Profil Lovro Zvonarek, Remaja Bayern Muenchen Titisan Luka Modric

"Statistik maupun rekor yang membuatnya layak."

Biografi | 27 May 2022, 21:35
Profil Lovro Zvonarek, Remaja Bayern Muenchen Titisan Luka Modric

Libero.id - Setiap kali kemunculan pemain muda berbakat, klub-klub besar di Eropa segera memasang target untuk memboyong pemain tersebut. Klub raksasa Bundesliga, Bayern Muenchen, dikabarkan telah berhasil mengamankan salah satu gelandang muda terbaik asal Kroasia, Lovro Zvonarek.

Pemain berusia 17 tahun itu sudah berhasil mencuri perhatian banyak orang dengan penampilan gemilang di lapangan. Bahkan, dia langsung disebut sebagai titisan pemain senior di negaranya, Luka Modric.

Dia berhasil mencuri perhatian setelah dipercaya menjadi kapten tim junior Kroasia, Slaven Belupo. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah mencetak tiga gol dan satu assist dari 20 penampilannya musim ini.

Kroasia sejak dulu dipercaya sebagai salah satu negara yang telah melahirkan bakat-bakat unggul, khususnya pemain terbaik di posisi gelandang. Pemain seperti Ivan Rakitic, Luka Modric, Ivan Perisic, dan Mateo Kovacic adalah di antaranya.

Sementara kemunculan Lovro Zvonarek bisa dibilang akan menjadi bintang pesepakbola selanjutnya dari Kroasia. Remaja kelahiran 8 Mei 2005 itu kini akan bermain di Bundesliga musim depan.

Tidak diragukan lagi karena pemain dengan tinggi badan 180 cm itu adalah gelandang serang muda yang dimiliki Slaven Belupo, meskipun dia mungkin telah memainkan pertandingan klub terakhir di tanah kelahirannya.

Bayern telah mengumumkan pada September 2021 bahwa mereka telah mengamankan penandatanganan Zvonarek. Juara Jerman itu setuju untuk membayar hingga 2 juta euro (Rp 31 miliar) demi membawa anak muda ke Bavaria pada musim panas 2022.

Bayern akan senang dengan kemajuan yang telah dibuat Zvonarek selama musim penuh pertamanya di sepakbola papan atas, apalagi setelah dirinya menjadi pemain inti dari susunan pemain asuhan Zoran Zekic meskipun dia sempat terhalang masalah cedera ringan.

Begitu mengesankannya pemain berusia 17 tahun itu, dia bahkan diberi ban kapten dalam beberapa pertandingan terakhir di klub negaranya.

"Saya tidak memberikan kepadanya (ban kapten) untuk bersenang-senang. Dia pantas mendapatkannya," kata Pelatih Belupo, Slaven Zekic. "Dia telah membuat kemajuan luar biasa.”

“Saya berbicara dengan Goran Paracki, yang berusia 35 tahun dan merupakan kapten sebelum Lovro. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya pikir ini adalah waktu yang tepat untuk Lovro. Dia harus mengenakan ban kapten, karena dia pantas mendapatkannya. Dia menjawab bahwa itu adalah ide yang fantastis. Itu sudah cukup," tambahnya.

Keputusan untuk membuat Zvonarek memimpin klub yang telah diikutinya sejak usia 11 tahun juga merupakan keputusan memecahkan rekor. Berusia 16 tahun 351 hari, remaja ini menjadi pemain termuda yang pernah menjadi kapten tim papan atas Eropa, mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh bek Brentford, Kristoffer Ajer, saat waktunya di IK Start di negara asalnya, Norwegia.

Namun, ini bukan pertama kalinya Zvonarek membuat sejarah dalam karier profesionalnya yang singkat. Saat momen hari terakhir musim 2020/2021, khususnya saat membela Koprivnica dalam pertempuran degradasi belum aman, dia mencetak gol melawan NK Varazdin untuk memastikan mereka tetap berada di divisi teratas.

Dua pekan setelah ulang tahunnya ke-16, dia adalah pencetak gol termuda dalam sejarah liga. Dia mengalahkan rekor mantan pemain Barcelona dan AC Milan, Alen Halilovic.

Dia telah mendukung itu dengan tiga gol lebih lanjut dalam 20 penampilannya musim ini. Meskipun baru berusia 17 tahun pada 8 Mei 2022, dia menjadi kontributor utama dalam tim yang sekali lagi nyaris tumbang pada 2021/2022.

Cara dia menjalin kemitraan dengan pencetak gol terbanyak, Ivan Krstanovic, yang berusia 39 tahun lebih tua dari Zvonarek 22 tahun, sangat mengesankan. Remaja itu jelas tidak terpesona oleh situasi yang dia hadapi.

"Saya merasa nyaman," katanya kepada Sportske Novosti. "Di ruang ganti, saya sama sekali tidak merasa yang termuda. Perbedaan usia tidak muncul, dan kami adalah grup yang bagus," tambahnya.

Dia memiliki kedewasaan dan mentalitas untuk mencapai level yang lebih tinggi, tetapi apakah Zvonarek memiliki bakat?
Jangan diragukan, dengan diragukan dengan tinggi badan (180cm), dia mampu menggunakan fisiknya berduel di lapangan dan menguji pertahanan lawan. Dia juga memiliki jangkauan passing yang sangat baik.

“Kami menempatkan dia di banyak posisi berbeda, sehingga dia bisa siap bermain di liga yang lebih baik. Tahun ini dia banyak bermain sebagai No.10, tapi dia bisa menutupi posisi apa pun. Kami juga mencobanya di lini tengah, bahkan sebagai second striker," kata Zekic.

“Dia bergerak dengan sangat baik tanpa bola, tetapi dia paham yang dilakukan dengan bola. Dia memiliki waktu yang luar biasa dari operan dan dia selalu bermain secara vertikal. Saya berjuang untuk menemukan kata-kata untuk menggambarkan Lovro. Dia sangat berbakat dan sangat cerdas, sangat profesional, dan dia memiliki pemahaman yang baik tentang segalanya," ungkapnya.

Meskipun sangat jauh jika dibandingkan dengan apa yang telah dibuat Modric, tapi setidaknya dia diharapkan menjadi pemimpin tim nasional dengan cara yang sama seperti bintang Real Madrid selama dekade terakhir.

Untuk bisa melakukannya, dia harus mempertahankan perkembangannya di Munich. Dengan begitu, dia diharapkan akan bermain untuk tim cadangan Bayern di tingkat keempat sepakbola Jerman selama tahun pertamanya di klub nanti.

“Dia telah memilih klub yang hebat,” kata Zekic. “Mungkin dia belum siap untuk tim utama, tapi dia pasti akan datang dalam satu atau dua tahun ke depan.”

"Saya berharap dia bisa tinggal di sini satu tahun lagi, tapi jelas itu tergantung pada Bayern (membiarkannya kembali dengan status pinjaman)," tambahnya.

Terlepas dari di mana Zvonarek memainkan sepak bolanya pada 2022/2023, sebuah fondasi kini telah dibangun baginya untuk menjadi bintang generasi berikutnya dari Kroasia. Jika dia bisa mencapai level yang sama dengan beberapa pendahulunya, maka pembelian 2 juta euro dari Bayern akan dianggap sebagai salah satu penawaran terbaik sepanjang masa.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network