 2012/2013, 2014/2015.

Orang pertama di sepakbola Inggris yang kena Covid-19

Yang menarik, pada 11 Maret 2020, Marinakis membuat jadwal Liga Premier kacau, meski Norttingham masih di Championship Division. Saat itu, FA terpaksa menunda pertandingan Manchester City versus Arsenal di Etihad Stadium dengan alasannya Virus Corona.

Publik sempat bingung karena itu adalah masa awal Covid-19 menjadi pandemi. Mereka bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi dengan pemain kedua tim. Ternyata, yang dikonfirmasi positif bukan pemain Arsenal, Man City, maupun ofisial pertandingan, melainkan Marinakis.

Kemudian, terungkap fakta bahwa beberapa hari sebelum dinyatakan positif, Marinakis sempat hadir di Emirates Stadium menyaksikan pertandingan Liga Europa yang mempertemukan Arsenal dengan Olympiakos. Itu di babak 32 besar. Marinakis juga sempat berinteraksi dengan sejumlah pengurus The Gunners

Berhubung saat itu pengetahuan orang tentang Covid-19 masih terbatas, kepanikan langsung melanda Liga Premier. Beberapa staf Arsenal yang sempat bertemu Marinakis menjalani isolasi 14 hari.

Pertandingan yang melibatkan Nottingham di Championship Division juga langsung ditunda. Di kemudian hari, sejarah mencatat bahwa penundaan-penundaan tersebut terbukti permanen hingga dilanjutkan kembali pada musim panas 2020 setelah situasinya terkendali.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Nottingham Forest


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network