Kisah Inspiratif AC Milan Bangun Kekuatan Setelah Hampir Bangkrut

"Berikut trik dan langkah menuju sukses."

Analisis | 24 May 2022, 22:53
Kisah Inspiratif AC Milan Bangun Kekuatan Setelah Hampir Bangkrut

Libero.id - Menurunnya kualitas klub dalam sepakbola lumrah terjadi, sebagaimana di alami AC Milan sekitar lima tahun yang lalu. Itu sempat terjadi setelah Li Yonghong dipaksa untuk menyerahkan saham kepemilikannya pada 2018.

Tetapi, siapa yang menyangka Milan dapat mengangkat gelar Scudetto mereka ke-19 setelah 11 tahun puasa gelar musim ini.

Di balik kesuksesan itu, Milan menyimpan kisah inspiratif. Mereka telah melewati masa yang sulit selama beberapa tahun, bahkan hampir bangkrut sebelum kemudian bangkit membangun kekuatan tim di bawah asuhan Stefano Pioli.

Pelatih berusia 56 tahun itu mengaku dirinya lebih banyak belajar dari kekalahan daripada kemenangan. Hingga akhirnya dia sukses membawa Milan menjadi pemenang Scudetto kali ini, salah satu pelajaran berharga yang dia ambil setelah kekalahan 5-0 yang dia sebut "mengerikan" dan "memalukan" dari Atalanta pada Desember 2019.

"Itu adalah salah satu momen paling negatif dalam karier saya," katanya kepada DAZN pekan lalu.

"Hasil itu juga menjadi salah satu yang paling berharga. Saat itulah kami menyadari apa yang dibutuhkan untuk mengembangkan tim ini," tambah mantan pelatih Juventus itu.

Dan, itu yang dia lakukan. Bersama dengan Direktur Teknis Paolo Maldini, Ketua Paolo Scaroni, CEO Ivan Gazidis, dan pemilik Elliott Management Corporation.

Hanya dalam waktu tiga tahun, mereka menyelamatkan klub dari ambang kehancuran total setelah mantra bencana Li Yonghong di pucuk pimpinan, kemudian menjadi juara Italia untuk pertama kalinya dalam 11 tahun.

Mereka telah melakukannya tanpa menghabiskan banyak uang untuk pembelian superstar.

Seperti yang dikatakan Pelatih Verona, Igor Tudor, kepada wartawan awal bulan ini: "Di atas kertas, Milan hanya memiliki skuad terbaik ketiga atau keempat di liga. Jadi, itu menunjukkan betapa hebatnya pekerjaan yang telah dilakukan klub dan pelatih kepala," kata Tudor.

Memang, dalam hal perekrutan, Maldini telah melakukan satu demi satu masterstroke setelah awal yang sangat sulit untuk masa jabatannya. Terlebih, pada Oktober 2019, Maldini adalah seorang pria di bawah tekanan.

Dia dan kepala petugas sepakbola saat itu, Zvonomir Boban, telah mengidentifikasi Marco Giampaolo sebagai pelatih yang dibutuhkan Milan untuk menahan prestasi buruk selama bertahun-tahun.

Namun, pasangan itu dipaksa untuk mengakui bahwa dia telah melakukan kesalahan hanya dalam empat bulan, dan tujuh pertandingan dalam masa pemerintahan Giampaolo.

Milan membutuhkan karakter yang dapat diandalkan untuk menstabilkan klub. Paling penting adalah seseorang yang bersedia menerima peran sebagai pelatih kepala yang secara efektif bersifat sementara.

Saat itulah Pioli melangkah maju, meskipun kemungkinan besar dia akan diganti pada akhir dari apa yang diharapkan menjadi musim transisi. Memang, Milan segera menurunkan Ralf Rangnick untuk merevolusi I Rossoneri dari atas hingga bawah. Gazidis tidak hanya bersedia mempercayakan Rangnick dengan tanggung jawab menjaga tim utama; dia siap memberinya kunci ke seluruh klub.

Namun, baik Boban maupun Maldini tidak diajak berkonsultasi, yang memicu perang saudara di San Siro. Yang pertama berhenti dengan perasaan jijik; yang terakhir tampaknya pasti akan mengikutinya. Tapi, kemudian sesuatu yang luar biasa terjadi: Milan mulai berkembang di bawah asuhan Pioli dengan cepat. Hal ini juga menjadi jelas bahwa pemain Maldini mulai datang dengan baik.

Sementara itu, Gazidis menyadari telah melakukan kesalahan, sama seperti yang dilakukan Maldini sebelumnya dengan Giampaolo. Mantan kepala eksekutif Arsenal itu berharap Rangnick bisa menyelesaikan semua masalah Milan, tapi setidaknya satu solusi sudah ada. Jadi, dia memutuskan untuk mendukung Pioli. Itu adalah keputusan yang berani dan tepat.

Pioli telah lama dianggap sebagai salah satu orang yang baik dalam permainan; cara yang bermartabat dalam menangani semua spekulasi terus-menerus seputar pekerjaannya hanya menawarkan bukti lebih lanjut dari fakta itu.

Namun, dia tidak dianggap sebagai salah satu ahli taktik top Italia. Dia lebih dianggap sebagai pekerja harian, yang digunakan di saat-saat sulit. Pioli, bagaimanapun, membuktikan kinerjanya dengan sempurna untuk membawa klub keluar dari krisis.

"Stefano selalu tenang," kata Gazidis. "Dia pria yang hebat, bukan hanya pelatih yang hebat, contoh bagi kita semua," tambahnya.

Mungkin tidak mengejutkan bahwa Pioli dan Maldini yang terkenal dengan komposisinya yang baik terbukti sangat cocok. Seperti yang dikatakan mantan gelandang dan pelatih Milan, Clarence Seedorf, dalam sebuah wawancara dengan Corriere dello Sport: "Kehadiran Paolo (Maldini) memberi tim mentalitas pemenang dan mewujudkan DNA Milan.”

“Saya mengenal Maldini dengan baik dan saya tahu bahwa dia selalu seimbang – juga di masa-masa sulit. Dia tahu bagaimana membantu para pemain dan tetap kompetitif. Berkat dia, Milan telah membuat langkah besar," kata Seedorf.

"Saya melihat semangat positif di klub, yang datang dari kerja keras pelatih dan sikapnya. Pioli memberikan ketenangan kepada tim dan hasilnya berbicara sendiri," tambahnya.

Mereka pasti melakukannya. Milan telah memenangkan gelar dengan 86 poin penghitungan tertinggi kedua mereka di era tiga poin untuk menang.

Sky Sport Italia juga baru-baru ini mencatat bahwa rata-rata poin per pertandingan Pioli (1,96) lebih baik daripada Legenda para pelatih Milan yang lain seperti: Arrigo Sacchi (1,95), Nereo Rocco (1,95) dan Carlo Ancelotti. Hanya Fabio Capello (2.02) yang memiliki tingkat kemenangan lebih baik sepanjang sejarah klub.

Namun, peningkatan dramatis ini merupakan bukti tidak hanya keterampilan manajemen seorang Pioli dan ketajaman taktis yang sebelumnya diremehkan, tetapi juga pergerakan pasar Maldini. Ada beberapa transfer yang mengecewakan tetapi, secara keseluruhan, rekor mantan bek itu luar biasa.

Simon Kjaer, yang awalnya datang dengan status pinjaman, terbukti menjadi rekrutan penting. Kapten timnas Denmark itu membantu mengubah pertahanan Milan menjadi salah satu yang terbaik di Italia.

Bahkan, ketika Kjaer cedera awal tahun ini, Maldini mendatangkan pemain yang lebih mengesankan, Pierre Kalulu, pemain yang dikontrak 480.000 euro (Rp 7,4 miliar) dari Lyon, Kalulu sebelumnya tidak pernah bermain satu menit pun di sepakbola papan atas sebelum tiba di San Siro.

Tentu saja, kehadiran Fikayo Tomori di sampingnya tidak diragukan lagi membantu integrasi Kalulu.

Sementara Chelsea saat ini menjelajahi Eropa untuk mencari bek tengah kelas atas. Mereka melakukan itu setelah Andreas Christensen dan Antonio Rudiger meninggalkan Stamford Bridge musim panas ini, tetapi tidak mungkin mereka akan menemukan yang lebih baik daripada Tomori dan tentu saja tidak akan murah seperti saat Milan membayar Chelsea senilai 28 juta euro (Rp 374 miliar) untuk memboyong produk akademi The Blues tersebut.

Nilai pemain Inggris itu bisa dibilang sekarang bernilai dua kali lipat dari angka itu, tetapi siapa yang tahu bayaran apa yang akan diberikan Mike Maignan sekarang?

Sementara itu, hilangnya Donnarumma dengan status bebas transfer musim panas lalu bisa saja memporak-porandakan Milan. Namun, setelah memutuskan bahwa mereka tidak akan tunduk pada tuntutan yang dibuat oleh kiper dan mantan agennya, Mino Raiola, Maldini keluar dan menyiapkan pengganti sensasional sebelum Donnarumma pergi.

Maignan yang direkrut hanya di bawah 15 juta euro (Rp 234 miliar) akhirnya menjadi penjaga gawang terbaik di Serie A musim ini. Sementara Sandro Tonali tidak membuat dampak langsung yang sama di Milan, tetapi mantan pemain Brescia itu telah berkembang menjadi gelandang serba bisa yang fantastis setelah musim pertama yang sulit di San Siro.

Membandingkan dengan Andrea Pirlo tentu saja selalu salah kaprah, tapi begitu juga dengan keyakinan Tonali bahwa dia sebenarnya lebih mirip Gennaro Gattuso. Seperti yang ditunjukkan Pioli, pemain berusia 22 tahun itu sekarang lebih mirip Daniele De Rossi yang baru.

Milan juga merasa mereka memiliki Thierry Henry yang baru. Tidak diragukan lagi ada kesamaan antara Henry muda dan Rafael Leao: kecepatan dan penyelesaian akhir yang hampir acuh tak acuh. Sementara Leao, tentu saja, masih memiliki beberapa cara untuk pergi sebelum dia dapat dibandingkan dengan Henry yang kita lihat di Arsenal, tetapi potensinya jelas ketika dia dinobatkan sebagai MVP Serie A setelah hari terakhir musim ini.

Kami sekarang melihat mengapa dia dianggap sebagai bakat terbesar yang pernah keluar dari akademi Sporting yang terkenal, yang membuatnya lebih luar biasa bahwa Milan berhasil mengontraknya hanya dengan 23 juta euro (Rp 358 miliar).

Ingat, sejumlah klub top menginginkan mantan pemain Lille itu, tetapi Maldini membuat perbedaan bagi Milan, menelepon Leao hingga meyakinkan pria Portugal itu untuk pindah ke San Siro.

Maldini juga melakukan hal sama untuk meyakinkan Theo Hernandez sebelum bergabung dengan I Rossoneri. Tapi, mengapa Real Madrid dan mantan pelatih mereka, Zinedine Zidane, setuju untuk mengizinkan bek kiri paling menarik di dunia itu meninggalkan Bernabeu hanya dengan 20 juta euro (Rp 312 miliar). Itu masih menjadi misteri hingga saat ini.

Yang kita tahu pasti adalah Maldini dan Milan memiliki mata yang fantastis untuk membeli pemain dengan harga murah, terutama dalam pemain muda. Namun, keputusan untuk mengambil Zlatan Ibrahimovic yang saat itu berusia 38 tahun secara gratis pada Januari 2020 bisa dibilang merupakan keputusan terpenting I Rossoneri.

Superstar Swedia itu menambahkan pengalaman dan kepercayaan diri kepada sekelompok pemain muda yang tidak aman di titik penting dalam pengembangan tim, hanya beberapa pekan setelah kekalahan yang menghancurkan di Bergamo.

Ibrahimovic terkenal dengan arogansinya, dan dia tidak diragukan lagi memainkan kepribadian egoisnya – tetapi dia juga segera bergabung dengan Pioli yang rendah hati, menjadi sesuatu yang mirip seperti asisten pelatih. Bahkan, ketika Ibra tidak bisa turun ke lapangan karena masalah cedera yang meningkat, dia membuktikan kehadirannya di ruang ganti.

Sebelum kemenangan penting mereka di Verona, sebuah kota di mana banyak tim Milan yang lebih dihormati di masa lalu telah datang, Ibrahimovic mengatakan kepada rekan satu timnya sebelum kick-off: "Semua orang ingat para pemain Milan yang memenangkan Scudetto atau Liga Champions. Jadi, jika kami ingin diingat, kami memiliki tiga pertandingan untuk melakukannya.'"

Milan bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-1 di Marcantonio Bentegodi, kemudian mengalahkan Atalanta di San Siro dan mengalahkan Sassuolo 3-0 di Reggio Emilia untuk mengungguli rival sekotanya, Inter, dengan selisih dua poin.

Ibrahimovic benar: keabadian memang milik mereka sekarang. Tak seorang pun akan melupakan nama-nama pemain Pioli. Mereka telah melakukan sesuatu yang luar biasa; sesuatu yang tidak diharapkan siapa pun, mengingat klub benar-benar kacau tiga tahun lalu.

Saat ini Milan memang masih menghitung biaya pemerintahan bencana Yonghong. Mereka belum kembali bersaing di dataran keuangan yang sama seperti banyak saingan mereka di Italia, apalagi Eropa.

Namun, sementara Tudor cukup benar ketika dia mengatakan bahwa Milan tidak memiliki pemain terbaik di Serie A, mereka memiliki tim terbaik di liga. Mereka juga punya pelatih terbaik. Dan, tidak ada yang bisa membantahnya sekarang setelah mereka berhasil memenangkan Scudetto ke-19 setelah 11 tahun puasa gelar.

(atmaja wijaya/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan AC Milan


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
Erixa Nur M (2022-05-26 22:49:15)
Gak 11 tahun puasa gelar, desember 2016 milan dapet piala super coppa
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan


Daun Media Network